Museum Taman Prasasti Jakarta, Berwisata Sambil Belajar Sejarah Masa Penjajahan

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Museum Taman Prasasti Jakarta – Museum Taman Prasasti merupakan salah satu cagar budaya yang masuk dalam peninggalan di masa penjajahan. Museum ini menyimpan banyak cerita sejarah dan memiliki koleksi-koleksi unik jadi sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Ada beberapa koleksi museum yang sangat menarik di sana, seperti nisan, prasasti dan juga kereta jenazah.

Museum yang satu ini bisa dikunjungi oleh masyarakat dengan mudah. Di sana juga ada sejumlah daya tarik lainnya yang cukup menarik bagi pengunjung. Seperti ini daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, rute perjalanan dan informasi lainnya sebelum Anda berkunjung ke museum satu ini.

Daya Tarik Museum Taman Prasasti

Ada sejumlah daya tarik yang dimiliki di museum satu ini sehingga Anda wajib mengunjunginya, seperti :

  • Diorama Makam khas Indonesia

Salah satu contoh daya tarik yang dimiliki di mesum tersebut adalah diorama makam khas Indonesia. Museum ini sudah berdiri sejak puluhan tahun dan memiliki koleksi berupa diorama makam dari 27 provinsi di Indonesia.

Pengunjung dapat berkeliling di sekitar Museum Taman Prasasti untuk melihat koleksi diorama makam ini dan koleksi lainnya melalui tayangan televisi yang tersedia.

  • Koleksi Batu Nisan

Di museum tersebut juga ada beberapa koleksi batu nisan yang terbuat dari logam perunggu sampai marmer. Berbagai jenis nisan ini juga memiliki nilai yang tinggi dan hanya dipasang untuk makan-makan dari keluarga berada saja.

Apabila diperhatikan, nisan yang ada di area luar dan dalam museum mempunyai perbedaan yang mencolok, khususnya dari ukurannya. Nisan di area dalam memiliki ukuran kecil dan normal, sedangkan nisan di area luar memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

  • Kereta Jenazah

Di sana juga ada kereta jenazah yang dahulunya sering digunakan oleh pemerintah Belanda untuk mengantarkan jenazah orang penting ke pemakaman. Ada hal yang unik dari kereta jenazah yang satu ini, yaitu terbuat dari kombinasi aluminium dan besi. Perpaduan antara 2 jenis logam berbeda ini membuat kereta jenazah tidak mudah rusak.

  • Night at The Museum

Nah, daya tarik lainnya yang terdapat di museum satu ini adalah adanya aktivitas Night at The Museum yang merupakan gagasan dari suatu komunitas dimana kegiatannya adalah berkeliling museum di malam hari.

Hal menarik dari kegiatan satu ini adalah pengunjung hanya dibekali dengan senter saja untuk berkeliling di area museum. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya setiap peserta dapat fokus mendengarkan penjelasan yang diberikan mengenai sejarah tempat wisata ini di Jakarta.

Itu saja beberapa contoh daya tarik yang tersedia di Museum Taman Prasasti jadi bisa pengunjung lihat sambil berjalan-jalan.

Kuliner di Museum Taman Prasasti

Setelah pengunjung merasa lelah berjalan-jalan di sekitar museum tersebut bisa menikmati makanan khas Jakarta yang disajikan di tempat makan yang tersedia. Pengunjung bisa mendapatkan makanan dengan harga murah dan lezat di sana. Berwisata ke museum memang sangat cocok bersama keluarga dan jangan khawatir dengan fasilitas yang telah disediakan karena cukup memadai.

Fasilitas di Museum Taman Prasasti

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di museum tersebut cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas supaya pengunjung tidak bingung memarkirkan kendaraannya. Ada juga fasilitas toilet bagi pengunjung secara gratis sehingga akan lebih nyaman saat berwisata ke museum.

Di area museum ini memiliki banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengambil gambar dan dijadikan sebagai kenang-kenangan. Di area taman juga terdapat tempat istirahat yang cukup nyaman berupa gazebo untuk pengunjung dan juga bangku-bangku taman.

Harga Tiket Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti menjual tiket secara langsung di loket yang sudah tersedia. Lokasinya berada di dekat pintu masuk utama dan pastikan pengunjung membawa uang cash untuk membeli tiketnya. Informasi tiket masuk ke museum ini adalah :

  • Harga tiket masuk Rp. 5.000,-
  • Parkir motor Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil Rp. 5.000,-

Dengan harga tiket masuk ke museum yang cukup terjangkau Anda bisa mendapatkan banyak wawasan baru dan sambil berwisata dengan keluarga.

Rute Perjalanan ke Museum Taman Prasasti

Lokasi museum tersebut berada di Jalan Tanah Abang No. 1, Gambir, Jakarta Pusat. Pengunjung bisa ke lokasi tersebut dengan mudah menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jarak dari Jalan Tanah Abang menuju ke lokasi museum sekitar 92 meter.

Rute perjalanan sampai ke museum mulai dari arah Jl Petojo Enclek Xiv, 39d dengan menempuh jarak kurang lebih 374 meter. Perjalanan menuju ke lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja selama kurang lebih 5 hingga 10 menit sambil berjalan-jalan.

Jam Buka Museum Taman Prasasti

Jam buka museum tersebut adalah mulai pagi jam 09:00 sampai jam 15:00 wib. Museum ini dibuka mulai dari hari Selasa sampai Minggu.

Demikian semua informasi mengenai daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, rute perjalanan dan lainnya di Museum Taman Prasasti.

Leave a Comment