Pura Ulun Danu Bedugul – Bali memiliki banyak sekali bangunan pura sehingga dijuluki sebagai pulau seribu pura. Dari sekian banyak pura yang ada di Pulau Dewata, Pura Ulun Danu menjadi salah satu yang populer di kalangan wisatawan.

Kompleks pura yang berada di tepian Danau Beratan ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahannya. Semakin menawan dengan pemandangan hijau di sekelilingnya dan danau yang airnya begitu tenang.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berfoto-foto.

Daya Tarik Pura Ulun Danu

Sebagus apa sih tempatnya? Yuk, simak langsung ulasannya di artikel berikut.

  • Kompleks pura

Daya tarik tempat ini adalah kompleks pura yang terdiri dari lima bangunan terpisah dan satu stupa Budha. Di kawasan wisata ini terdapat Pura Lingga Petak, Pura Panataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, dan Pura Dalem Prajawati.

Bentuk arsitektur pura yang sangat unik menarik banyak wisatawan untuk melihatnya. Pura di Danau Beratan ini dibangun menjulang tinggi seperti bangunan pagoda dengan 11 tingkatan. Bangunan pura dibuat dari kayu yang dibangun di lokasi yang cukup unik.

  • Pemandangan danau

Pesona keindahan tempat wisata ini juga ada pada Danau Beratan yang airnya sangat tenang dan jernih. Saat air danau naik, bangunan pura akan terlihat seperti mengapung di atas permukaan air. Ditambah dengan kabut tipis yang biasanya mulai turun menjelang sore hari membuat panorama di tempat ini semakin dramatis.

Tidak heran jika pemandangan di tempat ini banyak dimanfaatkan oleh fotografer untuk mendapatkan jepretan yang bagus. Suasananya cukup asri dengan udara sejuk yang akan menambah syahdu saat Anda menikmati tempat ini.

  • Spot foto

Pemandangan pura dan danau memang menjadi spot favorit untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto. Namun tidak hanya sebatas bangunan pura saja, Anda juga bisa berfoto-foto dengan beberapa burung di sekitar tempat ini.

Terdapat kandang konservasi yang memiliki beberapa koleksi seperti burung rangkong, ruda, ular piton albino, burung hantu, dan lain-lain. Tempat wisata yang cocok untuk Anda yang sedang hunting spot foto.

  • Berkeliling danau

Tidak hanya menikmati pemandangan danau saja, wisatawan juga bisa berkeliling danau menggunakan kapal tradisional maupun pedal boat. Beberapa kapal tradisional jukung bisa Anda sewa untuk mengelilingi danau.

Alamat dan Rute Menuju Pura Ulun Danu

Tempat wisata di Kabupaten Tabanan, Bali ini bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Kota Ubud. Lokasi Pura Ulun Danu berada di Danau Beratan, Candikuning, Baturiti. Anda bisa menggunakan rute melalui Jalan Singaraja – Gilimanuk atau Jalan Raya Bedugul – Singaraja. Lebih mudahnya Anda bisa menggunakan Google Maps untuk rute tercepat dari lokasi Anda.

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu

Tempat wisata di Bali ini memang cukup terkenal sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya. Wisatawan dikenai tiket masuk sebesar Rp 30.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak tiket untuk masuknya sekitar Rp 20.000.

Harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara berbeda. Tarif masuk untuk wisatawan mancanegara dewasa Rp 75.000 dan Rp 50.000 untuk anak-anak.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, siapkan juga untuk biaya parkir. Retribusi parkir yang dikenakan di tempat ini berbeda-beda untuk setiap jenis kendaraan. Biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor, biaya parkir Rp 5.000 untuk mobil, dan biaya parkir Rp 10.000 untuk bus pariwisata.

Jam Operasional Wisata Pura Ulun Danu

Wisatawan dapat mengunjungi Pura Ulun Danu dibuka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Namun waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pagi hari saat masih sepi sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan foto yang bagus.

Biasanya setelah jam 10 pagi, wisatawan mulai banyak yang berdatangan. Jika Anda datang lebih awal, Anda juga bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengelilingi kompleks pura yang cukup luas ini.

Wisata Kuliner

Buat masalah perut tidak perlu bingung, Anda bisa wisata kuliner di sekitar Pura Ulun Danu. Paling dekat ada tempat makan yang menyediakan aneka hidangan lezat, mulai dari masakan Indonesia, Chinese food, hingga western food.

Fasilitas yang Tersedia

Liburan lebih nyaman karena fasilitas yang tersedia di kawasan pura ini cukup lengkap. Salah satunya adalah area parkir yang sangat luas. Toilet umum yang bersih juga sudah disediakan untuk wisatawan.

Fasilitas lainnya seperti toko souvenir atau oleh-oleh juga bisa Anda temukan. Sebelum pulang, Anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Bali terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir kehabisan uang cash karena di tempat ini juga sudah ada ATM.

Soal makan dan minum, Anda bisa menggunakan fasilitas tempat makan yang ada. Begitu juga dengan akomodasi yang mudah Anda temukan di sekitar pura, seperti hotel maupun vila.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Pura Ulun Danu yang terkenal dengan pemandangan eksotisnya. Anda juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata di sekitarnya seperti Secret Garden Village dan Monkey Forest Sangeh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *