Wisata Alam Setigi Selo Tirto Giri, Spot Instagramable Cappadocia nya Indonesia

Ade Kurnia Irawan
Written By Ade Kurnia Irawan
Menjadi penulis konten lepas selama kurang lebih 2 tahun memberikan saya kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai topik tulisan. Saya pernah menulis berbagai artikel di media online dan blog.

Kabupaten Gresik ada di provinsi Jawa Timur Indonesia ini merupakan salah satu yang punya destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Gresik ini yaitu Wisata Alam Setigi Selo Tirto Giri.

Ada cerita unik dibalik wisata alam ini yang menjadikan desa di mana terletak Setigi Selo Tirto ini meraup keuntungan. Dulunya tempat wisata ini merupakan area pertambangan batu dan terbengkalai lama beberapa tahun mulai dari 2003 hingga 2017. Barulah pada bulan Maret 2018 tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa memberikan keuntungan lebih bagi desa.

Daya Tarik Setigi Selo Tirto Giri

Tempat wisata ini dulunya merupakan area pertambangan batu kapur yang sangat luas dan termasuk daerah yang sangat kumuh dan juga kotor. Bahkan tempat ini juga digunakan sebagai tempat pembuangan sampah oleh warga yang ada di sekitar pertambangan batu kapur ini.

Tetapi sekarang ini tempat wisata Setigi ini sudah disulap jadi area yang sangat indah. Banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara baik itu sendiri, bersama pasangan, ataupun bersama dengan keluarga.

Wisata Alam SETIGI (SELO TIRTO GIRI)
Wisata Alam SETIGI (SELO TIRTO GIRI)

Alamat wisata alam Selo Tirto Giri atau Wisata Alam SETIGI (SELO TIRTO GIRI) ini terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik dan desa ini disebut-sebut juga sebagai desa miliarder karena memiliki pendapatan dari wisata yang berhasil membangun infrastruktur di desa.

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik dari wisata alam Setigi Selo Tirto Giri ini yaitu sebagai berikut.

  • Kombinasi Pemandangan Alam Memukau

Pertama yang menjadi daya tarik dari wisata alam ini yaitu kombinasi pemandangan alamnya yang memukau. Perbukitan batu kapur yang memiliki warna putih memberikan nuansa yang berbeda. Terutama jarang sekali melihat adanya perbukitan dengan tempat yang unik karena sudah bekas pertambangan.

Selain itu terdapat juga wisata lain di dalam tempat ini seperti Goa Pancawarna, Goa Emas, Taman Desa Sikapuk, jembatan peradaban dan di sini juga terdapat danau buatan yang sangat memukau karena berada di tengah-tengah tebing.

Tempat ini juga memiliki jembatan di tengah danau yang menuju ke rumah adat Papua atau rumah Honai. Konsep rumah yang ada di Setigi ini sangatlah unik. Tempat ini juga memiliki berbagai spot foto yang sangat cocok untuk Anda yang sangat instagramable. Bahkan tak jarang juga tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk foto pre wedding.

Ada beberapa area Spot foto yang bisa Anda coba seperti patung Semar, patung Dwipula, miniatur masjid Persia, Candi topeng Nusantara. Tempat wisata ini juga punya wahana air terjun dan juga rumah apung yang bisa Anda nikmati. Selain itu, masih banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto lainnya.

Tempat wisata ini bukan sekedar tempat wisata biasa yang dikelola oleh desa tetapi tempat ini punya berbagai area wisata yang tak kalah dengan tempat-tempat wisata lain. Sehingga saat Anda sedang berada di Gresik pastikan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

  • Prestasi Kelas Dunia

Kedua yang menjadi daya tarik dari tempat ini yaitu memiliki prestasi kelas dunia yang mengundang rasa penasaran banyak orang. Desa Sikapuk ini memperoleh penghargaan sebagai juara pertama Desa Brilian.

