Taman Wisata Kopeng, Pesona Keindahan Alam Dengan Pemandangan Gunung

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Taman Wisata Kopeng – Bila berkunjung ke Jawa Tengah, jangan hanya ke Semarang atau Solo. Anda pun harus mencoba mengeksplor Taman Wisata Kopeng. Kopeng adalah nama sebuah desa di jalur penghubung Magelang dan Salatiga.

Mungkin banyak diantara Anda yang cukup asing dengan wilayah ini. Akan tetapi siapa sangka Desa Kopeng mempunyai beberapa lokasi wisata yang bervariatif untuk opsi liburan Anda berikutnya.

Taman wisata ini merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di Kawasan Wisata Kopeng yang berada di ketinggian 1.500 mdpl di lereng Gunung Merbabu yang memiliki cuaca sejuk. Sangat nyaman untuk menjadi tujuan wisata keluarga atau dengan teman.

Daya Tarik Taman Wisata Kopeng

Taman wisata ini menyajikan beragam wisata yang ada di kawasan hutan alam. Wahana yang ada juga termasuk beragam untuk dinikmati oleh banyak kalangan usia. Berikut beberapa daya tarik di Kawasan Wisata Kopeng:

  • Kolam renang dan Kopeng Waterpark

Dikelilingi pepohonan hijau, kesejukan pegunungan akan semakin menyenangkan untuk dinikmati sambil bermain air dan berenang. Oleh sebab itu, waterpark ini adalah salah satu yang digemari. Terlebih air di wahana ini berasal dari mata air murni pegunungan.

Taman Wisata Kopeng Kolam Renang
Taman Wisata Kopeng Kolam Renang

Untuk pengunjung yang ingin bersantai di Taman Wisata Kopeng dapat memilih area kolam renang biasa. Sementara untuk yang menginginkan lebih atraktif khususnya untuk anak-anak, dapat bermain di area waterpark.

Di area waterpark terdapat sejumlah wahana seperti perosotan spiral, perosotan lurus, air mancur serta Giant Water Ball. Kedalaman kolam ini hanya 50 cm sehingga aman untuk anak-anak.

  • Camping Ground

Anda juga bisa mencoba sensasi berkemah di alam pegunungan. Lokasinya ada di area luas yang dipenuhi pepohonan. Tentu pengunjung tak perlu kerepotan akan semua kebutuhan kemah sebab pengelola telah menyiapkan semuanya.

Umumnya Camping Ground dipilih untuk kegiatan kelompok seperti kegiatan mahasiswa atau outing kantor. Akan tetapi perlu diingat cuaca alam pegunungan yang dingin. Kawasan Kopeng mempunyai suhu sekitar 16-20° Celcius ketika siang dan 13-16° Celcius ketika malam dengan kelembaban 85%.

  • Paint Ball

Paint ball cocok bagi Anda yang menyukai tantangan. Bermain war game atau perang-perangan dengan tembakan di hutan tentu sangat menyenangkan dan seru. Paint ball ini minimal empat orang dan maksimal 10 orang.

Pengunjung juga bisa memilih Shoot Target jika tak datang bersama rombongan. Wahana ini adalah menembak target dengan lima peluru. Bila beruntung menembak tepat sasaran, akan mendapatkan hadiah.

  • Outbond

Aktivitas outbond di Taman Wisata Kopeng seperti berjalan di jaring, panjat tali, spider jumper, trampolin jaring sampai flying fox dapat Anda pilih saat berkunjung. Lokasinya yang berada di kawasan hutan pinus, membuat aktivitas outbond semakin menyenangkan.

  • ATV

Mencoba mobil ATV adalah wahana yang dapat dicoba oleh berbagai kalangan usia. Terlebih wahana ini memiliki jalur yang seolah-olah berada di alam liar, hingga membuat wahana satu ini terasa lebih menantang.

  • Pasar Sayur dan Buah Segar

Untuk ibu-ibu, lokasi satu ini tentu sangat menarik untuk dikunjungi. Tersedia puluhan jenis sayuran dan buah-buahan yang dijual di pasar tradisional. Sayur dan buah yang dijual juga dijamin masih segar sebab diambil langsung dari kebun milik warga sekitar. Harganya pun dijamin lebih murah sebab dijual langsung oleh para petani.

Fasilitas Pendukung di Taman Wisata Kopeng

Sebagai suatu kawasan wisata yang luas dan besar, Taman Wisata Kopeng mempunyai fasilitas pendukung yang sangat lengkap mulai dari penginapan dengan 19 kamar, 9 unit resort, 1 restoran keluarga, café, toko souvenir, layanan parkir 24 jam sampai jasa antar jemput bandara.

Taman Wisata Kopeng Patung
Taman Wisata Kopeng Patung

Harga Tiket Masuk ke Taman Wisata Kopeng

Dengan berkunjung dan beraktivitas di lokasi wisata ini maka Anda tak perlu khawatir harus membayar mahal. Harga tiket masuk Kawasan Wisata Kopeng ini termasuk masih terjangkau.

Lokasi Taman Wisata Kopeng

Lokasi wisata ini berada di Jalan Raya Salatiga-Magelang KM 15, Desa Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang. Lokasi wisata ini bisa dicapai dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Semarang. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi (0298) 318344.

Jam Buka Taman Wisata Kopeng

Lokasi wisata alam ini sudah buka sejak pagi hari pukul 07.00 dan tutup pada sore hari pukul 18.00.

Dari lokasi wisata ini Anda pun dapat mencoba mengunjungi salah satu gunung paling indah di Indonesia yaitu Gunung Merbabu. Walau mungkin melelahkan, pemandangan dari atas puncaknya bisa membuat Anda enggan untuk pulang.

Demikian pembahasan tentang lokasi wisata yang menyajikan pesona keindahan pemandangan gunung di Kab. Semarang, Provinsi Jawa Tengah ini. Anda bisa menambahkan Taman Wisata Kopeng dalam daftar kunjungan liburan di Jawa Tengah.

Leave a Comment