Bukit Mongkrang Karanganyar, Wisata Alam dengan Pesona Indah!

Photo of author
Written By Ksetiawan

Bukit Mongkrang Karanganyar – Bukit Mongkrang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Pesona Karanganyar memang tidak diragukan lagi karena ada banyak tempat wisata indah yang tersedia di sana. Tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi adalah bukit yang satu ini karena sudah cukup populer di masyarakat.

Bukit ini merupakan salah satu kawasan yang ada di perbukitan sehingga tidak heran memiliki pemandangan yang indah. Bukit satu ini bisa dikunjungi oleh wisatawan dan harus sedikit mendaki gunung untuk sampai ke lokasinya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan daya tarik, kuliner, harga tiket dan lainya yang tersedia maka simak penjelasan di bawah ini.

Daya Tarik Bukit Mongkrang

Daya tarik yang dimiliki oleh Bukit Mongkrang sangat menarik sehingga Anda wajib mengunjunginya. Inilah beberapa daya tarik yang tersedia untuk dinikmati oleh pengunjung :

Saat mendaki bukit atau gunung pasti tidak jauh-jauh dengan kegiatan camping. Nah, di bukit satu ini juga tersedia camping ground yang dapat Anda gunakan untuk mendirikan tenda. Kondisi puncaknya mempunyai medan yang landai sehingga sangat cocok untuk camping di sana.

Anda bisa mengajak teman atau keluarga camping bersama di puncak bukit ini untuk menikmati keindahan bukitnya. Anda bisa membaca peralatan camping sendiri dan pastikan selama berada di sana harus berhati-hati jika hujan tiba-tiba.

  • Keindahan bukit

Dari puncak bukitnya juga memiliki keindahan yang luar biasa sehingga Anda bisa menikmatinya. Gunung Mangkrang berada di ketinggian 2.197 mdpl dan masih berada di kawasan Gunung Lawu serta berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Sabana ilalang

Di Gunung Mongkrang juga terdapat hamparan rumput dan ilalang yang berada di sejumlah tempat. Sabana ilalang menjadi salah satu daya tarik wisatawan sehingga banyak pengunjung yang mengambil gambar di sana. Di saat musim hujan, pemandangan ilalang yang semula gersang akan menjadi hamparan hijau yang sangat indah.

Begitulah beberapa daya tarik yang dimiliki di Bukit Mongkrang sehingga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sana.

Kuliner di Bukit Mongkrang

Berbicara wisata kuliner, tentunya ada beberapa tempat makan yang berada di Tawangmangu, Karanganyar ini khususnya berada di kawasan wisata Mongkrang. Di sana ada beberapa tempat makan dengan suasana alam yang indah. Anda bisa menikmati sajian makanan yang ada dengan suasana yang cukup sejuk.

Anda bisa berlibur bersama dengan keluarga untuk menikmati keindahan Gunung Mongkrang sambil wisata kuliner. Anda bisa menikmati sajian makanan yang lezat sambil melihat pemandangan yang ada di sekitarnya. Anda dapat memilih cafe atau tempat makan keluarga sambil menghabiskan waktu liburan dengan menikmati wisata alam yang indah.

Jika Anda ingin mendaki ke puncak bukitnya harus mempersiapkan peralatan yang memadai sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan juga selalu menjaga kebersihan selama berada di kawasan wisata alam ini sehingga selalu terjaga keindahan dan kebersihannya.

Fasilitas di Bukit Mongkrang

Sebagai salah satu tempat wisata alam yang benar-benar alami, beberapa fasilitas belum dapat dijumpai di area Gunung Mongkrang. Lahan parkir kendaraan biasanya berada di Lapangan Tlogodringo dan di sepanjang jalan setapak menuju ke puncak terdapat beberapa penjaja makanan ringan dan minuman untuk mengganjal lapar.

Anda bisa membeli perbekalan di sejumlah warung yang berada di pinggir jalan sebelum mendaki ke Gunung Mongkrang.

Harga Tiket di Bukit Mongkrang

Untuk memasuki kawasan Bukit Mongkrang, pengunjung atau wisatawan harus membayar tiket masuk dengan harga cukup terjangkau. Bagi Anda yang ingin berkemah juga ada beberapa biaya tambahan yang akan dikenakan. Daftar harga tiket masuknya adalah :

  • Harga tiket masuk Rp. 10.000,-
  • Camping Rp. 15.000,-
  • Parkir roda 2 Rp. 2000,-
  • Parkir roda 4 Rp. 5000,-

Rute Perjalanan ke Bukit Mongkrang

Lokasi kawasan wisata ini berdekatan dengan Gunung Lawu yang ada di Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya beralamat di Desa Gondosuli, Tlogodringo, Tawangmangu.

Rute perjalanan menuju ke tempat wisata Gunung Mongkrang ini sangat mudah. Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Pos Pendakian Gunung Lawu Cemoro Kadang. Kemudian, setelah menemukan pasat Tawangmangu Anda bisa melanjutkan perjalanan lurus sampai ke Pos Pendakian Gunung Lawu lewat Cemoro Kandang.

Nah, bagi Anda yang memakai kendaraan umum bisa memakai bus dari Terminal Tirtonadi ke Terminal Tawangmangu. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot menuju ke basecamp bukit tersebut.

Jam Buka Bukit Mongkrang

Jam buka di kawasan wisata Gunung Mongkrang 24 jam dan Anda dapat bermalam di sana. Biasanya di kawasan ini banyak pengunjung yang ngecamp sehingga cukup ramai. Anda bisa melihat keindahan bukitnya saat matahari terbit dan menikmati cuaca yang dingin di atas bukit.

Itulah informasi mengenai wisata Bukit Mongkrang, daya tariknya, fasilitas, alamat, rute perjalanan, harga tiket dan lainnya secara lengkap sehingga Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan nyaman.

Leave a Comment