Pantai Tanjung Kait, Keindahan Pantai Tangerang yang Menakjubkan

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Pantai Tanjung Kait – Kota Tangerang, sebagai salah satu kota yang berdekatan dengan Ibukota Jakarta dan dikenal sebagai kota industri, ternyata menyimpan banyak pesona destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Deretan pantai yang ada di Tangerang menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagian masyarakat di luar wilayah Jabodetabek mungkin masih belum banyak mengetahui tentang pantai yang satu ini. Salah satu dari deretan destinasi wisata pantai yang ada di Tangerang, adalah Pantai Tanjung Kait.

Pantai yang menyajikan keindahan panorama pesisir laut dengan pemandangan pohon kelapa yang hijau, ditambah pemandangan perahu – perahu nelayan di bibir pantai menjadi keunikan sendiri untuk destinasi wisata Anda sebagai pelepas penat atau untuk berlibur sejenak.

Pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset yang tenggelam yang memantulkan cahaya jingga di antara luasnya lautan ditambah siluet dari perahu nelayan di sekitar bibir pantai yang memberikan pemandangan menakjubkan yang bisa Anda nikmati saat berada di pantai ini.

Di pantai yang menyajikan suasana pantai nelayan ini, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menuju ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu atau untuk sekedar berkeliling mengitari pantai. Dengan sajian panorama pesisir laut dengan air kebiruan yang indah ditambah dengan panorama pepohonan kelapa yang hijau menjadikan pantai ini destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur bersama anggota keluarga, rekan, atau sahabat.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tanjung Kait

Sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang letaknya tidak jauh dari Ibukota Jakarta, Pantai Tanjung Kait ini berada di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Jawa Barat. Lokasi dari pantai ini sendiri sekitar 29 kilometer dari pusat kota Tangerang dan sekitar kurang lebih 52 kilometer dari Jakarta.

Untuk dapat sampai di lokasi pantai yang ada di pesisir Banten ini, Anda bisa memanfaatkan tol dalam kota yang membuat Anda terhindar dari kemacetan dan akan lebih mempersingkat waktu perjalanan.

Sementara bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini dari arah Jakarta, ada dua rute yang bisa dilalui, yaitu melalui tol bandara dan keluar melalui tol dadap kemudian masuk ke Jalan Raya Salembaran – Jalan Raya Kalibaru, jalan tanjung anom, hingga melewati Gerbang Kelenteng Tjoe Soe Kong dan sampai di lokasi pantai.

Rute kedua yaitu melalui jalan Daan Mogot ke arah kanan menuju Penjara Anak Tangerang kemudian menuju jalan jembatan pintu sepuluh dan menyeberang setelah itu ambil arah kanan jalan Sangengo Raya, jalan raya masuk, sampai ke jalan desa Sukawati, dan akhirnya tiba di lokasi pantai.

Jika Anda berasal dari luar wilayah Jabodetabek, Anda bisa menggunakan bus dari terminal Mauk menuju ke Tanjung Anom dan melanjutkan dengan kendaraan umum lain menuju ke pantai.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Tanjung Kait

Destinasi wisata Pantai Tanjung Kait ini dibuka selama 24 jam penuh dan tidak dikenakan tarif tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan panorama pesisir laut dengan siluet perahu nelayan di bibir pantai.

Fasilitas di Pantai Tanjung Kait

Fasilitas yang dapat Anda temui dan nikmati yang ada di sekitar obyek wisata pantai ini, antara lain:

  • Wisata perahu mengitari pantai dengan menyewa salah satu perahu nelayan
  • Toilet
  • Gazebo untuk bersantai
  • Spot foto yang menarik
  • Warung atau kedai makan yang menyajikan menu seafood yang bisa Anda nikmati sembari menikmati waktu bersantai ditemani keindahan pemandangan pesisir pantai

Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait sebagai destinasi pantai yang cocok untuk dijadikan tujuan saat akhir pekan atau liburan, memiliki daya tarik, diantaranya:

  • Menikmati sunset

Suasana langit jingga yang terpantul di antara luasnya lautan dengan siluet perahu nelayan di bibir pantai menjadi sebuah pemandangan menakjubkan yang bisa Anda nikmati dari pantai ini.

  • Menyantap makanan di rumah makan panggung

Salah satu yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah adanya rumah panggung yang bisa Anda manfaatkan untuk menyantap bekal makanan yang Anda bawa atau Anda juga bisa membeli makanan yang ada di sekitar pantai dan menyantapnya di rumah panggung sembari menikmati keindahan suasana pantai.

  • Spot memancing

Di pantai ini, terdapat beberapa spot yang cocok untuk memancing ikan. Setelah memancing, Anda juga bisa melakukan bakar – bakaran ikan hasil tangkapan saat memancing.

  • Wisata perahu

Perahu nelayan yang ada di bibir pantai bisa Anda sewa untuk berwisata mengitari pantai atau menyeberang menuju pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

Itulah pembahasan mengenai pesona keindahan Pantai Tanjung Kait dengan panorama pemandangan sunset yang menakjubkan dengan siluet perahu nelayan yang ada di bibir pantai.

Leave a Comment