Kampoeng Kopi Banaran, Wisata Kebun Kopi Yang Lagi Populer Di Semarang

Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Written By Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Copywriter at Wunderman Thompson. Hobi Travelling

Kampoeng Kopi Banaran adalah tempat wisata yang cukup populer yang berada di Semarang. Para penikmat kopi wajib mengunjungi tempat ini untuk menikmati kopi yang enak sambil menikmati keindahan perkebunan kopi. Lokasi tempat wisata ini berada di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan, Jalang Raya Semarang – Solo KM. 35.

Tempat wisata dengan ketinggian 480 – 600 mdpl ini mempunyai suhu udara yang cukup sejuk antara 23 derajat hingga 27 derajat celcius. Banyak juga pengunjung yang camping di area perkebunan kopi ini dengan pemandangan yang indah dan cuaca yang sejuk. Nah, di tempat wisata ini juga ada beberapa daya tarik wisata yang keren, fasilitas dan lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Daya Tarik Kampoeng Kopi Banaran

Daya tarik yang disajikan di tempat wisata satu ini adalah :

  • Menikmati kopi sambil bersantai

Bagi Anda penikmat kopi wajib sekali datang ke tempat wisata Kampoeng Kopi Banaran yang satu ini untuk mencicip kopi yang sudah populer. Kopi Banaran adalah salah satu kopi yang sudah terkenal karena memiliki kualitas terbaik di Semarang. Cita rasa kopi robusta dari kopi satu ini sangat unik dan berhasil di ekspor hingga ke Amerika, Itali, China dan Jepang.

Anda dapat menikmati Kopi Banaran langsung dari kebunnya yang termasuk sebagai Agrowisata yang dibuat oleh pengelola kebun kopi ini supaya pengunjung mengetahui proses pengolahan kopi yang satu ini.

  • Menikmati Agrowisata Edukasi

Tempat wisata satu ini sudah didesain untuk kegiatan agrowisata bagi pengunjung dan juga edukasi tentang kopi. Anda akan diajak berkeliling di kawasan tersebut, mulai dari kebun kopi, pabrik hingga museum yang sudah tersedia di sana. Anda juga dapat berjalan-jalan di sekitar perkebunan kopi sambil melihat cara memanen buah kopi dari pohonnya.

Aktivitas satu ini pastinya seru dan unik karena jarang kita lihat secara langsung di kebunnya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang penasaran dengan pengolahan kopi mulai dari memanen hingga menjadi kopi wajib berkunjung ke tempat wisata kebun kopi yang satu ini.

  • Beragam permainan seru

Ada beragam permainan seru yang tersedia di tempat wisata kebun kopi satu ini yang dapat Anda coba. Contohnya adalah wahana bermain flying fox yang paling diminati oleh pengunjung di tempat wisata ini.

Kampoeng Kopi Banaran
Kampoeng Kopi Banaran

Ada juga kegiatan seru lainnya yang wajib dicoba untuk memacu adrenalin, seperti memakai ATV dan offroad. Anda akan diajak offroad menjelajah kebun teh sehingga cukup menarik untuk dicoba. Permainan santai lainnya juga bisa dicoba, seperti bicycle trails dan jogging track.

Nah, itu dia contoh beberapa daya tarik yang dimiliki di Kampoeng Kopi Banaran yang bisa Anda coba.

Kuliner di Kampoeng Kopi Banaran

Pengunjung bisa menikmati Kopi Banaran yang sudah terkenal satu ini. Selain itu, Anda bisa menikmati udara sejuk di pegunungan sambil minum kopi yang panas. Ada area coffee camp yang tersedia sehingga Anda bisa menikmati sensasi camping di perkebunan kopi. Di area tersebut sudah tersedia tenda, kasur dan bantal untuk beristirahat.

Selain Anda bisa menikmati Kopi Banaran yang nikmat, namun bisa melihat proses pembuatan kopinya. Prosesnya dimulai dengan panen biji kopi dan dimasukkan ke dalam mesin untuk diolah jadi kopi kemasan siap minum. Anda bisa membeli hasil olahan kopi ini saat baru selesai dibuat jadi masih fresh dan dijamin rasanya lebih enak.

Fasilitas di Kampoeng Kopi Banaran

Ada banyak fasilitas yang tersedia di tempat wisata kebun kopi satu ini, contohnya adalah mushola, toilet dan minimarket. Di sana juga tersedia gedung pertemuan dan kolam renang yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang.

Ada juga fasilitas hotel, resort dan SPA yang tersedia sehingga bagi Anda yang ingin beristirahat dan memanjakan badan bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan baik.

Harga Tiket Kampoeng Kopi Banaran

Harga tiket yang tersedia di kawasan wisata Kampoeng Kopi Banaran adalah :

  • Tiket masuk Rp. 5.000,-
  • Tiket masuk kolam renang Rp. 15.000,-
  • Flying fox Rp. 25.000,-
  • Kereta wisata Rp. 85.000,- (per 5 orang)
  • Kereta wisata long trip Rp. 200.000,- (per 5 orang)
  • Outbound Rp. 20.000,-
  • ATV Rp. 30.000,-

Rute Perjalanan ke Kampoeng Kopi Banaran

Rute perjalanan menuju ke tempat wisata satu ini sangat mudah sebab berada di jalan protokol yang menghubungkan antara Semarang dan Surakarta. Alamat tepatnya ada di Jl. Raya Bawen – Solo KM 1,5, Gentong, Asinan, Bawen, Semarang.

Jarak dari kota Semarang sekitar 55 menit dan bagi Anda yang ingin menuju ke lokasinya bisa memakai Gmaps karena sudah tersedia di sana.

Jam Buka Kampoeng Kopi Banaran

Jam buka atau operasionalnya adalah mulai dari jam 09:00 sampai 18.00 wib dan untuk wahana permainan beroperasi sampai jam 16:30 wib.

Nah, jadi seperti itu penjelasan mengenai tempat wisata Kampoeng Kopi Banaran, daya tarik wisatanya, fasilitas, harga tiketnya dan lainnya secara lengkap.

Leave a Comment