Sumber Maron Malang: Tempat Wisata Air Seru Dan Hits!

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Sumber Maron Malang – Saat stres dan kepenatan melanda maka sebaiknya jernihkan pikiran dengan berkunjung ke Sumber Maron malang. Tempat ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif wisata alam ketika kalian berkunjung ke Malang pastinya.

Banyak kegiatan seru yang bisa kalian lakukan seperti terapi ikan, berenang, sampai River Tubing di Sumber Maron ini. piknik dengan keluarga terasa semakin sempurna ketika bisa menikmati keindahan alamnya.

Sekilas Tentang Sumber Maron

Tempat wisata ini adalah sumber mata air yang lokasinya berada pada kawasan persawahan di daerah Karangsuko. Sumber mata air ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya kangkung serta mengairi sawah.

Sumber Maron
Sumber Maron

Tempat ini memiliki potensi keindahan sehingga pelan-pelan membuatnya menjadi tempat wisata. Banyak yang sengaja datang ke Sumber Maron hanya untuk melihat indahnya sumber air yang langsung dari air terjunnya dengan ketinggian 6 meter.

Kemiringan yang dimiliki sekitar 60 derajat dan tergolong sangat lebar. Air yang ada bila diperhatikan menyerupai seluncuran indah yang mempunyai batuan hitam untuk alasnya. Suasana di sekitarnya berupa pepohonan serta area persawahan sehingga para wisatawan akan merasa nyaman disana.

Daya Tarik Sumber Maron

Sejarah dari Sumber Maron malang ini banyak beredar. Bahkan banyak yang mengaitkannya dengan kesan mistis. Namun terlepas dari hal tersebut tentu saja ada beberapa kegiatan seru di Sumber Maron yang menjadi daya tariknya.

  • Berenang

Sumber mata airnya yang tergolong masih asri akan sangat menggoda jika kalian tidak menceburkan diri disana. Masyarakat sekitar sudah menyediakan spot khusus untuk berenang dengan aman dan nyaman pada arus tenang.

Walaupun begitu tetap saja spot yang paling enak untuk berenang lokasinya tepat di bawah air terjun. Terdapat pemandian yang sudah disiapkan pengelola dan ikan kecil yang berenang disana bisa kalian lihat dan menjadi terapi ikan ketika kalian memasukkan kaki ke dalamnya.

  • River Tubing

Untuk kalian yang ingin memacu adrenalin maka River Tubing adalah pilihannya. Nantinya kalian mengapung diatas ban dan menyusuri sungai melewati jeram-jeram kecil. River Tubing ini mempunyai lintasan sepanjang 500 meter.

Soal keamanan tidak perlu diragukan lagi karena ada pemandu yang dengan siapa membantu serta mengawasi selama River Tubing. Jadi saat berkunjung ke Sumber Maron malang jangan melewatkan aktivitas ini.

  • Edukasi mengenai sumber tenaga ramah lingkungan

Menariknya disini yaitu masyarakat sekitar tidak memakai listrik dari PLN melainkan dari listrik tenaga air yang diambil secara langsung melalui aliran sungai. PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hilda) ada sejak 2005 dipergunakan untuk tenaga utama.

Pembangkit listrik ini mampu mengaliri 4 desa, saat berkunjung kalian bisa melihat langsung bagaimana PLTA bekerja. Tentunya saat berkunjung kesana tidak hanya refreshing namun bisa menambah pengetahuan soal pembangkit listrik tersebut.

Kuliner Sumber Maron

Saat berkunjung ke Sumber Maron jangan merasa takut kelaparan. Lokasinya yang berada di area persawahan membuat banyak masyarakat sekitar yang membuka kios makanan kecil, kalian bisa menikmati aneka jajanan hingga makanan berat dengan harga sangat terjangkau.

Fasilitas Sumber Maron

Keindahan alam yang ada tentu sudah tidak diragukan lagi, ada fasilitas yang tersedia. pertama yaitu area parkir luas dengan tarif Rp5.000 untuk mobil. Fasilitas lain seperti mushola dan toilet umum sudah tersedia dengan memadai.

Harga Tiket Sumber Maron

Soal biaya tidak usah diragukan lagi karena sangat terjangkau sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

  • HTM Rp5.000
  • Sewa ban River Tubing Rp10.000-Rp15.000
  • Sewa ban besar Rp7.000
  • Sewa ban kecil Rp3.000
  • Kamar mandi Rp2.000
  • Sewa loker Rp3.000
  • Sewa karpet Rp3.000
  • Parkir mobil Rp5.000
  • Parkir motor Rp2.000

Perlu diingat bahwa harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu. Namun jangan khawatir jika terjadi perubahan harga tidak akan terlalu mahal dan tentunya masih terjangkau.

Rute Ke Sumber Maron

Lokasinya ada di Dusun Adiluwih, Kecamatan Pagelaran, Malang dan jika ditempuh dari pusat kota memerlukan waktu kurang dari 1 jam dengan jarak tempuh 26 km. untuk menjangkau Sumber Maron malang bisa menggunakan ojek, kendaraan pribadi ataupun angkot.

Jam Buka

Jam operasionalnya yaitu pukul 07.00-18.00 WIB dan bisa dikunjungi setiap hari yaitu Senin sampai Minggu. Namun ketika akhir pekan tiba sudah pasti jumlah pengunjungnya akan lebih banyak dan ramai.

Waktu kunjungan terbaik ke lokasi ini yaitu pada pagi maupun sore hari. Untuk sore hari sebaiknya datang setelah waktu sholat Ashar karena cahaya matahari tidak terlalu terik sehingga kalian tidak akan kepanasan ketika bermain air di Sumber Maron malang.

Usahakan jangan berkunjung ketika musim penghujan karena bisa membuat arusnya deras dan kalian tidak akan nyaman bermain disana. Usahakan datang saja di musim kemarau supaya liburan lebih aman dan jangan lupa untuk mencoba River Tubing yang seru dan menyenangkan.

Leave a Comment