Pantai Wohkudu, Hidden Wonder dari Gunungkidul

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Pantai Wohkudu – Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis. Wilayah ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan bagi masyarakat Yogyakarta atau dari wilayah lain yang ingin menikmati liburan atau sekedar jalan-jalan. Gunungkidul memiliki banyak pilihan destinasi wisata pantainya, mulai dari pantai yang masih alami sampai pantai yang banyak diketahui oleh wisatawan.

Deretan pantai di Gunungkidul antara lain pantai Indrayanti, pantai Siung, pantai Sadranan dan salah satu pantai yang banyak belum dikenal adalah pantai Wohkudu. Belakangan ini nama Wohkudu banyak menjadi tujuan para wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah bahkan sampai mancanegara.

Sekilas Mengenai Pantai Wohkudu

Wohkudu menjadi salah satu nama pantai yang sedang banyak dibicarakan meskipun namanya belum seramai Indrayanti, Baron maupun Wediombo. Pantai ini dapat dijadikan alternatif untuk Anda yang menginginkan suasana pantai yang masih alami dan asri. Pantai berpasir putih ini berada di Dusun Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai yang memiliki ciri khas diapit oleh tebing yang indah ini dapat ditempuh melalui perjalanan selama 1,5 sampai 2 jam dari pusat kota Yogya. Pantai Wohkudu berdekatan dengan pantai Kesirat. Bagi Anda yang ingin sekaligus menjelajah beberapa pantai di wilayah ini, Wohkudu merupakan destinasi yang tepat.

Pantai yang masih asri ini areanya tidak begitu luas, dihiasi dengan rumput yang hijau dan tampak alami, serta butiran pasir putih yang terhampar sepanjang bibir pantai yang bersih. Bagi Anda yang menyukai ketenangan, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi mengingat wisatawan yang datang tidak terlalu ramai.

Tiket Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu dapat dijadikan sebagai wahana rekreasi yang hemat bagi masyarakat. Pengunjung yang masuk ke wilayah pantai ini hanya akan dikenakan biaya retribusi per kendaraan yang digunakan. Biaya lain yang harus dibayarkan hanya biaya parkir yang nominalnya sama seperti biaya retribusi.

Adapun biaya retribusi yang dikenakan untuk roda dua sebesar Rp 3.000 dan untuk roda empat Rp 5.000. Nominal parkir sama dengan biaya retribusi masuk. Dengan biaya super hemat tersebut Anda dapat menikmati indahnya pantai Wohkudu sekaligus mengelilingi wilayah pantai Kesirat.

Tempat ini dapat diakses kapan saja Anda inginkan, baik sekedar berlibur maupun bermalam di pantai ini.

Rute Menuju Pantai Wohkudu

Sebagai pantai yang berada disisi selatan dari Kota Yogyakarta, perjalanan menuju pantai ini memakan waktu yang lumayan lama dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Anda dapat menggunakan dua pilihan akses jalan untuk mencapai pantai ini. adapun pilihan rutenya sebagai berikut.

1. Rute Wonosari

Rute ini diawali dengan mengambil jalan Wonosari menuju Piyungan, kemudian melewati Patul, dan ketika sampai melewati lapangan terbang Gading ambillah arah kanan menuju pasar Playen – Paliyan menuju Girikarto dan sampailah di pantai Wohkudu.

2. Rute Banguntapan

Rute ini akan melewati wilayah Banguntapan menuju Imogiri – Siluk melewati Panggak menuju Girikarto dan terakhir di Wohkudu.

Dua rute tersebut merupakan rute tercepat dengan akses yang mudah dilewati. Begitu sampai di lokasi Anda harus berjalan kaki kurang lebih selama 10 menit dari tempat parkir menuju ke pantai.

Daya Tarik Pantai Wohkudu

Sebagai sebuah tempat wisata yang sedang berkembang, tentunya Wohkudu memiliki daya tarik yang dapat mengundang para wisatawan untuk datang. Berikut ini merupakan daya tarik dari pantai Wohkudu:

1. Pemandangan Indah

Pantai ini termasuk pantai yang eksotis dengan pasir putih yang bersih dan terjaga. Pantai ini diapit dua bukit yang memiliki tebing yang membuat kombinasi pemandangan antara hijau pepohonan, hamparan pasir yang putih, serta laut yang biru.

2. Spot Camping

Pantai ini memiliki banyak spot untuk dijadikan untuk mendirikan tenda. Suasana yang masih sepi dan ekosistem pantai yang masih terjaga membuat Anda dapat merasakan sensasi seolah-olah berkemah di pantai pribadi. Tentunya Anda harus membawa peralatan camping lengkap beserta perbekalan. Mengingat wilayah ini jauh dari pemukiman.

Salah satu cara menikmati keindahan pantai adalah menunggu waktu senja agar menyaksikan matahari terbenam. Jika cuaca sedang mendukung, Anda dapat menemukan sunset yang sangat eksotis di pantai Wohkudu.

Kuliner dan Fasilitas

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pantai ini memiliki jarak yang cukup jauh dari wilayah perkotaan. Beberapa fasilitas pendukung bagi para wisatawan juga masih tergolong kurang, seperti fasilitas jalan dari tempat parkir menuju bibir pantai masih tergolong rusak. Pantai ini belum memiliki warung makan dengan aneka olahan kuliner laut seperti pantai yang lain, yaitu pantai Baron maupun Wediombo, namun fasilitas mendasar seperti toilet dan musholah sudah tersedia disini.

Bagi Anda yang suka memancing pantai ini memiliki spot memancing yang bagus serta terdapat pula penyewaan alat pancingnya.

Demikian pembahasan mengenai Pantai Wohkudu yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata bagi Anda yang ingin berlibur dan menikmati suasana pantai yang alami. Jangan lupa persiapkan berbagai macam perlengkapan pribadi dan obat-obatan agar liburan Anda lebih menyenangkan. Selamat berlibur!

Leave a Comment