Air Terjun Sri Gethuk, Hidden Gems di Timur Kota Jogja!

Aurelia Liana
Written By Aurelia Liana
Ahli Strategi Digital yang berpengalaman dengan sejarah yang ditunjukkan dalam bekerja di layanan digital dan industri kreatif. Terampil dalam Strategi Digital Kreatif, Copywriting, Periklanan, dan E-commerce. Profesional pemasaran yang kuat dengan gelar Sarjana yang berfokus pada Komunikasi Massa / Studi Media dari The London School of Public Relation.

Air Terjun Sri Gethuk – Sebagian besar dari para wisatawan pasti sudah mengenal kota Jogja yang terkenal dengan budayanya dan begitu banyak destinasi wisata yang unik dan menarik dengan keunikan dan ciri khasnya masing – masing.

Dari sekian banyaknya destinasi wisata yang tersedia di Jogja, destinasi yang menjadi favorit di kalangan wisatawan baik lokal, dalam negeri, hingga luar negeri adalah wisata alamnya mulai dari yang umum atau mainstream, hingga yang masih jarang tersentuh oleh wisatawan. Salah satu destinasi wisata alam menarik yang juga belum banyak tersentuh oleh wisatawan yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun ini merupakan wisata alam yang usianya masih cukup muda karena belum terlalu lama dibuka untuk umum, dengan keindahan panorama alam yang masih sangat asri, serta air terjun yang mampu menarik para wisatawan dari berbagai penjuru untuk mengunjungi tempat ini.

Keindahan panorama alam berupa tebing dengan tinggi kurang lebih mencapai 30 meter, air yang jernih, pepohonan yang menjulang tinggi, aliran sungai Oyo dan berbagai aktivitas dan daya tarik yang dihadirkan oleh destinasi wisata air terjun yang satu ini bahkan dikatakan tidak kalah dengan Grand Canyon yang ada di Amerika.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi dari obyek wisata air terjun ini letaknya ada di sebelah timur Kota Jogja, tepatnya Kabupaten Gunungkidul dengan alamat di kabupaten Gunungkidul, kecamatan Playen, desa Bleberan. Untuk dapat menuju ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk, Anda dapat menempuh rute dari kota Jogja menuju ke arah jalan Wonosari, berjalan ke arah timur hingga tiba di daerah Pathuk, Gunungkidul.

Lalu, mengikuti jalan hingga pertigaan Gading, berbelok ke kanan menuju daerah Playen sampai di kecamatan Paliyan hingga menemui pertigaan dan berbelok ke arah kanan dan Anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju ke Air Terjun Sri Gethuk dan tinggal mengikuti jalan hingga sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Air Terjun Sri Gethuk

Memasuki tempat wisata air terjun yang menawarkan keindahan panorama alam air terjun di balik tebing ini, Anda akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan tambahan retribusi untuk parkir kendaraan, yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sementara untuk jam operasional, Air Terjun Sri Gethuk dibuka untuk umum setiap hari (Senin – Minggu) mulai jam 8 pagi hingga tutup jam 4 sore.

Fasilitas di Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas di sekitar tempat wisata yang disediakan untuk pengunjung, antara lain:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Warung atau kedai makan
  • Perahu wisata
  • Penyewaan ban dan pelampung
  • Penitipan barang

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Air Terjun Sri Gethuk memiliki daya tarik yang menjadi keunikan tersendiri, antara lain:

  • Tebing Karst

Topografi dari kabupaten Gunungkidul yang menjadikan air terjun ini terletak diantara tebing – tebing karst yang kuat dan kokoh membuat keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. tebing – tebing karst yang juga dipenuhi oleh tumbuhan hijau yang menambah kesan asri dan alami dari tempat wisata yang satu ini semakin memperindah panorama alam di tempat ini.

  • Nama yang unik

Salah satu daya tarik yang membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi yaitu penamaan yang unik. Sebagian orang yang belum mengerti tentang arti nama tempat Sri Gethuk ini mungkin akan berpikir nama tersebut berasal dari nama makanan khas Jawa yaitu Gethuk. Namun, kata Gethuk sendiri berasal dari kata Kethuk, salah satu nama alat dalam perangkat gamelan Jawa.

  • Cerita yang berkembang

Masyarakat sekitar percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk ini merupakan tempat lokasi penyimpanan alat gamelan Kethuk milik makhluk halus jin Anggo Meduro. Dari cerita yang berkembang, di waktu tertentu, bahkan sering terdengar suara gamelan Jawa yang asal suaranya dari air terjun. Cerita yang dipercayai masyarakat ini juga menjadi dasar penamaan tempat wisata ini.

  • Sungai Oyo

Adanya sungai Oyo dengan aliran yang tenang dan dikelilingi bebatuan dengan air sungai yang berwarna kehijauan menjadikan tempat ini berbeda dari yang lain. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan sungai dengan menyusurinya menggunakan rakit yang khusus disediakan untuk para pengunjung.

  • Flying fox

Di area wisata air terjun ini, pengunjung dapat menikmati wahana Flying Fox yang memiliki panjang lintasan hingga 350 meter yang melintas di atas sungai Oyo.

Itulah sedikit ulasan mengenai Air Terjun Sri Gethuk yang menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Jogja.

Leave a Comment