Pantai Sundak merupakan salah satu wisata pantai putih yang lokasinya berada di Tepus, Gunung Kidul. Meskipun pantai satu ini belum cukup terkenal dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta namun wajib Anda kunjungi. Pantai ini juga memiliki keindahan alam yang tidak jauh berbeda dengan pantai yang lainnya.

Daya tarik yang dimiliki juga cukup banyak sehingga tidak heran mulai banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari luar Kota Jogja. Asal usul nama pantainya juga unik karena diambil dari sebuah kisah perkelahian anjing dan landak sehingga menghasilkan dinamakan Sundak. Simak sejumlah daya tarik, kuliner, fasilitas dan lainnya yang ada di pantai ini.

Daya Tarik Pantai Sundak

Jenis-jenis daya tarik paling menarik dan unik yang dimiliki pantai satu ini adalah :

  • Spot foto bagus

Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah adanya spot foto bagus sehingga wisatawan dapat mengabadikan momen saat liburan ke pantai. Keindahan pemandangan pantainya dapat dinikmati dan diabadikan dengan kamera hp atau kamera sehingga wisatawan dapat membagikannya di akun sosial media.

Pastinya banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk mengambil gambar karena pemandangannya indah. Terlebih lagi suasana di sekitar pantai ini cukup sepi sehingga wisatawan lebih leluasa untuk berpose dan menikmati waktu liburannya di pantai.

Pantai Sundak Batu karang
Pantai Sundak Batu karang
  • Goa Air Tawar

Di sekitar Pantai Sundak juga terdapat goa yang bernama Goa Air Tawar dan goa satu ini yang menjadi tempat dimana kisah asal-usul nama pantai ini. Lokasi goanya ada di tepi pantai dan memiliki tinggi sekitar 2 meter.

Di dalam goa ini terdapat sumur air tawar yang sangat segar. Keberadaan sumur ini terbilang cukup aneh karena lokasinya berada di pinggir pantai. Sumur air tawar ini juga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar dan dijadikan media mengalirkan air ke sejumlah rumah penduduk yang ada di sekitarnya.

  • Pemandangan pantai indah

Tidak ragu lagi keindahan pantainya sehingga banyak wisatawan yang mulai tahu keberadaan pantai yang satu ini. Apalagi sudah ada gazebo di pinggiran pantai sehingga bisa digunakan untuk beristirahat sambil memandang keindahan pantainya.

Namun sayangnya, wisatawan dihimbau untuk tidak berenang di sekitar pantai karena perairan di sana memiliki batu karang yang cukup tajam sehingga membahayakan keselamatan pengunjungnya.

  • Snorkeling

Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan alam bawah lautnya bisa melakukan snorkeling. Di pantai ini bisa snorkeling dan juga ada tempat penyewaan alat snorkeling secara lengkap. Wisatawan tinggal menyewa peralatan yang tersedia untuk menikmati keindahan biota-biota bawah lautnya dengan mudah.

Seperti itu daya tarik yang dimiliki di pantai satu ini sehingga wisatawan lokal atau luar dari Jogja dapat berkunjung ke sana.

Kuliner di Pantai Sundak

Berbicara soal kuliner, biasanya di sekitar Pantai Sundak khas dengan seafoodnya. Ada sejumlah warung makan khas seafood yang ada di sekitar pantai ini. Wisatawan bisa menikmati olahan makanan laut yang masih segar karena hasil tangkapan dari nelayan sekitar.

Tidak ketinggalan juga dengan makanan khas Jogja yang banyak dijual di sana. Wisatawan tinggal mencari salah satu warung makan yang cukup populer dan menyajikan makanan-makanan yang lezat.

Fasilitas di Pantai Sundak

Ada sejumlah fasilitas yang tersedia di lokasi pantainya dan contohnya adalah area parkir yang cukup luas untuk sepeda motor, mobil, minibus serta bus pariwisata. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat fasilitas gazebo, tempat penyewaan alat snorkeling, kamar mandi dan yang lainnya.

Wisatawan tidak perlu cemas jika berkunjung ke pantai satu ini karena sudah menyediakan beberapa fasilitas umum yang memadai. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling dapat menyewa alat-alatnya dengan mudah dan pastinya dengan harga masih terjangkau.

Harga Tiket Pantai Sundak

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Sundak cukup murah dan terjangkau, yaitu :

  • Harga tiket masuk Rp. 5.000,-
  • Parkir kendaraan roda 2 Rp. 2.000,-
  • Parkir kendaraan roda 4Rp. 5.000,-
  • Sewa gazebo Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,-

Rute Perjalanan ke Pantai Sundak

Alamatnya berada di Desa Sidoharjo, Kec, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute perjalanan menuju ke pantainya bisa mulai ke jalur yang mengarah ke Kota Wonosari atau Gunung Kidul. Sesampainya di pusat Kota Wonosari akan menemukan banyak papan petunjuk ke beberapa tempat wisata yang ada di Gunung Kidul.

Jam Buka Pantai Sundak

Jam buka atau operasionalnya adalah selama 24 jam dari hari Senin sampai Minggu. Wisatawan dapat berkunjung ke sana saat liburan atau hari kerja untuk menikmati keindahan pantainya. Pastikan semua wisatawan yang datang ke pantai ini untuk selalu menjaga kebersihan sehingga tetap indah dan nyaman.

Demikian informasi mengenai daya tarik, kuliner, fasilitas, harga tiket masuk dan lainnya ke Pantai Sundak yang bisa Anda peroleh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *