Semarang Zoo, Kebun Binatang Favorit Warga Semarang

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Semarang Zoo atau kebun binatang Semarang merupakan salah satu tujuan wisata favorit terutama untuk warga Semarang. Saat berkunjung kesana maka kalian dapat berinteraksi secara langsung dengan berbagai macam hewan yang ada.

Berbagai macam koleksi binatang yang bisa kalian temukan seperti ikan, burung, gajah, harimau, dan lainnya. Tidak hanya itu saja namun banyak wahana permainan seru dan menarik bisa kalian temukan dan nikmati.

Sekilas Tentang Semarang Zoo

Semarang Zoo memiliki nama lain Kebun Binatang Mangkang Semarang dikarenakan lokasinya yang berada di Mangkang Semarang. Luas kebun binatang ini sekitar 10 hektar dan tempatnya terbagi ke beberapa area.

Semarang Zoo Gerbang Bonbin
Semarang Zoo Gerbang Bonbin

Lokasi kebun binatang ini berpindah-pindah yaitu di Tegalwareng kemudian ke Tinjomoyo dan pada akhirnya ke daerah Mangkang hingga saat ini pada tahun 2007. Terdapat 281 koleksi hewan yang berasal dari 51 jenis berbeda.

Daya Tarik Semarang Zoo

Saat berkunjung ke kebun binatang Semarang terdapat banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan dan tentunya hal tersebut menjadi daya tariknya. Berikut adalah beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan.

  • Mengenal berbagai macam hewan

Ratusan koleksi yang dimilikinya membuat kebun binatang ini cocok dijadikan wisata edukasi. Terdapat beberapa mamalia besar yang berada di kandang terbuka sehingga bisa bebas kesana kemari. Beberapa koleksi mamalia tadi seperti unta, jerapah, dan gajah.

Semarang Zoo
Semarang Zoo

Terdapat Museum Satwa yang memajang berbagai macam hewan yang telah diawetkan. Rata-rata hewan yang terpasang di sana merupakan hewan mati dari kebun binatang entah karena penyakit ataupun usia.

  • Berinteraksi dengan hewan

Pada area baby zoo kalian dapat menyentuh secara langsung bunyi hewan serta berfoto bersama. Di area reptile dan juga burung kalian bisa melakukan hal serupa. Saya ingin berkeliling kawasan kebun binatang maka bisa menunggangi gajah sebagai salah satu pilihannya.

Walaupun hewan yang ada terlihat jinak namun tetap kalian harus menjaga perilaku dan jangan mengagetkan hewan karena naluri liarnya tetap ada. Sangat disarankan untuk selalu ditemani petugas ketika ingin berinteraksi dengan hewan.

  • Tersedia banyak wahana

Wahana yang tersedia sangat cocok dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa beberapa diantaranya seperti sepeda elektrik, kano, flying fox, dan lainnya. Tersedia pula waterboom mini yang ada di kebun binatang Semarang dan cocok untuk area bermain anak.

  • Tersedia offroad

Tersedia wahana baru berupa berkeliling memakai mobil Jeep tentunya sangat bisa kalian coba di Semarang Zoo. Pihak kebun binatang melakukan kerja sama dengan salah satu dari komunitas Jeep yang ada di Semarang sehingga kalian bisa merasakan serunya tour My Trip Zoo Adventure.

Melalui paket tour ini kalian akan diajak melintasi hutan jati, sungai, serta alam sekitar. Untuk rutenya meliputi Sendang Kaliancar sampai Tinjomoyo dan trek yang dilalui sangatlah menantang. Satu rombongan dapat diisi 3-4 orang untuk sekali perjalanan.

Saat mengikuti tour kalian bisa memperoleh makan siang serta tiket masuk kebun binatang. Tentunya mengelilingi kebun binatang menggunakan Jeep akan menjadi suatu pengalaman yang seru dan bisa kalian coba ketika berkunjung ke Semarang.

Kuliner Semarang Zoo

Tentunya setelah kalian puas berkeliling tersedia kantin di dalam Semarang Zoo yang menyediakan makanan dan jajanan untuk memuaskan rasa lapar kalian. Harga yang terjangkau dan tempat yang nyaman tentunya akan membuat kalian merasa nyaman.

Jika tidak ingin makan di dalam Semarang Zoo jangan khawatir karena di sekitar kebun binatang banyak warung makan dan restoran yang bisa dijadikan alternatif pilihan.

Fasilitas Semarang Zoo

Fasilitas di dalam kebun binatang tergolong lengkap dan cukup memenuhi apa yang dibutuhkan pengunjung. Adapun beberapa fasilitasnya sebagai berikut ini.

  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Tempat istirahat
  • Hotel
  • Area parkir
  • Kantin dan lainnya

Harga Tiket Semarang Zoo

Kebun binatang Semarang memiliki harga tiket yang tidak terlalu mahal dan masih terjangkau. Berikut adalah rincian biaya masuknya.

  • HTM Weekdays Rp20.000
  • HTM Weekends Rp25.000
  • HTM Hari Libur Rp35.000
  • Play Play (untuk 1x main) Rp10.000
  • Becak air Rp5.000
  • Area bermain anak Rp5.000
  • My Trip Zoo Adventure Rp450.000 (untuk 1 mobil)
  • Parkir Mobil Rp5.000
  • Parkir Motor Rp3.000

Untuk informasi diatas bisa berubah-ubah tergantung ketentuan dari pihak pengelola Semarang Zoo. Buka website resminya untuk selalu mengetahui update harga terbaru yang ada.

Rute Ke Semarang Zoo

Jika ditempuh dari kota Semarang maka memerlukan waktu 29 menit dengan jarak sekitar 25 km jika kalian melewati tol Semarang Batang. Namun jika memilih jalur pantura maka waktunya sekitar 34 menit dan jaraknya 20 km.

Jam Buka Semarang Zoo

Kebun binatang Semarang jam operasionalnya 08.00-15.00 WIB setiap harinya. Waktu yang tepat untuk berkunjung pada musim panas dan di pagi hari ketika cuaca tidak terlalu panas sehingga lebih puas berkeliling.

Leave a Comment