Liburan Seru Dengan Arum Jeram Pangalengan Bersama Keluarga!

Avatar of k setiawan
Arum jeram pangalengan
Arum Jeram Pangalengan

Rafting atau arum jeram saat ini masih cukup digandrungi oleh banyak kalangan, terutama karena dilakukan bersama-sama dan berkelompok. Tidak jarang, banyak keluarga atau bahkan perusahaan menjalankan aktivitas ini sebagai salah satu permainan outbound guna mengasah kerja sama.

Sejumlah tempat pun dipilih, salah satunya Arum Jeram Pangalengan. Lantas, apa yang menjadi daya tarik dari kegiatan rafting ini? Yuk simak sejumlah ulasannya berikut.

Lokasi Rafting Pangalengan

Pangalengan, Bandung dikenal dengan sejumlah objek wisata outbound seperti Cibolang, Ranca Upas, hingga Situ Cileunca. Terdapat pula sejumlah air terjun atau curug seperti Curug Malabar, Curug Plengan, hingga Curug Cibaliung.

Kawasan curug ini biasanya memiliki aliran air sungai yang cukup deras dengan batu-batu sungai yang besar khas tempat arum jeram. Kendati demikian, beberapa orang seringkali merekomendasikan tempat arum jeram yang populer seperti di Sungai Palayangan atau Cisangkuy.

Lokasi Arum Jeram Pangalengan berada sekitar 45 km di selatan Bandung, tepatnya di Kp. Cibeunying, Dusun Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Suasana tempat rafting ini begitu sejuk dan asri sehingga akan sangat memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Cocok buat Anda yang memang ingin healing sejenak dari penatnya aktivitas.

Hal Menarik Selain Rafting

Rafting di Sungai Pangalengan memang banyak dipilih sebagai tempat rafting dengan berbagai keunggulan, salah satunya arus sungai yang bersahabat dengan aliran yang deras namun tetap bersih dan aman. Kendati demikian, ada beberapa kegiatan lain yang bisa Anda jalankan sebelum, setelah, atau bahkan di luar kegiatan Arum Jeram Pangalengan tersebut.

Baca Juga:  Senjakala Village, Berasa Makan Di Restoran Eropa Di Magelang!

1. Bermain permainan outbound

Aktivitas pertama yang biasanya dilakukan adalah dengan bermain sejumlah game outbound. Hal ini banyak dilakukan, terutama bagi Anda yang merencanakan paket wisata dengan rombongan seperti dari kantor atau keluarga.

Beberapa penyedia layanan arum jeram juga menyediakan sejumlah paket tambahan seperti Flying Fox hingga Paintball yang dapat menjamin Anda merasa senang dan nyaman selain melakukan aktivitas rafting. Tentu saja ini bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh setelah banyaknya pekerjaan yang dijalankan sebelumnya.

Paintball bisa menjadi salah satu opsi permainan outbound selain rafting yang bisa Anda mainkan bersama di kawasan Arum Jeram Pangalengan Bandung ini. Di dalam permainan ini, Anda bertugas menembak musuh dengan peluru mainan yang sudah pasti dijamin keamanannya.

Biasanya rombongan akan dibagi dalam dua kelompok yang harus saling mengalahkan. Tim yang lebih sedikit terkena tembakan peluru-lah yang seringkali dianggap sebagai pemenang.

2. Mengambil berbagai foto

Siapa sih yang tidak mau mengabadikan momen liburan di alam Pangalengan yang indah, kegiatan yang menyenangkan, hingga berbagai kesan dan pengalaman yang sudah didapatkan? Nah, abadikan segera momen liburan Anda bersama keluarga atau teman-teman dengan menggunakan kamera foto.

Tidak sedikit wisatawan yang malah juga membuat vlog untuk dokumentasi pribadi. Dengan begitu, setiap pengalaman yang didapatkan di aktivitas rafting dapat diabadikan bahkan diunggah ke media sosial seperti Instagram.

Wisata arum jeram pangalengan
Wisata Arum Jeram Pangalengan

Jika Anda menggunakan jasa paket rafting, biasanya ada tim tersendiri yang akan mendokumentasikan kegiatan tersebut. Akan tetapi kalau ada keluarga atau teman Anda yang tidak mengikuti Arum Jeram Pangalengan ini, Anda juga bisa minta bantuan untuk mengabadikan momen tersebut.

