Daya Tarik Puncak Lawang Park, View Danau Maninjau dari Ketinggian

Avatar of k setiawan
Puncak lawang park maninjau
Puncak Lawang Park Maninjau

Puncak Lawang Park merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para Traveller. Apalagi saat memasuki momen liburan, tempat wisata Lawang Padang ini wajib masuk list wisata rekomendasi. Tempat wisata ini berada di Kabupaten Agam dan lokasinya pun cukup luas. Penasaran dengan keindahan yang disuguhkan oleh Lawang Park? Berikut ini akan disajikan informasi menarik seputar Lawang Park yang perlu diketahui.

Sekilas Tentang Lawang Park

Wisata Layang Park membentang di lahan yang cukup luas sekitar 15 hektar. Bagi yang suka menikmati keindahan puncak, maka wajib datang ke sini karena wisata artistik ini ada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.250 mdpl. Para pengunjung akan menikmati udara yang sangat sejuk, bahkan suhunya bisa mencapai 16 derajat Celcius. Uniknya lagi, jika datang ke tempat wisata ini bisa sekaligus melihat keindahan lanskap Danau Maninjau. Pastinya akan mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan ketika berwisata ke Lawang Park. Panorama alam yang disuguhkan oleh tempat wisata ini sangat luar biasa dan dapat membius mata. Bahkan para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan yang sangat menarik, salah satunya yaitu paralayang. Tentunya para pengunjung akan dibuat kagum dengan segala yang disuguhkan oleh wisata ini.

Vibes dan Pesona Keindahan Lawang Park

Adapun pesona dan daya tarik dari Puncak Lawang Park antara lain adalah sebagai berikut.

1.    View Landscape Danau Maninjau

Siapa sih yang tidak kenal dengan Danau Maninjau? Salah satu danau di Indonesia yang memiliki keindahan dan pesona luar biasa. Saat berkunjung ke Lawang Park, Danau Maninjau menjadi salah satu daya tarik utama yang diminati oleh para wisatawan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lawang Park (@official_lawang_park)

Apalagi ketika danau ini diselimuti oleh pemandangan berkabut yang membuat suasananya benar-benar terasa di puncak pegunungan. Waktu terbaik untuk menikmati suguhan keindahan Danau Maninjau yaitu saat senja pagi hari dan sore hari.

Baca Juga:  Wisata Pintu Langit Lampung, Tempat Wisata Paling Viral Di Bandar Lampung

Jadi bisa sekaligus menikmati sunset dan sunrise serta mengambil jepretan gambar. Namun, para wisatawan harus rela melalui rute pendakian untuk menikmati suguhan keindahan alam Danau Maninjau dari ketinggian.

2.    Hawa Sejuk Dan Dingin

Udara yang saat ini hampir tidak pernah dirasakan di kota-kota besar, sejuk dan dingin, dapat dinikmati di sini. Tidak heran jika para wisatawan yang berdatangan ke sini biasanya orang-orang berasal dari pesisir atau penduduk kota-kota besar.

Jika ingin sementara menjauh dari hiruk-pikuk kota, cobalah untuk healing di sini. Keindahan bukit-bukit, pepohonan rindang, landscape danau Maninjau, semua keindahan alam berpadu menjadi satu. Apabila datang ke Puncak Lawang Park jangan lupa untuk membawa sweater atau baju hangat ya.

3.    Bangunan Rumah Kayu Hobbit

Istimewanya lagi, ternyata Puncak Lawang Padang ini juga menawarkan wahana yang sangat unik, yaitu rumah kayu. Pengelola Lawang Park membangun rumah kayu seperti rumah Hobbit dengan gaya yang lebih modern.

Apabila dilihat dari desain arsitekturnya, rumah Hobbit tersebut mengadaptasi konsep gaya vintage Eropa. Wahana ini semakin lucu karena rumah Hobbit memiliki berbagai warna di setiap unitnya.

Bahkan wahana ini menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan untuk mengambil foto. Bagi yang suka upload foto di Instagram dengan background yang unik dan menarik, bisa mengambil gambar sepuasnya di wahana rumah hobbit ini.

Para pengunjung semakin tertarik untuk menikmati wahana rumah Hobbit karena areanya berada di tengah taman. Jadi saat para pengunjung datang dan jalan di area tersebut, tentunya perhatiannya akan beralih ke deretan rumah Hobbit kayu yang unik. Seringkali para pengunjung berburu foto di setiap unit rumah yang unik tersebut.

Baca Juga:  Pantai Sebalang, Surga Tersembunyi Di Pulau Sumatra

HTM dan Jam Operasional Lawang Park

Para pengunjung bisa memilih hari apa saja untuk berwisata ke Puncak Lawang Park karena buka setiap hari dari Senin – Minggu. Untuk jam kunjungan terbaik yaitu mulai dari 07.00-18.00 WIB. Meskipun sebenarnya tidak ada batasan waktu untuk menikmati keindahan wisata ini.

