Tempat Wisata Kulon Progo – Kulon Progo merupakan salah satu daerah yang punya banyak tempat wisata wajib untuk dikunjungi pada saat sedang berada di Yogyakarta. Wisata Kulon Progo ini sangat beragam mulai dari wisata sejarah, wisata kota, pegunungan, hingga wisata pantai.

Rekomendasi Wisata di Kulon Progo

Agar Anda tak bingung pada saat akan berkunjung ke tempat wisata yang ada di daerah Kulon Progo ini. Berikut merupakan beberapa rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi pada saat sedang berada di Kulon Progo.

  • Puncak Widosari

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi saat di Kulon Progo yaitu ada Puncak Widosari. Puncak Widosari ini merupakan bongkahan batu yang punya ukuran tinggi dan menyerupai sebuah menara. Untuk dapat sampai ke tempat wisata ini Anda harus berjalan kaki melalui anak tangga yang cukup curam dengan bentuk yang mengular.

Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu batu Puncak Widosari sendiri yaitu batu dengan bentuk menara yang tinggi dan besar. Tempat wisata ini terletak di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk dapat menikmati pemandangan indah yang ada di kawasan wisata ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 dan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Tempat wisata ini juga menyediakan Gazebo serta warung makan yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat saat merasa lelah.

Pantai Glagah merupakan wisata Kulon Progo selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Pantai ini punya ombak yang cukup besar sehingga tidak aneh apabila tempat ini punya banyak tetrapod yang terbuat dengan bahan struktur beton dan berkaki empat.

Pantai Glagah
Pantai Glagah

Tetapi justru inilah yang jadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Glagah ini. Pengunjung justru memanfaatkan tetrapod ini sebagai tempat untuk berfoto. Tempat wisata ini selain punya pemandangan yang indah juga memiliki kawasan kuliner yang bisa Anda coba saat sedang berada di pantai.

Lokasi dari Pantai Glagah ini ada di kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi Anda yang ada di sekitar Yogyakarta dan ingin pergi ke Pantai Glagah ini maka bisa menuju ke jembatan Srandakan yang nantinya bisa berbelok kiri dan ikuti petunjuk arah yang ada.

Tarif yang diberlakukan untuk masuk ke area wisata ini yaitu Rp5.000 per orang, untuk tarif parkir sendiri Rp3.000 untuk parkir motor, Rp10.000 untuk mobil, Rp20.000 untuk bus, Rp10.000 untuk minibus, Rp80.000 untuk perahu wisata, dan Rp20.000 untuk perahu bebek. Tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola.

  • Kalibiru

Wisata Kulon Progo selanjutnya yaitu ada Kalibiru. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang punya Spot foto terbaik dengan latar Waduk Sermo. Lokasi dari tempat wisata ini yaitu ada di desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tarif masuk ke lokasi wisata Kalibiru ini yaitu hanya Rp5.000 saja dan untuk biaya parkir motor dan biaya parkir Rp2.000 mobil Rp5.000.

Tempat wisata ini punya berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan dan kenyamanan pengunjung yang datang. Seperti terdapat fasilitas toilet, gazebo, kedai makanan yang bisa Anda kunjungi saat lapar.

  • Kebun Teh Wisata Nglinggo

Rekomendasi tempat wisata Kulon Progo selanjutnya yaitu ada kebun teh yang terletak di desa wisata Nglinggo. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dan tempat wisata yang masih asri.

Tarif masuk yang diberlakukan di tempat wisata ini yaitu Rp5.000 dan tarif dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola kebun teh.

Jika Anda ingin pergi ke kebun teh ini maka bisa datang di pagi hari sampai dengan sore yaitu pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Kebun teh ini terletak di desa Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

  • Air Terjun Kembang Soka

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Kulon Progo yaitu Air Terjun kembang Soka. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang punya aliran air deras dan juga udara yang sejuk tentunya.

Air terjun ini banyak sekali dijadikan sebagai wisata wajib saat sedang berada di Kulon Progo karena memang pemandangannya yang sangat indah. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing dan pepohonan yang menambah keindahan.

Lokasi dari air terjun ini yaitu ada di Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda lelah setelah bermain air di kawasan air terjun maka Anda bisa mengisi tenaga di warung makan yang ada di sekitar wisata Kulon Progo ini. Tempat makan ini bahkan juga menjual makanan khas dari kota Jogja yaitu gudeg.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *