Curug Cigamea, Air Terjun Mempesona di Bogor

Avatar of k setiawan
Curug cigamea
Curug Cigamea

Curug Cigamea adalah salah satu curug atau air terjun yang berlokasi di Kota Bogor. Seperti telah diketahui bersama bahwa kota hujan, Bogor memang mempunyai begitu banyak curug.

Curug ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak / TNGHS. Di sekitarnya masih ada beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi antara lain:

  • Pemandian air panas
  • Curug Kondang
  • Curug Seribu
  • Curug Pangeran
  • Curug Muara Herang
  • Curug Goa Lumut
  • Curug Ngumpet
  • Ranggon Hills, serta
  • Kawah Ratu

Sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di alam yang indah dan masih asri, tentu lebih seru bila bersama keluarga, teman atau komunitas yang Anda ikuti.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by manusia_tanpa_adab (@anwar_lulu)

Sekalipun banyak yang berkata bahwa curug ini angker, akan tetapi keindahan alamnya layak untuk dikunjungi. Tugas kita adalah menjaganya dengan baik serta tak melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Daya Tarik Curug Cigamea

Sebelum membahas tentang daya tarik yang ada, kami akan menjelaskan terlebih dahulu asal penamaan curug ini. Curug Cigamea ini terdiri dari dua kata, yaitu kata Curug dan Cigamea.

Dalam bahasa Indonesia Curug artinya air terjun, sementara Cigamea artinya bergemuruh. Maka mempunyai arti air terjun yang bergemuruh. Hal tersebut memang benar adanya, aliran air cukup keras hingga menimbulkan bunyi gemuruh yang kuat.

Berikut beberapa daya tarik dari curug di Bogor ini:

  1. Dua Air Terjun

Saat tiba di kawasan air terjun, akan terlihat dua air terjun yang memiliki karakteristik berbeda. Memang lokasinya tak berdampingan, namun tak terlalu jauh juga.

Aliran air terjun pertama cukup tinggi dengan air merambat melalui batuan hitam yang dihiasi tumbuhan di sekitarnya. Air yang mengalir tak terlalu deras, lalu kolam penampungannya pun tak terlalu besar.

Baca Juga:  Tumpeng Menoreh, Menikmati Pemandangan Yogyakarta Dari Langit!

Sementara air terjun kedua mempunyai aliran air cukup deras dan menimbulkan bunyi gemuruh yang keras. Terdapat kolam alami yang cukup luas di sekitarnya, sehingga banyak pengunjung bermain air di area sekitar kolam.

Akan tetapi jika ingin berenang maka hindari area dekat air yang jatuh sebab alirannya cukup deras. Air yang dialirkan sangatlah jernih, bersih serta menyegarkan.

  1. Alamnya Masih Asri

Curug Cigamea mempunyai alam yang masih asri, ditandai dengan begitu banyak pepohonan di sekitar curug dan kondisi air yang sangat jernih. Tentunya benar-benar menyegarkan jiwa raga yang lelah, serta penat pada semua aktivitas sehari-hari yang dijalani.

Konon curug ini adalah sebuah kerajaan kera yang ada sejak zaman dahulu dan kerap dikunjungi mereka yang ingin mendapat pesugihan. Bila beruntung peziarah akan bertemu monyet putih yang menjadi pertanda bagus untuk si pemilik hajat.

Keberadaan monyet di sekitar lokasi curug memang cukup banyak, bahkan Anda bisa menjumpainya mulai dari pintu masuk sampai lokasi air terjun.

Hewan primata ini adalah penghuni hutan yang berada di sekitar Gunung Salak. Selama Anda tak mengganggu mereka, maka mereka pun tak akan mengganggu.

  1. Spot Foto yang Mengagumkan

Pihak pengelola sangat jeli dalam melihat trend saat ini, yaitu dengan menyediakan spot foto yang mengagumkan dengan latar pemandangan yang sangat indah dan cantik.

Lokasi spot foto ini sebelum area curug, dimana ada 19 spot foto yang bisa Anda eksplor. Untuk mencoba foto di spot tersebut, Anda harus membayar biaya tambahan senilai Rp 15.000 per orang.

Fasilitas Curug Cigamea

Fasilitas yang ada di lokasi Curug Cigamea antara lain:

  • Area parkir cukup luas
  • Gazebo atau saung untuk bersantai
  • Spot foto
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Mushola
Baca Juga:  Lereng Asri Trawas, Tempat Nongkrong Asyik Di Mojokerto!

Harga Tiket Curug Cigamea

Biaya yang harus dibayarkan saat berkunjung ke curug ini yaitu:

  • Masuk taman nasional Rp 12.500 per orang
  • Tiket masuk curug Rp 10.000 per orang
  • Parkir motor Rp 5.000
  • Parkir mobil Rp 10.000

Rute ke Curug Cigamea

Rute ke curug ini dari pusat kota Bogor bisa melalui Cibunglang atau Cemplang, lalu dengan mengarah ke area Salak Endah. Saat telah tiba di area Salak Endah, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah untuk bisa tiba di lokasi curug.

Jalan yang nantinya dilalui sudah beraspal dan cukup bagus, namun memang tak terlalu lebar. Maka bagi Anda yang memakai kendaraan roda empat perlu berhati-hati. Perkiraan waktu tempuh antara 1 sampai 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari pusat kota Bogor.

Jam Buka Curug Cigamea

Jam operasional curug ataupun taman nasional buka setiap hari selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari, saat kondisi masih sejuk dan Anda memiliki banyak waktu dalam mengeksplor curug lainnya.

Sebaiknya Anda menghindari berkunjung ke curug menjelang malam hari, sebab lampu penerangan yang cukup minim di sekitar lokasi Curug Cigamea.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Cafe de slili

Cafe de Slili, Harga Tiket Masuk, Spot Foto Terbaik

Next Article
Pantai karang jahe

Pantai Karang Jahe, Tiket Masuk hingga Fasilitasnya