Sejarah, Fasilitas dan Tips Berwisata di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Bogor

Avatar of k setiawan
Air panas tirta sanita ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata yang seru, menyenangkan sekaligus menyegarkan badan serta pikiran maka direkomendasikan untuk berkunjung ke pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng. Menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan alam yang menyejukkan hati dan pikiran sekaligus membuat tubuh lebih rileks dengan mandi menggunakan air panas yang mengandung belerang alami.

Berlokasi di alamat kecamatan Ciseeng Bogor Jawa Barat, Anda akan menemukan sebuah tempat wisata berbentuk pemandian air panas yang terletak di Jalan Cogreg Desa Bojong Indah.

Sejarah Awal Mula Berdirinya Pemandian Air Panas Tirta Sanita

Tempat wisata pemandian air panas ini dahulunya merupakan bekas letusan sebuah gunung berapi yang kemudian mengeluarkan sumber air panas yang mengandung zat kapur, belerang dan garam di dalamnya. Meski lokasi pemandian ini terletak di area perkampungan, namun ketika akhir pekan akan dikunjungi banyak sekali wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri yang penasaran dengan pemandian air panas yang alami ini.

Diketahui pemandian ini mulai dibangun pada tahun 1990an yang kemudian diresmikan di tahun 1992. Banyak pengunjung wisata yang datang ke tempat ini dengan tujuan untuk melakukan pengobatan, dimana mereka percaya air panas yang keluar dari sumber Tirta Sanita ini memiliki kandungan senyawa belerang yang sangat bagus untuk mengobati penyakit kulit jenis apapun.

Dan seiring berjalannya waktu, setelah terjadi pergantian kepemilikan dari Tirta Sanita, kini namanya pun berubah menjadi Tirta Sayaga. Meski begitu, kebanyakan orang terutama penduduk sekitar masih mengenalnya dengan nama yang sama yaitu Tirta Sanita. Sehingga jika Anda yang bertanya maka pasti akan ditunjukkan ke arah lokasi wisata pemandian air panas Tirta Sanita.

Baca Juga:  Serunya Icip-icip Kuliner Khas di Darmaga Sunda Bandung

Adapun untuk fasilitas dan kegiatan wisata yang tersedia di pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng ini diantaranya adalah sebagai berikut.

 1. Berendam air panas di kolam terbuka

Jika Anda ingin datang berkunjung ke pemandian ini untuk alasan kesehatan, maka dianjurkan untuk datang di pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00 siang. Kolam air panas yang ada di pemandian ini umumnya sangat berbeda dengan kolam air panas lainnya. Karena air panas yang ada di dalamnya berasal dari mata air Gunung Kapur Ciseeng yang mengandung belerang, garam dan kapur secara alami.

Diketahui mandi dan berendam air panas bisa memberikan banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti misalnya untuk menghaluskan kulit, menyembuhkan penyakit kulit, membuat tubuh lebih rileks dan segar serta meringankan gejala pegal dan kelelahan yang Anda alami. Hal itu yang kemudian membuat banyak orang terutama para pekerja ingin mendapatkan fasilitas mandi dan berendam air panas yang membuat tubuh mereka segar setelah lelah bekerja.

 2. Kegiatan outdoor

Setelah puas berendam air panas, kegiatan berikutnya yang bisa Anda lakukan di pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng ini adalah kegiatan outdoor seperti bermain di area bermain khusus anak, berpetualang di area khusus outbond atau melakukan kegiatan flying fox yang memacu adrenalin. Anda juga bisa mendapati jenis permainan lainnya di pemandian ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Kegiatan outdoor juga bisa menjadi ajang refreshing yang sangat menyenangkan untuk dilakukan dengan keluarga maupun rekan kerja. Banyak yang menjadikan ajang outbond yang bertujuan untuk lebih mendekatkan komunikasi antara karyawan yang satu dengan yang lainnya sehingga terbentuk komunitas kerja yang lebih solid dan kondusif untuk mempunyai produktivitas kerja yang berkualitas.

