Bukit Klangon: Daya Tarik, Lokasi serta Rute

Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Written By Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Copywriter at Wunderman Thompson. Hobi Travelling

Bukit Klangon – Selain sebagai kota pelajar, Jogja juga dikenal sebagai salah satu kota wisata. Ada banyak pesona alam yang bisa dinikmati semua kalangan, salah satunya Bukit Klangon. Bukit yang berlatarkan Gunung Merapi ini begitu menarik, karena selain jaraknya yang hanya sekitar 4 km dari puncak Merapi, pesona keindahannya pun begitu luar biasa dan kita bisa menjalankan berbagai aktivitas menarik di sini.

Daya Tarik Wisata

Sejatinya, tempat wisata yang memiliki nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo ini sudah ada pada 2011 lalu setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Meski demikian, obyek wisata ini memang baru terkenal akhir-akhir ini karena semakin banyaknya spot foto dan unggahan media sosial yang membuat banyak orang penasaran dengan keindahannya.

Bukit Klangon Photo
Bukit Klangon Photo

Ada berbagai aktivitas yang menjadi daya tarik wisata kawasan ini. Semuanya bisa dilakukan bersama dengan keluarga dan teman-teman. Berikut sejumlah aktivitas yang bisa Anda lakukan di kawasan objek wisata tersebut.

1. Bersepeda downhill

Kawasan wisata ini dulunya memang dikenal sebagai tempat downhill yang kemudian dikembangkan sehingga kerap digunakan sebagai tempat acara balapan tingkat regional hingga nasional. Jika suka menguji adrenalin, Anda dapat mencoba bersepeda pada lintasan yang tersedia.

Track yang disediakan berjarak sekitar 20 km dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam. Kalau Anda ingin mencoba track ini, pastikan kembali properti keamanan sudah terpasang dengan benar karena di beberapa tempat, lintasan lebih menukik dan tajam.

2. Swafoto di gardu pandang

Hunting foto menjadi salah satu kegiatan yang juga banyak dilakukan oleh para pengunjung. Jika hari sedang cerah, Anda akan dapat melihat kegagahan Gunung Merapi dari jarak dekat. Tidak hanya berfoto di sekitar tempat camping atau di bagian tulisan “Klangon”, Anda juga dapat naik ke bagian gardu pandang untuk melihat Gunung Merapi dengan lebih jelas dan mendapatkan hasil foto yang bagus.

3. Trekking

Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dari dekat dengan mendaki ke puncak Bukit Klangon. Jarak tempuhnya cukup singkat, bahkan anak-anak pun bisa mencoba mendaki bukit tersebut. Di sepanjang perjalanan, Anda berkesempatan melihat satwa seperti burung kepodang, alap-alap Jawa, burung madu gunung, musang, hingga monyet.

4. Camping

Buat Anda yang senang berpetualang di alam, tidak ada salahnya untuk mendirikan tenda di kawasan bukit yang berlatar belakang gagahnya Gunung Merapi. Di sini, terdapat area yang landai dan biasa dipakai sebagai lokasi perkemahan.

Fasilitas pendukung seperti toilet dan kakus juga tersedia lengkap. Meski begitu, pastikan Anda sudah melakukan reservasi sebelum melakukan aktivitas camping di sini.

Lokasi dan Rute

Bicara mengenai lokasi, kawasan wisata ini sejatinya cukup mudah dijangkau. Tepatnya berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasinya juga sudah tersedia di Google Maps sebagai panduan Anda berkunjung ke kawasan ini.

Jalan menuju ke kawasan wisata ini juga terbilang mudah. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 37 kilometer dengan waktu tempuh normal sekitar 1 sampai 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Anda dapat menuju ke Jalan Kaliurang terlebih dahulu kemudian berbelok ke Jalan Pamungkas, melewati Jalan Grogolan, kemudian ke Jalan Pasar Butuh sehingga sampai ke objek wisata Bukit Klangon.

Fasilitas dan Wisata Kuliner

Bicara mengenai fasilitas yang tersedia, tentu saja terbilang lengkap. Bagaimana tidak, terdapat sejumlah fasilitas umum yang memadai dan dapat membuat pengunjung merasa nyaman. Adapun beberapa fasilitas yang banyak tersedia di antaranya:

  • Toilet yang bersih
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Porter sepeda

Selain itu, nikmati juga berbagai kuliner khas yang disajikan oleh sejumlah warung makan di sekitar tempat wisata Bukit Klangon. Ada warung pecel lele, bakso dan mi ayam, dan sebagainya. Warung-warung tersebut juga banyak menyediakan minuman hangat untuk mengusir hawa yang menusuk kulit.

Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk menikmati pemandangan alam yang mempesona ini, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang nominalnya sangat terjangkau. Harga tiket ini sedikit berbeda jika Anda ingin melakukan camping di kawasan tersebut. Berikut rinciannya.

  • Tiket masuk domestik: Rp5.000
  • Tiket masuk mancanegara: Rp15.000
  • Tiket camping: Rp15.000
  • Parkir kendaraan: Rp2.000 (motor) sampai dengan Rp5.000 (mobil)

Adapun operasional wisata bukit ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB. Bagi yang ingin berkemah, pastikan sudah menghubungi pihak pengelola dan Anda dapat berkemah sampai dengan kurun waktu 24 jam.

Itulah beberapa spot keindahan yang menjadi daya tarik wisata Bukit Klangon. Buat Anda yang berkunjung ke Sleman dan Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mampir berwisata ke kawasan ini untuk menikmati berbagai keindahan dan gagahnya Gunung Merapi dari jarak dekat. Selamat liburan!

Leave a Comment