Telaga Biru Cisoka, Hidden Gems di Kota Industri Tangerang

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Telaga Biru Cisoka – Hari libur memang hari yang paling dinanti dan memilih pergi berlibur menikmati alam terbuka memang sangat menyenangkan. Apalagi jika lokasinya dekat tanpa harus merasakan bermacet-macetan lebih lama di jalan. Berlibur dengan keluarga, teman maupun pasangan akan lebih puas menikmati keindahan alam bersama-sama.

Telaga Biru Cisoka cocok untuk jadikan rencana dalam liburan akhir pekan Anda. Lokasinya yang dekat di pinggir kota Jakarta ini dijamin tidak akan membuat Anda menyesal karena telah datang kesana.

Daya Tarik Telaga Biru Cisoka

Kota Tangerang sejauh ini yang kita tahu adalah sebagai kota industri, namun siapa sangka ternyata memiliki tempat wisata. Bagaikan hidden gems, di tengah kota industri ini terdapat danau yang menawarkan keindahan alamnya. Airnya yang berwarna biru menjadikan tempat wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Sejak tahun 2015 Telaga Biru Cisoka ini dibuka menjadi tempat untuk berwisata. Info mengenai keindahannya tersebar di media sosial menjadikannya viral beberapa waktu lalu. Nyatanya tempat ini memang cocok untuk dinikmati tak hanya untuk bersantai, namun sering kali lokasi ini juga dijadikan latar fotografi untuk para komunitas fotografer, ataupun sebagai latar untuk prewedding.

Nama lain dari telaga ini adalah Telaga Biru Cigaru, dikenal sebagai tempat yang angker oleh masyarakat sekitar. Konon katanya telaga ini merupakan tempat jatuhnya selendang ratu bidadari. Ada juga yang mengatakan disana ada nenek-nenek yang memiliki banyak tamu, sisi lain dari cerita misteri yang ada, telaga biru ini terbentuk dari adanya aktivitas manusia.

Pada tahun 2006 hingga 2012 tempat ini merupakan lokasi penggalian pasir hingga akhirnya mencapai kedalaman yang sudah tidak lagi produktif. Akhirnya tempat ini ditinggalkan dan memiliki genangan air akibat hujan. Banyaknya air yang tertampung ini, semakin lama semakin tinggi hingga menjadi sebuah danau.

Sebenarnya ada tiga letak galian yang menjadi danau dan memiliki warna yang berbeda-beda, yaitu berwarna biru, hijau, dan kuning. Warna telaga yang berwarna biru tersebut terjadi bukanlah karena adanya misteri maupun mitos tetapi karena tingginya tingkat keasaman pada air tersebut. Telaga ini juga mengandung alga di dalamnya, sehingga air berubah warna ketika terkena sinar matahari sesuai dengan warna pada alga yang tumbuh, yaitu alga yang berwarna biru, hijau dan juga kuning.

Ketiga telaga ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda, telaga yang berwarna biru kehijauan kedalamannya sekitar 5 meter, dua telaga lain sekitar 15 meter dan 20 meter. Selain warnanya yang menarik, telaga pertama berlatarkan tebing pasir yang indah hampir tak terpikirkan bahwa telaga ini adalah hasil buatan yang tidak disengaja. Kawasan ini sangat terik saat siang hari, lebih baik Anda mengunjungi Telaga Biru ini di pagi ataupun sore hari dimana matahari tak terlalu panas.

Fasilitas & Jam Operasi

Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi telaga yang disediakan dari pihak pengelola. Hanya membayar Rp 20.000 Anda bisa menikmati bersama orang yang dicinta memutari telaga menuju ke spot yang instagramable. Ada banyak titik foto yang tersedia disini, apalagi berlatarbelakang tebing pasir dan pepohonan hijau yang menambah lokasi telaga ini tampak indah.

Anda bisa juga berfoto di spot-spot yang sudah didesain kekinian oleh pengelola, seperti ayunan yang dapat Anda duduki dan berbentuk hati yang berbackground telaga. Selain spot foto, disana juga ada permainan Flying Bike dan Flying Fox untuk menguji adrenalin Anda. Tempat wisata ini buka dari pukul 07.00 – 18.00, untuk Anda yang membawa mobil pribadi dikenakan biaya parkir Rp10.000 dan untuk motor Rp5.000.

Anda dapat memesan secangkir kopi karena disana tersedia gubuk kopi dengan berbagai macam jenisnya, dilengkapi juga dengan berbagai makanan untuk menemani kopi Anda. Nuansa pedesaan yang teduh dan tenang karena terbebas dari suasana hiruk pikuk kota sangat terasa, Telaga Biru Cisoka ini menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat.

Rute Perjalanan

Telaga Biru Cigaru atau Telaga Biru Cisoka ini berlokasi di Jalan Cigaru, Desa Sukatani dari Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Anda bisa berkunjung dengan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Anda bisa ikuti rute berikut ini.

1. Kendaraan pribadi

Untuk Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus sampai ke pusat kota Tangerang. Setelah itu menuju ke arah Pemda Tigaraksa, masuk hingga melewati bunderan Tigaraksa dan arahkan kendaraan Anda menuju Cisoka. Tak jauh dari itu, sekitar 7 km ada SMPN 1 Cisoka lalu berbelok ke kiri, sekitar 2 km Anda akan mencapai Telaga Biru.

2. Transportasi Umum

Rute ini untuk Anda yang berlokasi di Jakarta. Anda bisa menggunakan KRL dari stasiun Tanah Abang – Maja, lalu turun di Stasiun Tigaraksa. Setelah itu Anda mesti berjalan dahulu sejauh 300 m, lalu naik angkutan umum Jurusan Adiyasa – Balaraja dan turun di pertigaan gang SMA Negeri 08 Cisoka. Sesampai di gang Anda bisa memilih untuk berjalan kaki atau naik ojek menuju ke Telaga Biru.

Demikian informasi menarik untuk Anda mengenai Telaga Biru Cisoka. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment