Makam Sunan Giri, Wisata Religi Penuh Sejarah

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Makam Sunan Giri – Indonesia memiliki cukup banyak tempat wisata bernuansa religi, hal tersebut karena Indonesia terdiri dari beberapa agama.

Bagi Anda umat muslim wajib sekali mengunjungi kota Gresik, kota yang dijuluki sebagai kota santri ini memiliki cukup banyak tempat religi yang sering dikunjungi sebagai wisata ataupun berziarah. Umat muslim pasti mengenal Wali Songo, salah satu tokoh Islam yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa ini bernama Sunan Giri.

Nah di Gresik ini terdapat makam sunan giri yang dijadikan sebagai tempat wisata religi bagi umat muslim. Tempat ini cukup ramai pengunjung di hari biasa dan sangat ramai di saat liburan tiba.

Sejarah Asal Mula Makam Sunan Giri Beserta Informasi Lokasinya

Tempat wisata religi ini berada di Dusun Giri Gajah, Desa Gajah, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Berlokasi di dekat pusat kota, untuk sampai ke tempat ini Anda hanya menjangkau jarak 4 km saja. Rute yang bisa Anda lalui dari Surabaya yaitu Anda bisa melewati Tol Surabaya-Gresik kemudian keluar tol lewat Exit Tol Romokalisari.

Selanjutnya Anda bisa lewat jalan Veteran dan masuk ke jalan Panglima Sudirman lalu ke Jalan Malik Ibrahim. Jika sudah sampai di jalan ini sebentar lagi Anda akan sampai, lebih tepatnya makam sunan giri berada di area perbukitan kapur yang ada di Gunung Kendeng sebelah Utara. Perlu Anda ketahui di sepanjang jalan tempat ini dipenuhi oleh pepohonan dan untuk sampai ke area makam Anda harus melalui area pintu masuk dan area gapura.

Makam Sunan Giri
Makam Sunan Giri

Tahukah Anda ternyata tempat ini dahulunya adalah sebuah padepokan bernama Giri Kedaton yaitu tempat pembelajaran Kitab Kuning agama Islam. Pada tempat ini Sunan Giri mengajar dan juga menjadi pemimpin di kerajaan Giri Kedaton ini di tahun 1487.

Informasi Biaya Tiket Masuk Dan Jam Buka

Pengunjung yang akan berziarah atau melakukan wisata religi di tempat ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuknya karena harga tiket masuk di makam sunan giri ini adalah gratis. Anda hanya perlu membayar tiket parkir saja, untuk parkir motor sebesar 5000 sedangkan mobil sebesar 10000 dan bus sebesar 15000. Masih sangat terjangkau bukan?

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini dibuka selama 24 jam oleh pengelola, jadi Anda bisa datang kapan saja ke tempat wisata yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki

  • Museum Sunan Giri

Salah satu daya tarik yang dimiliki tempat wisata ini tidak hanya kompleks pemakaman saja yang bisa Anda kunjungi namun di tempat ini juga terdapat museum Sunan Giri. Museum ini berisi berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Giri. Tidak hanya pengunjung lokal saja yang bisa mengunjungi tempat ini namun wisatawan asing juga bisa mengunjungi museum yang satu ini.

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa museum ini berisi benda peninggalan saat beliau menyebarkan agama Islam di Gresik namun tidak hanya itu saja di museum ini juga Anda bisa melihat secara langsung benda pribadi milik beliau yang masih tersimpan dengan sangat rapi.

Benda-benda seperti sorban, sajadah, Al-Qur’an, rebana hingga keris Kalam Munyeng yang biasa beliau bawa ada di sini. Berbagai koleksi benda hibah dari negara lain seperti Eropa dan Cina juga ada di museum ini

  • Pohon buah mengkudu

Selanjutnya pesona lainnya adalah adanya pohon mengkudu yang tumbuh subur di area tersebut. Pohon mengkudu ini juga memiliki cerita mitos yang diyakini berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Ada juga yang meyakini jika berikhtiar memakan buah mengkudu dari pohon ini bisa segera diberi keturunan oleh Sang Pencipta.

  • Fasilitas yang disediakan

Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap jadi Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung atau berziarah ke tempat ini. Berbagai fasilitas seperti area parkir yang luas, mushola, tempat makan, dan toilet bisa Anda dapatkan di sini. Mushola yang ada di sini juga menyediakan peralatan sholat yang lengkap seperti sarung, sajadah, mukena dan Al-Qur’an.

Jadi jika Anda tidak membawanya tidak perlu khawatir, namun di masa pandemi ini disarankan bagi Anda untuk membawa peralatan sholat sendiri.

Pada area tempat makan yang ada di sini menyediakan menu kuliner khas Jawa Timur yang wajib Anda coba. Nasi Krawu khas Gresik juga hadir di sini dan menjadi menu andalan yang wajib dicoba, tidak ketinggalan di sini juga tersedia berbagai oleh-oleh menarik yang bisa Anda beli.

Itulah beberapa informasi tentang makam sunan giri sebelum pergi ke sana Anda bisa mengetahui informasi ini terlebih dahulu.

Leave a Comment