Pantai Kartini Jepara dan Keeksotisan Alamnya

Rafli Asvandiari
Written By Rafli Asvandiari
Hai! Saya telah menghabiskan lebih dari satu tahun pengalaman freelance, mengkhususkan diri dalam media sosial atau tuntutan digital seperti manajer konten, konten & copywriter, dan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membentuk kehadiran digital atau media sosial Anda.

Berbicara tentang objek wisata di Kota Jepara mengingatkan kita pada sosok pahlawan wanita yang berasal dari kota Jepara yang bernama Kartini. Oleh itulah pantai yang ada di Kota Jepara disebut sebagai Pantai Kartini Jepara. Selain itu, pantai ini merupakan pantai pahlawan wanita yang bernama Kartini menghabiskan masa kecilnya, sehingga tidak heran jika namanya di ganti Kartini.

Lokasi Wisata Pantai Kartini Jepara

Sebelum kita berkunjung ke Pantai Kartini Jepara, maka alangkah baiknya jika kita mengetahui lokasinya dengan jelas untuk meminimalisir adanya kesalahan. Adapun lokasi dari pantai Kartini berada di Kawasan Bulu, pesisir dari Kota Jepara.

Lokasi dari wisata ini terbilang cukup strategis karena berada pada jalur yang banyak dilewati kendaraan, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk bisa sampai ke lokasi kita hanya perlu menempuh jarak 2 sampai dengan 3 km jika dari kantor Bupati Jepara. Sangat terjangkau bukan?

Rute Menuju Wisata Pantai Kartini Jepara

Selain mengetahui lokasi, kita juga perlu mengetahui sedikitnya rute menuju objek wisata agar tidak tersesat. Untuk bisa sampai ke objek wisata, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum, bisa dengan mobil ataupun motor. Sebagian besar jalan yang perlu kita lalui juga cukup mulus sehingga kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Pantai Kartini Jepara photo
Pantai Kartini Jepara photo

Apabila kita berangkat dari pusat Kota Jepara maka ambil arah barat sekitar kurang lebih 3 km, sedangkan apabila kita perjalanan dari Kota Semarang maka kita akan menempuh waktu perjalanan selama 2 jam. Apabila masih merasa bingung, kita bisa dengan mudah membuka Google maps untuk menemukan rute tercepat yang bisa dilalui.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

Agar anggaran tidak membengkak, maka kita bisa membuat daftar pengeluaran, oleh karena itu kita perlu mengetahui tiket masuk menuju Pantai Kartini Jepara. Adapun untuk harga tiket masuknya dibedakan antara hari biasa dan akhir pekan. Untuk hari biasa, harga tiket masuk dibanderol dengan harga Rp. 5000, sedangkan untuk harga di hari libur atau akhir pekan biasanya dibanderol dengan harga Rp. 7500.

Tiket masuk diatas belum termasuk dengan tiket untuk memasuki beberapa wahana seperti Kura-kura Ocean Park. Adapun untuk bisa masuk ke Kura-kura Ocean Park kita perlu membeli tiket lagi sebesar Rp. 12.500 untuk hari biasa, sedangkan untuk hari libur tiket dibanderol dengan harga Rp. 17.500, sementara untuk memarkir kan kendaraan kita juga perlu membayarnya lagi sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Jam Operasional Objek Wisata Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini memiliki jam operasional yaitu dari jam 08.00 sampai dengan 18.00 WIB. Untuk bisa menikmati pesona dari pantai ini kita bisa mengunjunginya di pagi hari, sehingga waktu menikmati keindahan pantai Kartini bisa berlangsung cukup lama dan maksimal.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini merupakan pantai yang sudah memiliki fasilitas yang memadai. Adapun beberapa fasilitas yang disediakan oleh pantai ini, diantaranya ialah :

  • Area parkiran yang luas sehingga tidak perlu berdesakan
  • Tempat ibadah yang nyaman
  • Wahana bermain untuk anak-anak, sehingga sangat bagus untuk dikunjungi bersama keluarga.
  • Taman
  • Gazebo
  • Tempat makan, sehingga kita bisa menyantap kuliner laut yang khas berupa seafood
  • Restoran
  • Pusat oleh-oleh.

Wahana Menarik dan Daya Tarik Dari Pantai Kartini Jepara

Selain memiliki fasilitas yang cukup lengkap, Pantai Kartini Jepara juga memiliki wahana yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Adapun beberapa wahana yang tersedia, ialah :

  • Spot foto

Ada spot foto yang sangat terkenal di pantai ini, yaitu spot foto dengan background sebuah patung kura-kura yang sangat besar sehingga menjadikan sebuah potret yang menakjubkan. Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga kita bisa mengambil foto di tepian pantai dengan background laut yang indah dan mempesona.

  • Kura-kura ocean park

Selain sebagai spot berfoto paling digemari, kura-kura park juga dijadikan sebagai wahana edukasi, dimana kita bisa melihat akuarium yang berisikan berbagai jenis ikan dan sejenisnya.

  • Wahana permainan

Selain wahana edukasi, disini juga terdapat wahana bermain seperti catur raksasa, tugu Kartini, panggung hiburan, kereta mini serta berbagai wahana bermain seru lainnya. Sehingga ketika kita perlu khawatir ketika membawa anak karena banyak permainan yang seru.

Bagi yang berdomisili sekitar Jepara agar tidak penasaran maka disarankan untuk mengunjunginya agar dapat menikmati keindahan dari Pantai Kartini Jepara.

Semoga dengan artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi yang sedang bingung menentukan destinasi wisata yang ada di sekitar Kota Jepara maka pantai Kartini bisa dijadikan sebagai solusi yang bagus. Selamat berlibur!

Leave a Comment