8 Tempat Rekreasi di Berastagi Terhits dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

Avatar of k setiawan
Danau lau kawar berastagi
Danau Lau Kawar Berastagi

Berastagi, Sumatera Utara, mempunyai berbagai destinasi wisata alam yang sangat menarik. Kota ini berada di ketinggian 1300 mdpl sehingga areanya sangat sejuk. Apalagi terdapat berbagai tempat rekreasi di Berastagi dengan pemandangan yang indah.

Secara geografis, Berastagi ada di Kabupaten Karo, dan dapat dikunjungi ketika berada di Kota Medan. Salah satu wilayah yang cukup banyak tempat wisatanya adalah Kecamatan Kabanjahe. Untuk mencapai lokasi, dapat menggunakan transportasi umum bus atau kendaraan pribadi.

Daftar Tempat Wisata yang Ada di Berastagi

Dengan melihat keindahan alam, maka dapat menenangkan pikiran. Bagi kamu yang mempunyai rencana untuk berkunjung ke Berastagi, berikut merupakan beberapa tempat wisata Kabanjahe Berastagi yang populer dengan keindahannya.

1.     Sidebuk Debuk, Pemandian Air Panas

Ketika berkunjung ke Berastagi, tempat wisata rekomendasi pertama yang harus dikunjungi yaitu Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk. Jika ditempuh dari Kota Medan, jaraknya sekitar 58 km. Lokasinya ada di ketinggian 2000 mdpl sehingga pemandangannya sangat indah.

Bagi kamu yang ingin melepaskan penat dan merelaksasikan diri, cobalah untuk berendam di air hangat ini. Pasalnya, pemandian air hangat ini sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, suhu panas alami yang berkisar 40-45 derajat Celcius ini memiliki kandungan belerang dari lava Gunung Sibayak. Setelah berendam, kamu bisa menikmati kuliner di area tempat rekreasi di Berastagi

2.     Rumah Hobbit

Jangan lupa untuk mengunjungi Rumah Hobbit Berastagi saat berkunjung ke Kota Medan. Saat tiba di tempat wisata ini, para pengunjung akan merasakan sensasi bak di luar negeri.

Lokasi Rumah Hobbit ini tidak jauh dari pemandian air hangat. Wisata ini berupa beberapa bangunan rumah kurcaci yang unik dan dipadukan dengan pemandangan asri. Alamatnya berada di Jalan Jenderal Jamin Ginting, Desa Semangat Gunung.

Baca Juga:  Wisata Tanjung Balai Karimun, 3 Rekomendasi Wisata Terbaik dan Tips Wisata
Rumah hobbit berastagi
Rumah Hobbit Berastagi

Konsep yang diusung pada tempat wisata ini yaitu konsep seperti pada serial film The Hobbit. Jangan heran apabila melihat bangunan rumah yang desainnya mirip Rumah Hobbit. Para pengunjung bisa bebas untuk berswafoto dengan background yang unik.

3.     Danau Lau Kawar

Adapun tempat rekreasi di Berastagi yang tidak kalah indahnya yaitu Danau Lau Kawar. Bagi kamu yang suka fotografi dengan latar belakang hamparan air danau yang luas dan jernih, tempat wisata ini merupakan pilihan yang tepat.

Danau ini menyajikan view alam yang asri dengan bukit hijau yang udaranya sejuk. Kawasan ini berada di kaki Gunung Sinabung, sehingga tidak heran apabila hawa di sini cukup dingin.

Danau lau kawar berastagi
Danau Lau Kawar Berastagi

Bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan danau Lau Kawar, disarankan untuk menggunakan pakaian hangat. Area ini luasnya sekitar 200 hektar dan bisa digunakan untuk berkemah.

Ketika berkemah, para pengunjung bisa menikmati pesona dan daya tarik keindahan alam sekitar dari area danau. Lebih asyik lagi jika berkemah bersama rombongan teman atau keluarga.

4.     Funland Mikir Holiday

Tidak kalah serunya, ternyata wisata Medan Berastagi juga populer dengan wahana serunya seperti di Funland Mikie Holiday. Tempat wisata ini merupakan theme park yang menyediakan sekitar 40 wahana menarik.

Adapun wahana yang paling populer antara lain adalah Bon Voyage dan Flying Fly Upm Butterfly. Tentunya para pengunjung dapat memilih wahana mana pun sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya bermain, karena di sini pengunjung juga akan menikmati pemandangan kawasan dataran tinggi yang memanjakan mata. Tentu asyik bukan bisa menikmati wahana sembari melihat keindahan alam?