Jika ingin bermalam di area ini dan menikmati tempat wisata lebih lama, maka dapat menyewa penginapan yang disediakan oleh pengelola wisata.

Harga tiket masuk per orang pada Senin – Sabtu yaitu Rp20.000, sementara pada hari Minggu yaitu Rp25.000. Tarif untuk anak-anak maupun orang dewasa sama, tidak ada bedanya. Sementara untuk tarif parkir motor yaitu Rp3.000 sedangkan mobil Rp5.000.

Aktivitas di Wisata Lawang Park

Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di Puncak Lawang Bukittinggi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencoba wahana menarik (Paralayang dan flying fox)
  • Bermalam di tempat wisata
  • Berkebun, memetik buah dan sayuran
  • Mengelilingi area wisata dengan offroad
  • Mengelilingi area wisata dengan arung jeram
  • Berburu foto yang instagenic

Fasilitas Penunjang Untuk Pengunjung

Para pengunjung yang datang berwisata ke Lawang Park akan betah berlama-lama. Selain karena dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah, pengunjung juga akan merasa nyaman karena fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan memadai. Apalagi kepopuleran Lawang adventure Park sudah mendunia. Jadi untuk masalah fasilitas sudah tidak diragukan lagi.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas publik di sini seperti mushola, restoran, penginapan, kamar mandi, gazebo, dan aula pertemuan.

Untuk fasilitas tambahannya yaitu berupa wahana populer olahraga paralayang. Para pengunjung jangan sampai melewatkan aktivitas olahraga seru yang satu ini karena Lawang Park merupakan lokasi paralayang terbaik se-Asia Tenggara.

Berbagai keindahan alam dan fasilitas yang tersedia di Lawang Park menjamin keseruan wisata serta memenuhi kebutuhan para pengunjung. Dijamin para pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan selama berwisata di Lawang Park.

Baca Juga:  Wisata Juma Bakal Dokan J&M Glamping, Wisata Alam Terbaru Di Sumatra Utara

Lokasi dan Akses Menuju Lawang Park

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, lokasinya yaitu berada di Jl. Raya H. Absial Syafei, Desa Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk menuju lokasi, ada beberapa rute yang bisa pengunjung pilih.

·         Rute Matur

Rute pertama untuk menuju Puncak Lawang Park yaitu melalui Matur. Patokannya adalah Bukittinggi hingga sampai di area Simpang tiga wilayah ini. Selanjutnya yaitu pilih lajur kanan, dan selama perjalanan akan menikmati keindahan pemandangan dan perkebunan teh yang sangat asri.

·         Rute Ambun Pagi

Rute kedua yaitu melalui Ambun Pagi. Lokasinya sekitar 3 km dari Matur, lebih tepatnya ada di Jl. Kelok 44. Kebanyakan para pengunjung dari luar kota akan memilih rute ini karena dapat menikmati pemandangan Danau Maninjau selama perjalanan.

·         Rute Pasar Bayur

Khusus untuk pecinta tracking maka dapat melalui jalur alternatif, itu jalan setapak. Rutenya yaitu melalui Pasar Bayur yang lokasinya berada di KM 4 Danau Maninjau. Untuk mencapai puncak, estimasi waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 2 jam dengan jalan kaki. Tidak perlu khawatir, rasa lelah akan hilang karena selama perjalanan akan melihat pemandangan pepohonan lebat.

·         Rute Pasar Ahad

Rute terakhir yaitu melalui Pasar Ahad yang berada di KM 8 Danau Maninjau. Namun rute ini jarang dipilih karena perjalanannya cukup lama mencapai 5 jam. Adapun pemandangan yang disajikan jika melalui jalur ini yaitu pepohonan lebat dan persawahan.

Itulah beberapa informasi seputar Puncak Lawang Park yang dapat dijadikan sebagai referensi. Wisata ini sangat populer, sehingga alangkah baiknya untuk mengunjungi tempat ini di hari-hari biasa, bukan saat akhir pekan maupun libur nasional karena sangat ramai. Untuk lebih serunya, pilihlah saat pagi atau sore hari untuk dapat menikmati momen matahari terbit dan matahari terbenam dari puncak.

Total
4
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata lembah asri

Wisata Lembah Asri Dan Dino Park Beserta Info Tiket, Lokasi, Wahana dan Spot-Spot Menarik

Next Article
Wisata tanjung balai karimun

Wisata Tanjung Balai Karimun, 3 Rekomendasi Wisata Terbaik dan Tips Wisata