Air Terjun Efrata Beserta Daya Tariknya Yang Memukau

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Pulau Medan atau Samosir memiliki banyak objek wisata menarik, mulai dari objek wisata yang menawarkan keindahan alam sampai dengan berbagai wahana yang seru dan mengasyikkan. Salah satu objek wisata di Kota Medan yang saat ini tengah naik daun ialah Air Terjun Efrata.

Air terjun ini memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat kota Medan, akan tetapi karena keindahan alamnya yang menakjubkan menjadikan air terjun ini tetap ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Rute Menuju Air Terjun Efrata

Rute yang bisa kita lalui untuk sampai ke objek wisata ini ialah perjalanan dari Kabupaten Samosir melalui Jalan Tele lalu Pangururan, lalu melalui jalan Arianboho hingga sampai pada objek wisata air terjun.

Rute lainnya yang bisa kita lewati ialah rute dari Medan lalu melewati Tanah Karo dilanjutkan dengan melewati Tele di Kecamatan Harian lalu ke Desa Sosor, Dusun Dolok tempat wisata itu berada.

Perjalanan yang ditempuh cukup lama yaitu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuhnya mencapai 36 km. Akan tetapi banyak para pengunjung yang merasakan kepuasan setelah sampai di objek wisata, lelahnya sebuah perjalanan dapat terbayar kan dengan pesona dan keindahan dari Air Terjun Efrata.

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung bisa memasuki area wisata dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000, akan tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya parkir dimana untuk biaya parkir sendiri dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 saja baik itu untuk kendaraan roda dua maupun untuk roda 4.

Daya Tarik Dari Air Terjun Efrata

Setiap objek wisata memiliki daya tariknya masing-masing, adapun daya tarik dari objek wisata yang ada di Pulau Samosir ini, diantaranya ialah :

  • Memiliki ketinggian 30 meter

Ketinggian dari Air Terjun Efrata ini cukup tinggi yaitu mencapai 30 meter, keindahannya tidak bisa dipungkiri lagi karena air terjun tersebut menghasilkan air yang lebar dan deras, sehingga keindahannya bisa dinikmati dari kejauhan juga.

  • Berdekatan dengan objek wisata lain

Yang menjadi daya tarik dari objek wisata ini ialah memiliki lokasi yang strategis yang berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya, sehingga kita bisa sekaligus mengunjungi objek wisata lain di sekitar air terjun. Adapun nama objek wisata yang berdekatan dengan air terjun seperti Danau Toba dan Menara Pandang Tele. Selain itu, objek wisata ini juga diapit oleh dua bukit hijau, sehingga menghasilkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan yang dapat membuat siapa saja yang melihatnya akan terhipnotis oleh keindahannya.

  • Memiliki banyak spot foto favorit

Dikelilingi oleh bukit yang indah dan pepohonan yang rindang menjadikan air terjun ini memiliki banyak spot berfoto yang bagus, dimana setiap potret foto memiliki arti keindahannya sendiri. Bagi para pengunjung sangat disarankan untuk mengabadikan nya dalam bentuk foto agar bisa mengabadikan keindahan yang tidak dimiliki oleh semua objek wisata.

  • Terdapat bebatuan dan kayu-kayu

Di objek wisata ini terdapat kayu-kayu besar yang menambah ikon alami dari air terjun, selain kayu-kayu, disini juga banyak terdapat bebatuan sehingga sangat mendukung dijadikan sebagai spot berfoto. Hanya saja bebatuan tersebut licin sehingga kita perlu berhati-hati.

  • Terlihat indah dari kejauhan

Dari kejauhan air terjun ini sudah memancarkan pesona nya, sehingga kita bisa menikmati keindahan air terjun tersebut dari jauh tidak perlu repot-repot mengunjunginya secara dekat. Hanya saja untuk mendapatkan keindahan yang maksimal kita perlu mengunjunginya agar bisa menikmati keindahannya dengan dekat.

  • Terkenal sebagai surga yang tersembunyi

Disebut sebagai surga tersembunyi pastinya ada alasannya, salah satu alasannya ialah karena keindahannya yang terbentang cukup lebar sehingga menghasilkan potret tirai air yang menakjubkan.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Adapun beberapa fasilitas yang diberikan oleh objek wisata ini diantaranya ialah :

  • Memiliki parkiran yang luas

Bagi kalian yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi baik yang roda dua ataupun roda 4 tidak perlu khawatir karena di objek wisata ini menyediakan parkiran yang cukup luas, sehingga kendaraan kita tidak perlu berdesakan dengan kendaraan yang lainnya.

  • Tracking yang bagus

Biasanya objek wisata air terjun memiliki tracking yang sulit untuk dilewati, akan tetapi untuk air terjun ini tracking nya sudah cukup mudah, dimana para pengunjung akan melewati sebuah jalur yang berbentuk sebuah tembok yang lebar.

Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi objek wisata Air Terjun Efrata? Bagi kalian yang sedang berlibur ke daerah Samosir, kami menyarankan untuk mengunjungi objek wisata ini jangan sampai untuk dilewatkan karena keindahan alam yang tidak ada di air terjun lainnya. Oleh karena itu wisata ini disebut sebagai surga yang tersembunyi. Selamat berlibur!

Leave a Comment