Curug Balong Endah – Salah satu wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan di daerah Bogor adalah wisata Curug Balong Endah. Merupakan wisata air terjun yang dibuka sekitar tahun 2016 yang lalu dan memiliki keindahan alam yang mempesona. Area wisata ini masih berada di lokasi yang sama dengan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Bogor.

Daya Tarik Wisata Curug Balong Endah

Melihat pemandangan alam yang luar biasa indahnya di wisata Curug ini akan membuat siapa pun yang memandang akan merasa takjub.

Curug yang mempunyai tinggi kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut ini terletak di lereng gunung Salak. Dengan air yang dingin menyegarkan serta jernih membuat siapa pun ingin segera menikmati bermain air di Curug tersebut.

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Curug yang satu ini.

1.  Berenang dan bermain air di Curug

Curug ini mempunyai kedalaman air yang beragam sehingga sangat memadai untuk Anda yang bisa berenang maupun yang tak bisa berenang untuk menikmati kesegaran air Curug. Untuk bermain air di Curug ini memang terbuka bagi kalangan umum, namun perlu diwaspadai jika cuaca tak bersahabat sebaiknya urungkan niat untuk berenang karena air Curug bisa tiba-tiba naik debitnya. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan baju ganti karena di sekitar area Curug belum banyak ditemui penjual pakaian atau aksesoris seperti di wisata lainnya.

2. Lakukan freediving di kolam yang sepi

Di Curug ini, banyak yang melakukan aktivitas freediving di kolam ketiga yang termasuk area sepi sehingga memungkinkan untuk melakukannya tanpa resiko mengganggu aktivitas freediving orang lain. Adalah sebuah kegiatan menyelam yang dilakukan tanpa menggunakan alat bantu berupa snorkel sehingga harus mampu menahan nafas dalam waktu yang cukup lama di dalam air. Sedangkan untuk alat bantu lainnya seperti freediving mask dan fin tetap digunakan.

3.  Kemping asyik bersama teman atau keluarga

Pengunjung wisata Curug Balong Endah yang ingin menikmati pemandangan Curug di malam hari juga bisa melakukan bermalam dengan cara mendirikan kemah. Anda bisa membawa sendiri perlengkapan berkemah yang dibutuhkan, atau bisa juga dengan menyewa perlengkapan kemah di area wisata Curug dengan tarif sebesar 80 ribu rupiah /malam (sesuai dengan jenis tenda dan kapasitas yang dibutuhkan). Sedangkan untuk biaya sewa lahan kemah adalah sebesar 15 ribu rupiah /malam.

curug balong endah photo
curug balong endah photo

Nikmati Sajian Kuliner Khas Curug Balong Endah Bogor

Berkunjung ke kota Bogor tentunya dirasa kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Di area wisata Curug tersedia warung yang menjajakan kuliner khas Bogor seperti misalnya:

  • Sajian kuliner toge goreng
  • Es Pala yang menyegarkan
  • Laksa khas Bogor
  • Asinan Bogor

Atau Anda juga bisa memilih untuk membeli aneka jajanan khas Bogor yang banyak dijual di warung sekitar Curug tersebut.

Fasilitas Umum Wisata Curug Balong Endah

Pemerintah kabupaten Bogor sudah menyediakan fasilitas umum di area wisata Curug Balong Endah ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Berikut beberapa fasilitas umum yang tersedia disana.

  – Area parkir untuk mobil dan motor yang luas

  – Kamar mandi dan toilet

  – Pos satpam atau pos penjagaan

  – Penjaja makanan dan minuman ringan

  – Petunjuk jalan atau arah

  – Mushola

  – Warung makanan

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Balong Endah Malang

Berikut adalah daftar harga tiket masuk dan biaya lainnya jika Anda berwisata ke Curug yang berada di Babakan Madang Bogor.

  • Tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp.10.000,- /orang
  • Tiket masuk Curug Kondang Rp.10.000,- /orang
  • Tiket masuk Curug Balong Endah Rp.7.500,- /orang
  • Tiket parkir kendaraan bermotor Rp 5.000,- /motor dan Rp.10.000,- /mobil.

Tarif atau harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola Curug. Karena biasanya di hari libur dan hari raya, area wisata penuh sehingga harga tiket pun naik.

Lokasi dan Rute Curug Balong Endah Bogor

Jika Anda berencana untuk berwisata ke Curug Balong Endah ini, catat saja alamat tempat wisata yang berada di kecamatan Babakan Madang kabupaten Bogor, Gn.Bunder 2, Pamijahan Bogor Jawa Barat. Untuk rute menuju ke wisata Curug bisa mengambil jalur kurang lebih dengan jarak 20 km dari gerbang tol Sentul City, kemudian ambil arah pertigaan tempat wisata Gunung Pancar.

Jam Buka Wisata Curug Balong Endah

Anda juga harus memperhatikan dengan baik jam operasional Curug yang hanya buka dari mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 sore hari setiap harinya. Pastikan untuk datang ke wisata Curug di waktu yang sudah ditentukan sehingga Anda bisa langsung menikmati pemandangan Curug bernama Balong Endah yang mempesona.

Sekian ulasan tentang wisata Curug Balong Endah yang ada di kabupaten Bogor ini. Semoga bisa memberikan informasi bermanfaat sebagai panduan wisata khususnya saat berkunjung ke Bogor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *