Pantai Watu Karung, Destinasi Wisata Yang Indah di Jawa Timur

Tiara Fitriyani
Written By Tiara Fitriyani
Penulis Konten Berpengalaman dengan riwayat kerja di industri media online. Terampil dalam Penulisan Konten, Produksi Video, dan Hubungan Masyarakat. Profesional di bidang media dan komunikasi yang kuat dengan gelar yang berfokus pada Komunikasi dari Universitas Indonesia dan Universitas Bakrie.

Pantai Watu Karung – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang cukup terkenal dengan destinasi wisata yang luar biasa. Destinasi wisata yang sangat terkenal ini ialah beberapa wisata berupa wahana permainan. Selain itu, Jawa Timur juga terkenal dengan destinasi wisata pantai, salah satunya ialah Pantai Watu Karung.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Karung

Pantai yang menawarkan keindahan laut dan hamparan pasir putih yang luas dan mempesona menjadikan wisata ini banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah maupun negara.

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung

Pantai ini berlokasi di Kabupaten Pacitan, tepatnya di Desa Limasan yang mana untuk sampai ke wisata ini kita perlu menempuh perjalanan yang cukup jauh yaitu 40 km jika dari pusat kota Pacitan. Pantai ini belum terlalu populer, akan tetapi pantai ini sangat populer di kalangan para wisatawan yang memiliki hobi berselancar.

Adapun untuk rute menuju Pantai Watu Karung cukup strategis dan mudah untuk dijangkau, bisa dengan menggunakan roda dua maupun kendaraan dengan roda empat. Ada dua rute utama yang bisa kita lewati untuk bisa sampai ke objek wisata, diantaranya ialah :

  • Rute pertama

Rute pertama menuju lokasi pantai ialah dengan melalui jalur Pacitan menuju Solo, kita bisa melalui Gunung Kidul, lalu Solo, lalu ke Ponorogo

  • Rute kedua

Ialah rute melalui sebuah jalan pintas yaitu jalan di desa Sedeng. Jika masih bingung, maka kita bisa memanfaatkan teknologi yaitu menggunakan Google Maps, dengan begitu kita akan di arahkan melalui rute jalan terbaik dan tercepat serta terhindar dari macet.

Pantai Watu Karung Photo
Pantai Watu Karung Photo

Rute menuju lokasi ini terbilang cukup sempit dan belum diperbaiki sehingga kita perlu berhati-hati karena sepanjang jalan masih banyak kita jumpai jalan yang berlubang. Selain jalan yang susah dan berlubang, aksesnya juga cukup susah karena perlu melewati tikungan dan tanjakan yang cukup curam sehingga untuk yang berkendara harus yang sudah profesional.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Karung dan Jam Operasional

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk tiket masuk karena kita tidak dibebankan biaya atau gratis. Selain gratis, pantai ini juga tidak pernah ditutup karena selalu buka 24 jam non stop. Sehingga kita bisa menikmati keindahan alam dan laut sepuas nya tanpa harus ada batasan.

Beberapa Aktivitas di Pantai Watu Karung

Selain menikmati keindahan dari Pantai Watu Karung yang begitu mempesona dan menghipnotis siapa saja yang melihatnya, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang sangat menyenangkan sehingga kita akan merasa berlama-lama di tempat ini. Adapun beberapa aktivitas tersebut seperti :

  • Camping

Spot yang biasa menjadi spot favorit untuk tempat kemah atau camping ialah perbukitan karang, spot itu terkenal sangat epik karena sangat strategis untuk dapat menyaksikan keindahan sunset ataupun deburan ombak yang begitu menenangkan dan candu. Meskipun akses untuk sampai objek wisata ini cukup susah, akan tetapi tidak melayukan semangat para pengunjung untuk bisa menikmati keindahannya.

  • Berjemur

Pantai yang dilengkapi dengan hantaran pasir putih yang lembut dan luas serta sinar matahari nya yang pas menjadikan pantai ini sangat cocok digunakan untuk berjemur, sehingga tidak heran jika disini kita akan sering menjumpai banyak turis yang sedang berjemur.

  • Diving dan surfing

Di Pantai Watu Karung bisa digunakan untuk melakukan olahraga air seperti surfing dan diving. Hal ini dikarenakan ombak yang dimiliki oleh pantai ii terbilang cukup besar sehingga sangat cocok digunakan untuk surfing atau berselancar.

Walaupun ombaknya yang besar akan tetapi masih dalam kategori aman karena ombaknya tidak sampai menyeret apapun. Sehingga selain surfing, kita juga bisa bermain air dengan berenang.

  • Menikmati terbenam nya matahari

Kegiatan menarik yang perlu kita nikmati ialah menyaksikan terbenam nya matahari, pemandangan ini membuat siapa saja menjadi candu untuk melihatnya, biasanya bagi pecinta fotografi akan sering mengunjungi tempat ini guna menikmati dan memotret setiap keindahan yang dihasilkan. Keindahan dari pantai ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat layak dan direkomendasikan untuk dikunjungi.

  • Menyegarkan otak dan fikiran.

Keindahannya mampu menghipnotis siapa saja sehingga sangat cocok untuk menghilangkan segala kepenatan hidup dengan menikmati pesona pantai yang sangat menakjubkan.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang cukup lengkap terkait dengan berbagai hal mengenai Pantai Watu Karung dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan pengetahuan mengenai pariwisata yang menarik di Indonesia khususnya di daerah Jawa Timur, lebih tepatnya di kota Pacitan. Selamat berlibur di akhir pekan semoga liburan kita bisa merefresh segala penat kehidupan!

Leave a Comment