Baca Juga:  Harga Tiket Gunung Mas Puncak Bogor Terbaru

3. Berendam dan mandi air panas di bilik tertutup

Pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng ini juga menyediakan bilik khusus untuk memfasilitasi Anda yang ingin berendam dan mandi air panas dalam bilik yang tertutup. Bahwa air panas Ciseeng Tirta Sanita parung yang ada di pemandian ini memiliki kandungan garam alami yang dipercaya akan membuat kulit Anda semakin terlihat bersih dan mulus setelah berendam beberapa waktu.

 4. Bermain permainan seru

Jika Anda tak ingin berlama-lama berendam air panas, maka bisa mencoba untuk bermain wahana permainan yang seru dan menantang untuk Anda lakukan bersama keluarga. Seperti misalnya untuk wahana permainan motor cross, fancy trans, mono rail, high rope bola air, paintball bom bom car, motor ATV, terapi ikan hingga bermain di kolam renang khusus untuk anak-anak.

 5. Menginap di Pesanggrahan

Khusus untuk pengunjung wisata yang ingin menginap dan menghabiskan malam di kawasan wisata pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng ini disediakan penginapan berupa pesanggrahan dengan tarif sekitar 130 ribu hingga 150 ribu untuk jangka waktu 6 jam dan 170 ribu hingga 200 ribu untuk per malam berlaku untuk dua orang setiap kamarnya.

Tips Berwisata Ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita

Nah agar supaya Anda bisa berlibur dan berwisata yang menyenangkan di pemandian air panas Ciseeng ini, disarankan untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  • Untuk menjaga barang bawaan sendiri

Karena lokasi pemandian air ini cukup luas, maka Anda harus bisa menjaga barang bawaan masing-masing khususnya di lokasi wisata. Apalagi jika Anda membawa serta anak-anak dalam perjalanan wisata ke pemandian ini.

  • Bawa kamera berkualitas

Jangan lupa bawa kamera yang memiliki kualitas terbaik untuk berburu foto terbaik yang bisa Anda dapatkan di destinasi wisata pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng. Seperti misalnya untuk berburu diri dari atas ketinggian puncak batu kapur yang pastinya akan memberikan pemandangan yang eksotis untuk Anda.

  • Tetap jaga kebersihan
Baca Juga:  Leuwi Kunten Sentul Bogor, Daya Tarik, HTM, dan Fasilitas

Bawa sendiri kantung plastik untuk mengumpulkan sampah yang Anda miliki selama berada di lokasi wisata. Setelah itu baru kemudian dibuang di tempat sampah yang sudah disediakan oleh pengelola wisata pemandian air panas.

  • Bawa perlengkapan baju ganti dan alat mandi pribadi

Jika Anda berencana untuk berendam dan mandi di pemandian ini maka sebaiknya bawa perlengkapan baju ganti dan alat mandi pribadi untuk kebutuhan setelah berendam di sana. Karena pihak pengelola Ciseeng Bogor Jawa barat tidak menyediakan alat mandi untuk umum demi keamanan dan kesehatan bersama.

Lalu bagaimana cara untuk mencapai lokasi wisata ini? Anda bisa mencapai lokasi wisata ini dengan mencari alamat yang disebutkan di atas. Pemandian ini berlokasi di kecamatan Parung Bogor yang berjarak sekitar 26 km dari kota Bogor dengan perkiraan waktu perjalanan sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan mobil.

Untuk pengunjung wisata yang ingin menginap tidak di Pesanggrahan maka bisa mencari tempat menginap lainnya seperti hotel atau villa yang ada di sekitar jalan Raya Parung. Sekian ulasan tentang pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata outbound malang

Rekomendasi Destinasi Wisata Outbound Malang

Next Article
Kebun raya bogor

Rekomendasi Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Untuk Wisata Keluarga