Agro Wisata Bhumi Merapi: Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Kota Jogja selain terkenal sebagai kota gudeg dan juga kota pelajar, terkenal juga dengan banyaknya destinasi wisata yang beragam. Daerah Kaliurang merupakan salah satu wilayah di Jogja yang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat mengunjungi Jogja.

Beragam tempat wisata dengan keunikannya masing – masing menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik lokal maupun luar kota yang berkunjung ke Jogja. Salah satu yang menjadi daya tarik wisata di Jogja adalah Agro Wisata Bhumi Merapi.

Destinasi wisata Agro Wisata Bhumi Merapi memiliki keunikan tersendiri karena merupakan tempat tujuan wisata yang menawarkan edukasi kepada setiap pengunjung atau para wisatawan. Agrowisata yang memiliki luas mencapai 5,2 hektar ini menawarkan edukasi tentang pertanian, pusat belajar budidaya hewan, hingga spot – spot wisata yang instagramable dan cocok untuk dijadikan latar foto Anda.

Di tempat ini, Anda akan merasakan suasana mulai dari lokal Indonesia hingga suasana seperti di luar negeri yang berasal dari sajian pemandangan dan suasana alam yang hijau khas daerah lereng pegunungan dengan suasana sejuk, tenang, dan udara yang menyegarkan.

Agro Wisata Bhumi Merapi Photo
Agro Wisata Bhumi Merapi Photo

Tempat wisata yang menghadirkan konsep pertanian, peternakan, dan perkebunan ini berdiri sejak tahun 2015 dan menjadi tempat tujuan wisata yang sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dengan menikmati udara sejuk dan suasana asri dengan sajian pemandangan alam yang indah dan menawan sekaligus mendapatkan ilmu dari konsep edukasi yang ditawarkan oleh tempat ini.

Perpaduan antara objek wisata dan edukasi dengan dilengkapi spot foto menarik menjadikan tempat ini populer sebagai tempat tujuan wisata keluarga.

Lokasi Agro Wisata Bhumi Merapi

Untuk dapat mengunjungi agrowisata yang terletak di wilayah Kaliurang ini, terbilang sangat mudah karena lokasi yang mudah ditemui dengan akses yang baik dan petunjuk yang jelas menuju lokasi. Agro Wisata Bhumi Merapi sendiri beralamat di Jl. Kaliurang KM 20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55582.

Rute menuju lokasi Agro Wisata Bhumi Merapi

Rute untuk dapat menuju ke lokasi yang paling mudah bisa Anda lalui via jalur Kaliurang atau Jl. Kaliurang. Lalu, sebelum memasuki gerbang retribusi kawasan wisata Kaliurang, Anda akan menemui papan billboard besar yang menunjukkan arah jalan masuk menuju lokasi Agro Wisata Bhumi Merapi. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa mengikuti panduan dari Gmaps untuk petunjuk jalan menuju ke lokasi.

Jam buka dan harga tiket masuk Agro Wisata Bhumi Merapi

Destinasi Agrowisata Bhumi Merapi ini memiliki jam operasional yaitu buka mulai pukul 09.00 sampai tutup pukul 17.00. sama seperti umumnya tempat wisata, untuk masuk ke area wisata Bhumi merapi ini Anda akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang.

Fasilitas di Agro Wisata Bhumi Merapi

Sebagai destinasi wisata populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan sebagai tempat tujuan wisata keluarga, agrowisata Bhumi merapi menyediakan fasilitas di dalam kawasan wisata yang lengkap, diantaranya:

  • Area parkir pengunjung
  • Toilet umum
  • Tempat ibadah
  • Resto / spot kuliner
  • Spot foto menarik dan instagramable
  • Jeep wisata
  • Area outbond
  • Camping ground

Daya tarik Agro Wisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi merapi merupakan destinasi wisata yang menggabungkan wisata dan edukasi dilengkapi dengan spot foto yang menarik dan instagramable memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini. Daya tarik dari agrowisata Bhumi merapi ini, antara lain:

  • Langlang buana

Area langlang buana ini merupakan area yang memiliki konsep perkampungan Mediterania, Eropa, dan Santorini yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Di tempat ini, Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang nuansa perkampungan mulai dari mediterania khas Turki, nuansa Alpen house ala Swiss, hingga Santorini yang memberi nuansa Yunani.

  • Area budidaya ternak

Di area ini, Anda akan banyak menemukan hal tentang peternakan dan budidayanya yang bisa Anda pelajari, mulai dari beternak kambing etawa, kelinci, hingga beberapa koleksi hewan reptil seperti iguana, kura – kura, ular, dan hewan reptil lainnya.

  • Camp Ground

Area ini merupakan area camping yang bisa Anda sewa untuk menikmati sensasi berkemah di kaki gunung dengan keindahan panorama Gunung Merapi yang mengagumkan.

  • Wisata kuliner

Sebagai tempat wisata yang populer, agrowisata Bhumi merapi pun turut menghadirkan spot kuliner yang bisa Anda nikmati saat berwisata di kawasan ini dengan beragam pilihan menu kuliner yang menggugah selera.

Itulah sedikit ulasan mengenai destinasi Agro Wisata Bhumi Merapi yang sangat cocok untuk tujuan wisata Anda sekeluarga dengan menikmati konsep wisata edukasi dengan area perkampungan yang sangat menarik untuk latar belakang foto Anda serta kesejukan udara yang asri dan menyegarkan.

Leave a Comment