Taman Lembah Dewata, Pesona Bali di Bandung

Avatar of k setiawan
Taman lembah dewata
Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata adalah lokasi yang kerap dipilih menjadi tujuan liburan keluarga. Suasana yang asri, sejuk dan dilengkapi pegunungan hingga danau membuat hati terasa tenang, rasa lelah dan letih pun akan hilang.

Tujuan liburan keluarga ini dibuka tahun 2017 lalu dengan luas sekitar 25 hektar. Arti dari nama lokasi ini sendiri adalah tanah sebagai lokasi bersemayam para dewa dan dewi atau tanah parahyangan.

Daya Tarik di Taman Lembah Dewata

Lokasi wisata ini menyediakan beragam wahana dan lokasi yang menarik, mulai dari gerbang masuk berbentuk gapura Bali. Gapura ini membuat para pengunjung merasakan suasana seperti di Bali.

Taman lembah dewata bandung
Taman Lembah Dewata Bandung

Tak hanya itu, berbagai ornamen dan hiasan juga mengusung tema taman surga para dewa. Berikutnya ada pula beberapa spot menarik, antara lain:

  • Danau Buatan

Danau buatan yang ada di tengah area adalah salah satu daya tarik bagi para pengunjung untuk datang. Danau yang diisi tampungan air hujan ini langsung berhadapan dengan pepohonan dan pegunungan.

Danau buatan dengan luas 5 hektar di Taman Lembah Dewata ini menyajikan panorama yang memanjakan mata serta langsung dengan pulau-pulau kecil yang diberi jembatan.

Pengunjung juga dapat mencoba wahana yang tersedia di danau atau hanya bersantai di tepi danau sambil melepas penat.

  • Situ Pandawa

Terdapat beberapa pilihan wahana air di Situ Pandawa, seperti sepeda air yang memiliki tarif Rp 45.000 per 30 menit. Kemudian perahu dayung yang memiliki tarif Rp 30.000 per 30 menit.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Wisata Hits di Kota Kediri Yang Jarang Orang Ketahui

Tak hanya itu, ada pula splash boat yang memiliki tarif Rp 45.000 per 20 menit dan jet boat yang memiliki tarif Rp 45.000 per 20 menit.

Dengan tarif tersebut para pengunjung bebas untuk berkeliling melihat pemandangan di sekitar danau.

  • Berkuda

Wahana berkuda ini terbagi menjadi dua rute, yaitu rute pendek dan rute panjang. Kuda yang digunakan juga terbagi menjadi dua yaitu pony ride dan adult ride.

Pony ride memakai kuda poni dengan tinggi penumpang minimal 90 cm dan berat maksimal 50 kg. Sedangkan adult ride memakai kuda sedang dengan tinggi penumpang minimal 120 cm dan berat maksimal 80 kg.

Rute pendek dengan tarif Rp 35.000 per sesi dimulai dari kandang kuda ke area danau dan kembali ke kandang. Untuk rute panjang dengan tarif Rp 105.000 per sesi dimulai dari kandang lalu mengelilingi danau dan kembali ke kandang.

Selama mencoba wahana berkuda di Taman Lembah Dewata, pengunjung nantinya ditemani pelatih yang berpengalaman. Tak hanya itu saja, kelas berkuda dengan bimbingan pelatih berpengalaman juga tersedia di lokasi wisata ini.

  • Bersepeda

Pengunjung juga bisa mengelilingi taman dengan sepeda. Wahana ini terbagi menjadi beberapa pilihan sepeda dengan beberapa jenis tarif.

Sepeda listik memiliki tarif Rp 25.000 per 15 menit, sepeda gowes Rp 15.000 per 60 menit serta e-scooter Rp 25.000 per 15 menit. Tersedia pula becak yang memiliki tarif Rp 15.000 per 30 menit.

  • Dewata Express

Wahana ini adalah kereta yang disediakan untuk mengelilingi lokasi wisata. Bila Anda ingin mencobanya, cukup dengan membayar Rp 15.000 per satu putaran.

  • Bersantai

Bila tak ingin mencoba wahana di atas, pengunjung juga dapat bersantai menikmati pemandangan sambil duduk dan ngobrol. Pengelola Taman Lembah Dewata menyediakan bean bag dan tikar dengan tarif penyewaan yang beragam.

Baca Juga:  Wisata Alam Setigi Selo Tirto Giri, Spot Instagramable Cappadocia nya Indonesia

Tarif bean bag Rp 20.000 per 120 menit, tikar kecil Rp 20.000 dan tikar besar Rp 30.000 per 120 menit.

  • Foto Prewedding

Keindahan lokasi wisata ini menarik minat masyarakat untuk foto prewedding. Akan tetapi untuk melakukannya pengelola menetapkan tarif lebih untuk pemakaian lahan, properti hingga durasi foto.

Tarif mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 3.500.000, belum termasuk tarif lahan, properti serta durasi foto. Pengunjung bisa membuka Instagram dari lokasi wisata ini untuk informasi lebih lanjut.

Fasilitas Taman Lembah Dewata

Selain menyediakan beberapa wahana di atas, lokasi wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti lokasi wisata lainnya. Beberapa diantaranya seperti area parkir kendaraan, tempat makan, mushola, spot foto hingga toilet.

Harga Tiket Taman Lembah Dewata

Harga tiket masuk lokasi wisata ini termasuk murah yaitu Rp 20.000 per orang (weekday) dan Rp 25.000 per orang (weekend dan tanggal merah/hari libur nasional). Untuk biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. 

Harga tiket ini belum termasuk harga untuk mencoba wahana yang ada. Pengunjung harus membayar biaya tambahan bila ingin mencoba wahana yang tersedia dengan tarif bervariatif.

Lokasi Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata berlokasi di Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 3.7, Cibogo, Kec. Lembang, Bandung dengan jarak 15 km dari pusat kota Bandung dan bisa ditempuh dalam satu jam perjalanan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Devoyage bogor

Wisata Devoyage Bogor: Daya Tarik, HTM, Lokasi, dan Spot Menarik

Next Article
Museum angkut malang

Informasi Museum Angkut Malang: Tiket, Alamat, Wahana