Pelangi Waterpark, Wisata Air Pertama di Kota Belitung

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Pelangi Waterpark – Belitung merupakan salah satu kota di Pulau Sumatera yang saat ini sedang digencarkan pembangunannya, mulai dari pembangunan infrastruktur maupun sarana prasarana yang mulai lengkap. Salah satu yang mengalami kemajuan ialah dalam bidang pariwisata dengan dibukanya wahana air yang diberi nama Pelangi Park atau Pelangi Waterpark.

Saat ini masyarakat kota Belitung serta para wisatawan yang mengunjungi Belitung akan diberi kemudahan untuk berwisata, sehingga tidak perlu mencari objek wisata dengan tiket masuk yang mahal karena untuk wahana air ini Anda hanya perlu membayarnya dengan harga yang terjangkau. Penasaran dengan harganya? Yuk simak artikel berikut ini!

Review Mengenai Pelangi Waterpark Belitung

Pelangi Water Park Belitung ini merupakan wisata air pertama yang ada di Belitung, sebelumnya wisata air di Belitung belum ada sehingga objek wisata ini banyak mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat Belitung. Pelangi Park ini baru di resmikan sekitar 3 tahun yang lalu yaitu pada tanggal 22 September 2019 oleh Bapak Bupati Belitung yaitu H. Sahani Saleh.

Wahana dengan luas sekitar 4500 meter ini memiliki banyak keunggulan, salah satu keunggulan yang dimiliki ialah banyak menyediakan fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Kolam renang yang ada di Pelangi Waterpark ini terdiri atas tiga kolam renang, yaitu:

  • Kolam renang untuk orang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter
  • Kolam renang untuk anak-anak dengan kedalaman hanya 50 centimeter
  • Kolam renang berseluncur yang memiliki kedalaman sebesar 60 centimeter.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Wisata wahana air Pelangi Park lokasi di jalan Pilang tepatnya di samping PDAM, Tanjungpandan, Kecamatan Dukong, Kota Belitung. Untuk bisa sampai ke objek wisata maka Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk mendapatkan rute tercepat dan terbaik sehingga dapat menghindari adanya kemacetan. Lokasi wisata tidak jauh dari pusat Kota Belitung hanya 5 km yang mana hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja.

Sedangkan untuk Pelangi Park tiket masuknya terbilang sangat terjangkau, yaitu Rp 20.000 untuk hari biasa, sedangkan untuk hari akhir pekan biasanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25.000. objek wisata ini memiliki jam operasional dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB, buka setiap hari.

Beberapa Fasilitas yang Tersedia di Pelangi Waterpark

Banyak fasilitas yang disediakan oleh objek wisata ini, sehingga Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia, seperti:

Tempat parkir

fasilitas yang tersedia di Pelangi Park yang pertama ialah adanya tempat parkir. Sehingga Anda tidak perlu bingung akan memarkir kan kendaraan di mana, karena di tempat wisata tersebut telah disediakan tempat parkir yang cukup luas.

Kamar mandi

Selain tempat parkir, di objek wisata ini juga tersedia kamar mandi yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal seperti membuang air kecil ataupun air besar, sehingga kita akan nyaman berada di objek wisata tersebut.

Kamar ganti

Sebagai wisata air yang sebagian besar aktivitas pengunjungnya ialah berenang, maka tidak heran jika objek wisata ini juga menyediakan fasilitas berupa kamar ganti, sehingga untuk mengganti dari baju biasa ke baju renang atau sebaliknya Anda bisa menggunakan kamar ganti ini dengan nyaman.

Kamar bilas

Selain kamar untuk ganti, di objek wisata ini juga tersedia kamar bilas. Kamar bilas ini merupakan kamar yang biasanya digunakan oleh orang yang habis renang lalu membilas atau membersihkan badannya di kamar ini, dengan begitu badan Anda kembali bersih seperti semula.

Gazebo

Fasilitas lainnya yang juga disediakan oleh pihak wisata adalah Gazebo. Gazebo merupakan suatu tempat yang di desain untuk berkumpul atau duduk untuk sekedar beristirahat dan bersantai. Anda bisa menikmati fasilitas ini untuk ngobrol santai dan beristirahat sebelum dan sesudah berenang.

Kantin

Biasanya sesudah berenang akan membuat perut Anda terasa lapar, maka bagi Anda yang tidak membawa bekal makanan bisa dengan mudah mendapatkan makanan di kantin. Biasanya berbagai makanan tersedia, mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat.

Beberapa Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wahana Pelangi Park

Salah satu aktivitas yang pasti dilakukan di kolam renang ialah berenang. Selain berenang masih banyak lagi aktivitas lainnya yang bisa dilakukan pada saat mengunjungi kolam renang. Berikut ini ialah beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung ketika berkunjung ke Pelangi Park, yaitu:

Lomba tebak lagu di dalam air

Selain berenang, aktivitas seru yang bisa dilakukan saat di kolam renang ialah mengadakan lomba tebak lagu di dalam air. Permainan ini termasuk ke dalam game sederhana, hanya saja ketika lombanya dilakukan di dalam air akan membuat Anda menjadi lebih tertantang karena akan mengalami kesulitan untuk mendengarkan dan menebak lagu yang dinyanyikan oleh lawan main Anda.

Melakukan lompat indah

Selain mengadakan lomba tebak lagu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan lompat indah. Lompat indah bisa dilakukan dengan melompat salto ataupun lompatan memutar. Selain itu, Anda juga bisa meminta tolong kepada teman berenang untuk menilai seberapa indah lompat yang telah dilakukan oleh Anda. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan mengingat lompat dan berenang merupakan suatu kegiatan yang mengasyikkan.

Lomba berenang melawan arus

Setiap kolam renang seperti di Pelangi Park juga biasanya terdapat kolam arus, di mana orang-orang akan menggunakan ban renang untuk bersantai sambil terbawa oleh arus. Hanya saja aktivitas ini sudah sangat biasa, sehingga untuk bisa menghasilkan aktivitas yang lebih seru, Anda bisa mengadakan sebuah lomba berenang melawan arus bersama dengan teman ataupun keluarga tercinta.

Berenang melawan arus ini merupakan kegiatan yang tidak gampang untuk dilakukan, sehingga untuk bisa melakukannya Anda perlu melakukan usaha yang ekstra. Selain itu, kegiatan ini sangat seru karena para anggota lomba pasti akan merasakan kebahagiaan dan kesan yang luar biasa.

Membuat video atau film

Anda juga bisa membuat sebuah video mengenai aktivitas yang dilakukan di kolam renang, seperti membuat video pada saat melakukan seluncur yang cukup tinggi, atau bisa juga membuat video renang untuk feed sosial media.

Berfoto ria

Selain membuat video, Anda juga bisa berfoto ria bersama teman atau keluarga untuk bisa mengabadikan momen bahagia ini. Dengan begitu maka semua keceriaan yang pernah dilakukan menjadi potret yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Pelangi Park Belitung sebagai wisata water park pertama yang ada di Kota Belitung serta beberapa aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di air bersama dengan teman atau kerabat terdekat. Berenang merupakan suatu olahraga yang banyak di sukai orang karena selain menyehatkan juga sangat mengasyikkan. Selamat berenang di akhir pekan guys!

Leave a Comment