Mengenal Obyek Wisata Umbul Sigedang Yang Anti Mainstream

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Umbul Sigedang – Berenang di kolam renang, air terjun, atau pantai mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika berenang di mata air alami? Mungkin beberapa orang belum lazim melakukannya. Dengan adanya Umbul Sigedang yang ada di Klaten, Anda bisa mencoba pengalaman berenang di jernihnya mata air alami yang juga menyajikan spot yang menarik dan pesona wisata anti mainstream.

Klaten yang berada di antara dua kota besar yaitu Yogya dan Solo, menjadi kota tujuan wisata yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan. Klaten sendiri memiliki banyak destinasi atau obyek wisata mata air yang populer, salah satu diantaranya yaitu Umbul Sigedang yang tidak kalah menarik dibandingkan obyek wisata mata air lainnya di Klaten dan menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun luar kota. Umbul Sigedang sendiri memiliki keunikan tersendiri dibanding umbul lainnya yang ada di Klaten, yaitu memiliki dua sumber mata air, yakni mata air Sigedang dan mata air Kapilaler.

Umbul Sigedang yang sering disebut juga sebagai Umbul Kapilaler ini juga kerap disebut mata air mineral seribu galon karena lokasinya yang berdekatan atau berdampingan dengan sumber mata air minum kemasan yang terkenal.

Pengelola obyek wisata Umbul Sigedang sendiri menyebutkan bahwa awalnya Umbul ini merupakan sumber mata air yang oleh masyarakat sekitar sering digunakan untuk aktivitas sehari – hari seperti menyuci baju dan mandi hingga akhirnya setelah adanya pamsimas, mata air tidak terpakai lagi. Lalu, atas inisiatif relawan desa, umbul tersebut dibersihkan dan dikembangkan serta dimanfaatkan menjadi obyek pariwisata.

Lokasi dan Rute Menuju Obyek Wisata Umbul Sigedang

Untuk lokasi dari obyek wisata ini, berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan letaknya berada di tengah pemukiman warga yang akses jalannya hanya bisa diakses dengan jalan kaki atau kendaraan motor dan mobil pribadi. Rute menuju ke lokasi pun cukup mudah, hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Klaten.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Obyek Wisata Umbul Sigedang

Sebagai obyek wisata favorit para wisatawan yang dibuka untuk umum, Umbul Sigedang menetapkan tarif masuk bagi para pengunjung yang ingin masuk ke area obyek wisata tersebut. Tarif yang dikenakan pun terbilang sangat murah untuk sebuah obyek wisata yang menghadirkan keunikan dan spot yang menarik, yaitu Rp 5.000 per orang.

Biaya tambahan lainnya berupa retribusi parkir yang akan dikenakan untuk parkir motor Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000. dengan tarif tiket masuk yang sangat murah dan terjangkau tersebut Anda sudah bisa menikmati wisata liburan bersama anggota keluarga, teman, dan rekan Anda di Umbul Sigedang yang menyajikan kolam mata air alami dan spot foto yang unik dan instagramable.

Sementara untuk jam operasional dari obyek wisata ini, mulai dibuka pukul 07.00 hingga tutup pukul 17.00 dan dibuka untuk umum setiap hari (Senin – Minggu).

Fasilitas Obyek Wisata Umbul Sigedang

Obyek wisata yang menjadi salah satu wisata mata air yang populer di Klaten ini, menyediakan fasilitas bagi para pengunjung, antara lain:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet / kamar mandi
  • Ruang ganti
  • Warung wisata
  • Gazebo
  • Tempat ibadah
  • Spot foto instagramable
  • Persewaan pelampung dan tikar
  • Warung makanan dan minuman

Daya Tarik Obyek Wisata Umbul Sigedang

Umbul Sigedang yang menjadi salah satu destinasi wisata mata air umbul favorit para wisatawan dari Klaten maupun luar kota memiliki daya tarik yang menjadikannya obyek wisata yang wajib Anda kunjungi saat liburan atau akhir pekan bersama anggota keluarga, teman, atau rekan – rekan.

  • Air yang jernih dan bening sebening kristal

Umbul ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih dan bening, sehingga menarik para wisatawan untuk merasakan pengalaman berenang di mata air yang sangat jernih dan saking jernihnya bahkan Anda bisa melihat dasar kolam yang dihiasi bebatuan hitam dengan sangat jelas.

  • Berenang bersama ikan

Kejernihan dari mata air di umbul ini bahkan mengundang ikan – ikan untuk berenang di dalamnya. Anda akan menemukan ikan – ikan yang cantik yang berenang di dekat bebatuan di dasar kolam. Ikan – ikan tersebut tidak membahayakan dan juga tidak boleh diganggu, apalagi dipancing.

  • Spot foto unik dan menarik

Pepohonan beringin besar yang rindang yang tumbuh di sekeliling area umbul bisa menjadi obyek atau latar belakang foto yang unik dan menarik. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di bawah air dengan pose unik di dalam air bersama ikan – ikan yang hidup di dalamnya.

Itulah ulasan mengenai Umbul Sigedang yang menjadi salah satu obyek wisata mata air favorit di kota Klaten.

Leave a Comment