Bukit Paralayang Watugupit, Tempat Terbaik Menyaksikan Pantai dari Atas Bukit

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Bukit Paralayang Watugupit – Bagi orang-orang yang suka dengan olahraga paralayang, tentu sudah familiar dengan Bukit Paralayang Watugupit. Selain sebagai landasan pacu olahraga paralayang ternyata tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata untuk menikmati keindahan pantai yang indah dari atas bukit.

Biasanya, orang-orang mencoba olahraga paralayang di sini didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Bahkan banyak para profesional yang berlatih di sini karena tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Mengenal Lebih Dekat Bukit Paralayang Watu Bukit

Bukit paralayang ini lokasinya ada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Jadi untuk mencapai ke bukit paralayang ini butuh usaha yang ekstra dan harus rela merasakan lelah. Meskipun demikian, saat sampai di bukit, rasa lelah tersebut akan terbayar karena bisa menikmati pemandangan memukau dari ketinggian.

Para pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai ke atas bukit yang kemiringannya hampir 90 derajat melewati anak tangga. Untuk mengurangi rasa lelah, bisa menikmati pemandangan sambil berjalan sehingga rasa lelah pun akan teralihkan.

Tidak perlu khawatir juga karena di tracking menuju bukit terdapat beberapa pohon yang dapat digunakan untuk istirahat dan berteduh sejenak di bawahnya.

Lokasi Dan Rute Menuju Bukit Paralayang Watugupit

Wisata Bukit Paralayang Watugupit ini berada di area hutan di Desa Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul. Apabila ditempuh dari pusat kota Jogja jarak tempuhnya sekitar 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Bukit Paralayang Watugupit
Bukit Paralayang Watugupit

Untuk lokasi bukit paralayang ini ada di sekitar kawasan Pantai Parangtritis. Jadi rute perjalanannya yaitu Pantai Parangtritis, melalui pintu masuk pantai.

Sebenarnya akses jalan menuju lokasi sudah bagus dan halus, tapi kontur jalannya naik dan miring sehingga harus ekstra hati-hati. Ikuti jalan itu sampai bertemu hotel melati, lalu masuk menuju lokasi wisata paralayang.

Daya Tarik Bukit Paralayang Watugupit

Para pengunjung minat untuk berwisata ke bukit paralayang ini tentu karena daya tarik yang dimilikinya. Bahkan para pengunjung rela berjalan kaki dan lelah untuk sampai di atas bukit sehingga dapat menikmati keindahan alam.

  • Melakukan Olahraga Paralayang

Para pencinta olahraga ekstrem paralayang ini biasanya akan datang ke bukit paralayang untuk mencoba melakukan kegiatan ini di landasan pacu Watugupit. Apalagi angin pantai saat siang hari di tempat ini sangat mendukung kegiatan olahraga paralayang.

Bagi yang ingin mencoba olahraga paralayang maka perlu menyiapkan budget minimal Rp350.000. Untuk yang belum berpengalaman tidak perlu khawatir karena ada instruktur profesional yang akan mendampingi. Jadi bisa menikmati keindahan air laut yang biru sembari melakukan olahraga paralayang.

  • Menyaksikan Sunset dan Pantai Dari Atas Bukit

Kebanyakan orang-orang yang datang ke sini justru ingin menikmati keindahan senja yang indah. Para pengunjung bisa duduk santai di bukit paralayang sembari mengambil foto dan menikmati momen matahari terbenam.

Waktu yang tepat untuk berada di bukit paralayang menikmati keindahan senja sore yaitu jam 04.00 sore. Di sekitar jam tersebut akan terlihat matahari bulat sempurna dengan warna jingga yang memantul ke permukaan air laut yang biru.

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Paralayang Watugupit

Bagi yang ingin mengunjungi bukit paralayang watu bukit maka perlu membayar tarif tiket masuk yang telah ditetapkan.

Untuk mencapai kawasan ini, maka harus melalui kawasan Pantai Parangtritis sehingga harus membayar tiket masuk area Parangtritis sebesar Rp10.000. Sedangkan untuk tarif masuk ke bukit paralayang hanya Rp5.000 saja, belum termasuk tarif parkir kendaraan.

Jam Operasional Bukit Paralayang Watu

Untuk jam operasional bukit paralayang ini tidak berlaku 24 jam, tetapi bukan mulai dari jam 09.00 pagi hingga jam 07.00 malam. Namun tidak perlu khawatir, karena tempat wisata ini buka setiap hari dari hari Senin – Minggu. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit paralayang ini yaitu saat sore hari ketika senja tiba.

Fasilitas Untuk Pengunjung

Pengelola wisata juga sudah menyediakan fasilitas umum yang memadai untuk para pengunjung seperti berikut ini.

  • Area parkir
  • Toilet bersih
  • Mushola
  • Warung
  • Tempat nongkrong
  • Hotel dan losmen
  • Landasan pacu paralayang
  • Dan lain-lain

Menyantap Kuliner di Bukit Paralayang

Sambil menikmati sunset, para pengunjung juga dapat menyantap hidangan yang tersedia di deretan tenda menuju puncak. Tidak perlu khawatir, sudah tersedia bangku panjang di area tempat makan sehingga para pengunjung dapat nyaman saat makan.

Santapan andalan yang tersedia di sini yaitu kelapa muda dengan harga yang terjangkau sekitar Rp13.000. Jadi ketika telah berjalan kaki bisa istirahat sejenak sambil minum kelapa muda.

Ada juga menu makanan dan minuman lainnya yang dapat dipilih dan pastinya harganya terjangkau. Minuman misalnya es teh, es jeruk, kopi, coklat, susu, es carica, dan jahe.

Sedangkan untuk makanan ada mie instan, pop mie, nasi goreng, sayur lodeh, ikan asin goreng telur dadar, pisang goreng, tempe goreng, dan camilan lainnya. Untuk harga makanan dan minuman bisa didapatkan mulai dari Rp5.000 – Rp13.000.

Bagi yang sedang mencari tempat terbaik untuk menikmati sunset sore hari dengan pemandangan hamparan air laut yang luas maka bisa datang ke Bukit Paralayang Watugupit. Siapkan stamina untuk menempuh puncak bukit dengan berjalan kaki.

Leave a Comment