Pantai Goa Cemara, Pantai Keren Dengan Hutan Cemara Yang Rindang

Aurelia Liana
Written By Aurelia Liana
Ahli Strategi Digital yang berpengalaman dengan sejarah yang ditunjukkan dalam bekerja di layanan digital dan industri kreatif. Terampil dalam Strategi Digital Kreatif, Copywriting, Periklanan, dan E-commerce. Profesional pemasaran yang kuat dengan gelar Sarjana yang berfokus pada Komunikasi Massa / Studi Media dari The London School of Public Relation.

Pantai Goa Cemara – Cari wisata pantai di Yogyakarta selain Parangtritis? Anda bisa menuju Kabupaten Bantul dengan Pantai Goa Cemara yang tidak kalah keren. Bisa diketahui dari namanya, tempat wisata pantai ini menyuguhkan pemandangan hutan cemara yang rindang.

Kawasan pantai yang cukup luas dengan pasir hitam yang banyak digunakan wisatawan untuk bermain. Keindahan sunset di sini tidak kalah dengan pantai-pantai populer lain di Yogyakarta. Wisatawan bahkan bisa camping di sekitar pantai.

Daya Tarik Pantai Goa Cemara

Ada apalagi yang ditawarkan pantai dengan hutan cemara ini? Penasaran? Yuk, simak dulu ulasannya di artikel berikut.

  • Pemandangan pantai dan pohon cemara udang

Keelokan alam pantainya menjadi daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan dari berbagai daerah ingin mengunjunginya. Pemandangan laut biru dengan ombak pantai yang menyuguhkan pertunjukan harmonis dapat Anda nikmati.

Semakin indah dengan hutan cemara yang menghiasi kawasan pantai. Pohon cemara yang ada di sini adalah jenis cemara udang yang sudah cukup rindang. Jadi wisatawan juga bisa berteduh di bawah pohon sambil menikmati pemandangan pantai.

  • Sunset

Pesona keindahan Pantai Goa Cemara akan semakin memukau saat sore hari. Pemandangan sunset atau matahari terbenam menjadi pertunjukan alam yang banyak ditunggu oleh wisatawan. Kawasan pantai yang cukup luas memberi ruang lebih banyak untuk wisatawan menikmati pemandangan sunset dengan lebih leluasa.

  • Mercusuar

Pemandangan yang cukup unik dari pantai ini adalah keberadaan mercusuar setinggi 40 meter. Jika Anda berani, Anda bisa naik ke atas bangunan mercusuar untuk menikmati pemandangan pantai dan laut dari ketinggian. Keberadaan mercusuar ini juga kerap kali dimanfaatkan oleh fotografer untuk memotret panorama laut dari sudut yang berbeda.

  • Kirab budaya

Di kawasan pantai ini juga menjadi lokasi kirab budaya labuhan yang biasanya diadakan pada tanggal 1 Muharam. Ritual tahunan ini pun cukup menarik wisatawan dengan arak-arakan tumpeng, sayur mayur, dan aneka hasil bumi lainnya.

Daya tarik lainnya adalah adanya area camping di sekitar pantai. Karakteristik pantai yang lebih keras dan pasir yang lebih rata membuat kawasan pantai ini cocok untuk kegiatan berkemah. Anda tidak perlu khawatir karena area camping ini jaraknya cukup aman dari bibir pantai.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Goa Cemara

Destinasi wisata pantai ini berada di Dusun Patihan, Gading Sari, Kecamatan Sanden. Berada tidak jauh dari Pantai Samas dan Pantai Pandansari. Jika Anda datang dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan ke Pantai Goa Cemara sekitar 1 jam dengan menggunakan rute ke arah Bantul.

Melewati ISI dan Pasar Gabusan kemudian lanjut ke Kota Bantul hingga RSUD Panembahan Senopati. Di perempatan sekitar rumah sakit tersebut ambil arah ke selatan menuju Palbapang. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan papan penunjuk arah Pantai Samas.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Tarif masuk pengunjung pantai ini sangat murah hanya Rp 5.000. Tiket masuk tersebut berlaku untuk parkir sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Wisata Kuliner di Pantai Goa Cemara

Bagi Anda yang ingin mencoba wisata kuliner di pantai ini bisa mampir ke warung-warung yang ada di sekitar pantai. Ada banyak pilihan menu lezat yang bisa Anda coba seperti ikan bakar, cumi bakar, udang bakar, tumis sayur, soup, tempe tahu, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin makanan yang tidak terlalu mengenyangkan, bisa mencoba jajanan yang banyak dijual di sekitar kawasan hutan cemara. Jajanan enak yang bisa dicoba antara lain batagor, cilok, bakso tusuk, cimol, dan lain-lain. Biasanya saat akhir pekan atau hari libur akan lebih banyak penjual yang khas dengan gerobak sepeda motornya ini.

Jam Operasional Wisata Pantai Goa Cemara

Seperti kebanyakan tempat wisata pantai, destinasi wisata di Bantul ini juga buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa mengunjungi Pantai Goa Cemara kapan saja. Namun untuk akhir pekan atau saat musim liburan biasanya akan lebih ramai oleh wisatawan yang datang ke pantai ini.

Fasilitas Pantai Goa Cemara

Tempat wisata pantai di Bantul ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Salah satunya adalah area parkir pengunjung yang luas. Anda bisa parkir di beberapa lokasi yang tersebar di sekitar pantai.

Fasilitas pendukung lainnya meliputi toilet, tempat ibadah, dan pendopo. Setelah bermain air, wisatawan dapat membilas bisa di kamar mandi atau toilet yang cukup banyak di pantai ini. Jika ingin sholat, musala sudah menyediakan mukena, sarung, dan sajadah yang bisa digunakan.

Soal fasilitas warung makan juga tidak perlu khawatir. Ada banyak warung yang menyajikan aneka menu lezat di sepanjang kawasan pantai. Kebanyakan warung makan di sini menyediakan hidangan utama berupa olahan seafood.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Pantai Goa Cemara yang bisa menjadi referensi untuk liburan Anda bersama keluarga. Tentunya Anda bisa menikmati hidden gem di Bantul ini saat libur tiba untuk mengisi waktu luang atau sekadar refreshing.

Leave a Comment