Eksplorasi Keindahan Pantai Banyu Meneng: Tempat Wisata Terbaik di Jawa Timur

Rafli Asvandiari
Written By Rafli Asvandiari
Hai! Saya telah menghabiskan lebih dari satu tahun pengalaman freelance, mengkhususkan diri dalam media sosial atau tuntutan digital seperti manajer konten, konten & copywriter, dan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membentuk kehadiran digital atau media sosial Anda.

Jika kamu sedang mencari tempat wisata yang indah dan menyegarkan, pantai Banyu Meneng adalah pilihan yang tepat. Pantai ini terletak di kota Banyuwangi, Jawa Timur, dan merupakan salah satu pantai terbaik di Jawa Timur.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, sehingga kamu akan merasa seperti sedang berada di surga. Di pantai ini, kamu bisa melihat matahari terbenam yang indah dan mengagumkan.

Pantai Banyu Meneng– Wisata pantai di Indonesia memiliki pesona yang tidak ada habisnya. Sebagai sebuah negara maritim yang terdiri atas ribuan pulau tentunya Indonesia mempunyai sangat banyak wilayah pantai yang dapat dikunjungi. Salah satu wilayah yang memiliki deretan pantai yang eksotis adalah wilayah pantai selatan Jawa.

Kabupaten Malang di Jawa Timur sering dijadikan sebagai tujuan para wisatawan, mulai dari wisata pegunungan hingga pantai. Pantai Banyu Meneng merupakan salah satu ikon wisata pantai di Kabupaten ini.

Mengenal Pantai Banyu Meneng

Nama Banyu Meneng sendiri berarti air tenang yang menunjukkan bahwa pantai ini memiliki ombak yang kecil dan tenang. Kondisi air yang tenang ini disebabkan karena pantai ini berada pada lokasi lengkungan dari bukit karang yang memanjang, sehingga menghalangi ombak pantai selatan. Wilayah pantai ini selayaknya kolam renang yang nyaman untuk dinikmati.

Banyu Meneng sendiri masih satu kawasan dengan Pantai Kondang Merak dan hanya di batasi oleh bukit batu karang. Untuk menikmati keindahan dua pantai ini, Anda cukup berjalan kaki menyusuri garis pantai.

Daya Tarik dari Pantai Banyu Meneng

Dengan ombak yang kecil dan cenderung tenang ini, Anda dapat menikmati banyak keseruan dalam mengeksplor wilayah Pantai Banyu Meneng. Berikut ini merupakan ragam aktivitas yang dapat dilakukan dan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

1. Bermain pelampung

Area dengan air yang tenang cukup luas, sehingga memungkinkan wisatawan untuk bermain air hingga sejauh 60 meter, dengan kedalaman air kurang lebih 1,5 meter. Banyak cara untuk menikmati spot ini, misalnya dengan bersantai di atas pelampung sembari menikmati hangatnya dinar matahari.

2. Snorkling

Kondisi air yang jernih, serta pemandangan bawah laut yang masih ditumbuhi terumbu karang membuat Anda harus mencoba aktivitas air yang satu ini. kondisi air yang tenang memudahkan Anda untuk berenang santai sembari menikmati pemandangan indah bawah air.

3. Bermain pasir

Mengunjungi pantai tentunya tidak lengkap jika tidak bermain pasir selain pesona bawah lautnya yang indah, pantai ini juga memiliki hamparan pasir yang bersih dan cocok untuk dijadikan area bermain anak.

4. Camping

Sebagai sarana penghilang penat, banyak wisatawan yang mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini. bagi wisatawan yang ingin berkemah di pinggir Pantai Banyu Meneng, pengelola tidak menarik uang tambahan alias gratis.

5. Spot Foto

Kawasan pantai yang cukup hijau dengan hamparan pasir yang bersih serta gugusan karang yang indah membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan area hunting foto. Beragam foto dengan background alami bisa Anda dapatkan di tempat ini.

6. Memancing

Ekosistem laut yang terjaga membuat pantai ini ditempati berbagai jenis ikan. Beberapa diantaranya dapat dijadikan sebagai ikan konsumsi. Memancing menjadi salah satu aktivitas menangkap ikan yang tidak merusak ekosistem, selain itu memancing juga dapat menjadi aktivitas melepas penat yang sangat efektif.

Tiket Masuk Pantai Banyu Meneng

Untuk menikmati pantai yang indah ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Biaya yang harus dibayarkan hanya Rp.15.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Biaya lain yang haus dibayarkan adalah biaya parkir, yaitu Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 untuk mobil.

Lokasi Pantai Banyu Meneng

Pantai ini cukup mudah dijangkau karena berada satu garis pantai dengan Pantai Kondang Merak. Anda dapat mengetahui rute menuju pantai ini dengan menggunakan maps degan tujuan Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Fasilitas Pantai Banyu Meneng

Agar pengunjung nyaman dalam berwisata di area Pantai Banyu Meneng pihak pengelola tentunya menyiapkan berbagai fasilitas pendukung seperti :

1. Warung makan dan minuman

2. Toilet dan Kamar Mandi

3. Penyewaan perlengkapan Snorkling

4. Penyewaan Pelampung

5. Area Parkir luas

Selain fasilitas diatas, pantai Banyu Meneng juga memiliki fasilitas lain seperti penginapan. Bagi Anda yang ingin menginap di luar lokasi, terdapat penginapan yang berjarak kurang lebih 6 km dari lokasi pantai.

Rute Menuju Pantai Banyu Meneng

Rute menuju pantai ini cukup mudah, gunakanlah arah menuju pantai Balekambang. Setidaknya di perempatan Balekambang, jalanannya mulus beraspal. Anda perlu berhati-hati jika berada di kawasan jurang mayit, karena terdapat tanjakan tinggi yang menikung tajam. Walaupun demikian jalannya sudah lebar dan bagus.

Jika belum ada perbaikan, jalanan ini tergolong ekstrim, karena harus berbelok arah kanan dari perempatan Bale Kambang ke arah Kondang Merak yang berada satu komplek dengan Banyu Meneng. Hindari berkunjung pada musim penghujan, karena kondisi jalanan akan kurang bagus.

Rute menuju Balekambang dari Kota Malang dapat melalui Gonang Legi menuju Bantur atau melalui Kepajen, menuju Pagak, lalu dilanjutkan ke Bantur. Saat di Bantur, lanjutkan ke arah selatan sampai tiba di perempatan Bale Kambang.

Demikian ulasan mengenai Pantai Banyu Meneng, semoga bermanfaat.

Leave a Comment