Pantai Siung dan Pesona Keindahan Alamnya

Dina Lathifa
Written By Dina Lathifa
Seorang penulis yang bersemangat. Orang yang fleksibel, dinamis, dan berpikir kritis. Dengan pengalaman lebih dari enam tahun, saya dapat menulis artikel tentang berbagai tema yang ramah SEO dan sesuai dengan tujuan pemasaran. Selain itu, saya juga dapat menyediakan teks salinan untuk situs web dan buletin, untuk berbagai tujuan dan sasaran.

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang banyak memiliki pantai yang indah dengan panorama yang khas dan menyejukkan. Salah satu pantai yang terkenal di Jogja khususnya Gunung kidul ialah Pantai Siung. Pantai ini sangat indah karena memiliki hamparan pasir berwarna putih dan luas serta terdapat beberapa tanaman pandan yang menjadi ciri khas serta daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi pantai tersebut.

Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung ini masuk ke dalam daftar pantai bagus yang strategis dan mudah untuk dijangkau. Adapun lokasi pantai berada di DIY, Gunung kidul, Tepus, Purwodadi, Desa Duwet. Untuk mengunjungi pantai ini kita tidak perlu memasuki jalanan kecil yang terjal karena pantai ini memiliki akses yang bagus.

Pantai Siung Photo
Pantai Siung Photo

Rute Menuju Pantai Siung

Untuk menuju pantai ini tidak terlalu sulit seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adapun untuk rute perjalanannya jika kita berada di pusat 0 km Jogjakarta maka kita mengambil arah ke timur lewat Jl. Panembahan Senopati lalu lurus terus sampai melewati Jalan Raya Jogja lalu lurus hingga Jalan Kusumanegara. Kemudian, sampailah Anda di perempatan lalu pilih arah selatan lewat Jl. Gedong Kuning. Kemudian masuk ke Jalan Wonosari sampai Jalan Kyai Legi, lalu melewati Jalan terpus, jalan Pantai Selatan Jawa maka dengan mengikuti jalan tersebut kita akan sampai di objek wisata pantai Siung.

Jarak yang perlu kita tempuh apabila dari kota Jogjakarta cukup jauh yaitu mencapai 72.1 km, apabila kita mengunjungi nya menggunakan kendaraan bermotor maka kita perlu membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih 5 menitan.

Harga Tiket Masuk Pantai

Harga yang dibanderol untuk bisa masuk ke objek wisata ini masih standar yang mana kita dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000, biaya tersebut juga termasuk pada biaya retribusi dua pantai yaitu pantai Ngamblor dan pantai Jogan. Akan tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya parkir yang mana untuk kendaraan roda dua perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000, untuk mobil Rp. 5000, sedangkan untuk bus dikenakan biaya parkir sebesar Rp.10.000.

Fasilitas yang Disediakan Pantai Siung

Pantai ini sudah termasuk bagus karena sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai sehingga membuat para pengunjung merasakan kenyamanan. Adapun beberapa fasilitas yang disediakan seperti :

  1. Rumah makan, biasanya tersedia berbagai menu seperti seafood dan lain sebagainya.
  2. Kamar mandi, bisa digunakan MCK
  3. Area parkiran yang luas
  4. Mushola, sehingga kita tidak akan bingung ketika hendak sholat
  5. Pendopo, untuk beristirahat sejenak sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Penyewaan penginapan, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Pesona dan Daya Tarik dari Pantai Siung

Pantai ini selain menawarkan keindahan alam dan laut yang luar biasa, pantai ini juga terletak diantara pegunungan dan batuan besar, sehingga terkenal dengan aktivitasnya yang biasa digunakan untuk panjat tebing, banyak wisatawan yang berkunjung selain menikmati alamnya juga menikmati sensasi dari panjat tebing nya. Adapun beberapa daya tarik dari Pantai Siung diantaranya ialah :

  • Memiliki pasir yang putih bersih

Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih sehingga sangat bagus untuk bermain bersama keluarga, pantai yang putih memberikan kesan yang mewah sehingga siapa saja yang mengunjunginya akan menikmati sensasi yang berbeda dari lainnya.

  • Bisa untuk berenang

Pantai ini juga aman digunakan untuk berenang karena memiliki karang yang datar di sepanjang pantai yang mana kedalaman air di tepian pantai hanya mencapai satu meter, sehingga aman digunakan untuk sekedar berenang di tepian pantai.

  • Terdapat bebatuan yang unik

Di pantai ini juga terdapat bebatuan yang memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk runcing dan juga tajam, selain itu ada juga beberapa batu besar yang mana bentuknya hampir menyerupai gigi kera atau siung wanara, oleh sebab itu pantai ini di sebut dengan siung.

  • Camping ground

Selain untuk bermain, hamparan pasir putih di tepian laut juga bisa digunakan untuk camping, biasanya para pecinta alam memanfaatkan keindahan laut dan pasirnya dengan berkemah. Akan tetapi kita dituntut untuk menjaga kebersihan pantai serta membayar tiket yang dibandrol dengan harga Rp. 10.000.

Apakah kalian berminat mengunjungi pantai yang ada di Jogjakarta? Jika berminat maka kami menyarankan untuk mencoba mengunjungi Pantai Siung yang memiliki panorama laut yang begitu indah dan menakjubkan.

Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi pecinta alam yang ingin menelusuri berbagai pantai yang ada di Daerah Jogjakarta. Pantai ini tidak boleh untuk dilewatkan, kita juga bisa mengajak keluarga tercinta me refresh fikiran kita dari segala macam penat kehidupan. Selamat mencoba dan selamat berlibur guys!

Leave a Comment