Desa Sikapuk ini mengalahkan 531 desa usulan lainnya dan menjadi juara pertama. Tentu hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat sekitar ataupun wisatawan lokal yang penasaran Bagaimana bentuk dari juara pertama Desa Brilian ini.

Tentu saja setelah menjadi juara satu dari Desa Brilian wisata alam Setigi Selo Tirto Giri jauh lebih terkenal dari sebelumnya. Bagi Anda yang penasaran dengan prestasi kelas dunia yang dimiliki oleh Desa Sikapuk dengan wisata Setigi nya bisa langsung mengunjungi lokasi wisata ini.

  • Sejarah Tempat Wisata

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata ini yaitu sejarah yang dimilikinya. Seperti yang sudah di singgung sebelumnya tempat wisata ini dulunya merupakan pertambangan batu kapur. Tapi sejak tahun 2003 pertambangan ini terbengkalai dan tidak lagi digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai mata pencaharian dalam bidang pertambangan.

Mulanya pada tahun 2003 setelah sudah tidak lagi digunakan untuk menambang tempat ini cukup seram hingga tahun 2017 terpilihlah Lurah dari Desa Sikapuk yaitu Abdul Halim yang mempunyai gagasan untuk menjadikan area tambang seluas 5 hektar ini sebagai area wisata.

Dari sinilah Abdul Halim meraup banyak keuntungan yang digunakannya untuk membangun infrastruktur desa. Tentunya cerita viral yang beredar di masyarakat ini mengundang banyak rasa penasaran tentang bagaimana bentuk wisata alam Setigi Selo Tirto Giri ini.

Tiket Masuk, Jam Operasional dan Fasilitas Selo Tirto Giri

Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan alam di wisata Stigi ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp15.000. Harga tiket masuk wisata alam Setigi Selo Tirto Giri tersebut belum termasuk pembayaran parkir kendaraan yaitu sebagai berikut

  • Tiket masuk motor : Rp5000
  • Tiket masuk mobil : Rp10.000
  • Tiket masuk bus : Rp25.000
  • Tiket masuk bus mini : Rp15.000

Harga Rp 15.000 tersebut tentu tidak akan sebanding dengan indahnya pemandangan yang ada di dalam area wisata alam Setigi Selo Tirto Giri ini.

Jam Operasional

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata alam Setigi ini bisa datang pada hari biasa dan hari libur yang setiap harinya buka pada pukul 08.00 WIB. Untuk hari libur tempat ini buka 1 jam lebih lama yaitu sampai pukul 18.00. Sedangkan untuk hari biasa tempat ini hanya buka sampai pukul 17.00 saja.

Fasilitas

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh wisata alam ini adalah mobil ATV dan motor trail. Karena lokasi wisata yang sangat luas Anda bisa menyewa mobil ATV bentuk bisa mengelilingi seluruh area wisata Setigi ini ataupun motor trail yang cukup menantang.

Selanjutnya di area wisata alam Setigi Selo Tirto Giri ini juga punya Waroeng dengan payung yang berjajar di area wisata. Anda dapat mengunjungi warung apabila merasa lapar ataupun ingin bersantai. Terdapat banyak makanan ataupun minuman yang diproduksi sendiri oleh masyarakat di Desa Sikapuk.

Karena tempat ini sangat luas tentu saja fasilitas parkir yang dimiliki oleh area wisata ini juga sangat luas. Anda juga bisa menemukan gazebo untuk beristirahat toilet, mushola, banyak spot foto menarik dan fasilitas penunjang lainnya.

Karena wisata alam Setigi Selo Tirto Giri ini memiliki begitu banyak area wisata yang harus Anda kunjungi tentu saja Anda harus datang mulai pagi hari sehingga saat berkeliling tidak akan terlalu terik.

Itulah beberapa informasi terkait wisata alam Selo Tirto Giri yang berada di Desa Sikapuk yang merupakan juara pertama Desa Brilian. Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata di ini jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Leave a Comment