Di sini juga bebas untuk berfoto-foto dengan background yang sangat menarik. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera saat mengunjungi tempat wisata ini ya. Siapkan mental juga untuk menguji adrenalin saat menikmati wahana di Funland Mikie Holiday.

Baca Juga:  Daya Tarik One Sky Cafe Payakumbuh yang Menggiurkan

5.     Bukit Kubu

Selain itu, tempat rekreasi di Berastagi yang rekomendasi adalah Bukit Kubu. Perlu diketahui bahwa kamu bisa menikmati keindahan alam sembari piknik di kawasan wisata ini. Banyak rombongan keluarga yang datang ke area wisata untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga sehingga lebih harmonis.

Dapat dikatakan bahwa objek wisata ini menyuguhkan hamparan lapangan yang hijau. Apalagi area ini ada di lahan yang cukup luas.

Nuansa piknik akan lebih terasa sebab udara di sini sangat sejuk, karena termasuk berada di kawasan dataran tinggi. Selain piknik, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas seperti bermain di playground, naik delman, dan makan siang dengan keluarga.

6.     Desa Lingga

Desa Lingga bisa dikatakan sebagai salah satu dari warisan budaya Indonesia, khususnya di tanah Karo Berastagi. Desa Lingga merupakan salah satu desa paling tua yang hingga saat ini masih dijaga tradisi dan budayanya terutama bagi kelompok Suku Karo.

Ketika berkunjung ke Desa Lingga, kamu bisa sekaligus mampir ke museum peninggalan Kerajaan Karo. Selain itu juga bisa melihat rumah tua yang umurnya mencapai ratusan tahun.

Tradisi dan budaya di sini masih sangat kental hingga saat ini. Saat berkunjung ke wisata tanah Karo, kamu dapat mengenakan pakaian adat Suku Karo serta belajar mengenai tradisi dan budaya kelompok adat setempat.

7.     Kebun Raya Tongkoh

Tidak kalah menariknya, tempat rekreasi di Berastagi yang satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Dapat dikatakan bahwa Kebun Raya Tongkoh Berastagi merupakan objek wisata yang menyuguhkan hamparan perkebunan di lahan yang cukup luas. Para pengunjung bisa menghirup udara segar sembari menyaksikan keindahan alam.

Adapun aktivitas seru yang dapat dilakukan di sini yaitu memetik buah secara langsung dari pohon. adapun beberapa buah yang ditanam di perkebunan ini antara lain adalah jeruk, strawberry, dan lain-lain.

Baca Juga:  Wisata Pintu Langit Lampung, Tempat Wisata Paling Viral Di Bandar Lampung

Bagi kamu pecinta tanaman hias, di Kebun Raya Tongkoh juga terdapat berbagai pilihan tanaman hias yang sangat cantik. Banyak para pengunjung yang menjadikan tanaman hias tersebut sebagai oleh-oleh atau buah tangan setelah berwisata di Berastagi. Tidak pernah khawatir, karena harga tanaman hias di sini sangat terjangkau.

8.     Air Terjun Sikulikap

Bagi kamu yang suka wisata alam sembari berpetualang, cobalah untuk mengunjungi tempat rekreasi di Berastagi yaitu Air Terjun Sikulikap. Air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras dan untuk menjangkaunya perlu melalui jalur pendakian yang singkat.

Apalagi lokasi wisata air terjun ini berada di antara hutan yang sangat lebat. Hutan tersebut merupakan habitat dari burung dan owa.

Namun jangan salah, air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Rasa lelah selama perjalanan akan hilang ketika sampai di lokasi. Di kawasan air terjun tersebut juga menyediakan spot foto yang Instagramable bagi para pengunjung.

Wisata Air Terjun Sikulikap Berastagi memang cukup populer dan menjadi incaran banyak wisatawan. Di sini juga terdapat spot yang menarik seperti jembatan lampu, cafe pohon, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit para wisatawan yang menjadikan air terjun ini sebagai pemandian alam favorit. Karena ketinggian air terjun sekitar 30 meter, tetap harus berhati-hati ya! Mengunjungi wisata air terjun ini tentu akan mendapatkan pengalaman yang sangat seru.

Berastagi menyajikan berbagai wisata alam yang sangat memukau. Apalagi saat ini wisata alam merupakan destinasi wisata yang paling banyak diincar oleh orang-orang. Tempat rekreasi di Berastagi sangat menarik dikunjungi saat akhir pekan untuk melepaskan penat dari pekerjaan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kopi kabut by sevillage bogor

Wisata Kuliner Gaul di Kopi Kabut Sevillage Bogor

Next Article
Edum park

Info Lokasi, Harga Tiket Wisata Edum Park