3. Berenang dan bermain air

Berwisata ke tempat yang banyak air seperti curug dan sungai rasanya tidak afdol jika tidak basah-basahan. Oleh karena itu, Anda juga dapat langsung melakukan sejumlah aktivitas lain seperti berenang ketika aktivitas rafting sudah berakhir.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Objek Wisata Nganjuk

Ada baiknya jika Anda tetap menggunakan pelampung untuk menjaga keselamatan. Terlebih biasanya, aliran sungai bisa tiba-tiba deras atau kolam air tersebut memiliki kedalaman yang cukup dalam. Tidak sedikit lho yang juga lompat dari atas tebing atau batu besar, pasti akan memacu adrenalin.

4. Beli oleh-oleh

Selain memiliki wisata Arum Jeram Pangalengan juga memiliki keunikan lain di mana tempat ini merupakan salah satu penghasil susu murni dan sayuran segar terbaik di kawasan Bandung. Nah, sehabis beraktivitas di arum jeram, Anda bisa mampir ke sejumlah toko untuk membeli susu murni dan sayuran segar tersebut sebagai oleh-oleh.

Berapa Tarif Paket untuk Rafting Pangalengan?

Bicara mengenai tarif atau biaya melakukan kegiatan arum jeram, sejatinya disesuaikan kembali dengan paket yang Anda pilih dari pihak pengelola. Di Pangalengan sendiri, biayanya termasuk cukup terjangkau dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Adapun contoh biaya Arum Jeram Pangalengan adalah sebagai berikut.

Paket A seharga Rp165.000 per orang (minimal 5 orang)

Pada paket ini, tentunya ada sejumlah fasilitas yang bisa Anda temukan, mulai dari instruktur bersertifikat, safety equipment, asuransi, tiket objek wisata, loker barang, kamar bilas, hingga tambahan wisata berupa view Danau Situ Cileunca.

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan arum jeram ini adalah sekitar 2 jam, di mana nantinya akan Anda difasilitasi untuk transportasi lokal dari titik Finish ke titik Start rafting tersebut.

Paket B seharga Rp185.000 per orang (minimal 5 orang)

Sedikit lebih mahal dibandingkan dengan paket A, harga paket Arum Jeram Pangalengan ini sudah termasuk dengan instruktur bersertifikasi, safety equipment, loker barang, kamar bilas, hingga transportasi lokal dari titik Finish ke titik Start rafting.

Baca Juga:  Sejarah, Fasilitas dan Tips Berwisata di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Bogor

Harga paket rafting ini juga termasuk dengan makan siang selama air mineral beserta dengan tiket objek wisata seperti view Situs Cileunca.

Paket C seharga Rp195.000 per orang (minimal 5 orang)

Tidak jauh berbeda dengan paket B, Anda yang memesan paket wisata rafting tipe C ini akan mendapatkan berbagai fasilitas liburan rafting yang menarik. Termasuk di antaranya adalah makan siang, snack box, hingga air mineral.

Harga paket juga termasuk dengan instruktur bersertifikat, arum jeram selama 2 jam, transportasi dari titik Finish ke Start, safety equipment, asuransi, loker barang, kamar bilas, dan private area di pinggir Danau Cileunca. Tentu akan menjadikan liburan Anda semakin lengkap.

Supaya lebih menyenangkan, ada baiknya jika Anda tidak lupa memesan tiket masuk Arum Jeram Pangalengan jauh-jauh hari dengan metode booking ke sejumlah jasa wisata yang menyediakan paket rafting di Pangalengan. Pilihlah paket yang memang sesuai dengan budget dan rencana wisata yang akan dilakukan Bersama dengan keluarga atau rekan-rekan Anda.

Jangan lupa juga siapkan baju ganti, perlengkapan bilas, hingga berbagai perlengkapan wisata lain yang Anda butuhkan. Pastikan juga Anda tetap jaga kesehatan supaya tetap fit selama melakukan rafting di kawasan Pangalengan, jadi liburan akan tetap menyenangkan sesuai rencana.

Demikian sejumlah informasi mengenai Arum Jeram Pangalengan, tarif dan biaya yang dibutuhkan, serta hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan dalam melakukan wisata alam di Pangalengan ini. Nah, tertarik untuk segera melakukan rafting di sini?

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Lembang park zoo

Ini Dia Info Detail Tiket Lembang Park Zoo Terbaru

Next Article
D castello ciater

Lokasi dan Tiket Wisata D Castello Ciater