Danau Tamblingan Bali: Rute, Fasilitas dan Harga Tiket

Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Written By Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Copywriter at Wunderman Thompson. Hobi Travelling

Danau Tamblingan merupakan salah satu danau yang berada di Bali. Bali memiliki segudang wisata alam yang menarik dan salah satunya danau. Danau Buyan dan Tamblingan kerap disebut danai kembang sebab lokasinya berdekatan dan proses pembentukannya. Keindahan danau satu ini tidak kalah menariknya dengan danau Buyan atau Beratan dan sering menjadi camping ground bagi pengunjung.

Selain keindahan danaunya, namun juga air di danau ini dianggap suci oleh masyarakat setempat dan mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit. Pesona yang dimiliki oleh danau satu ini juga menarik dan di bawah ini ada beberapa informasi mengenai daya tarik, kuliner, fasilitas, harga tiket dan yang lainnya secara lengkap.

Daya Tarik Danau Tamblingan

Danau ini tidak seluas danau lainnya yang ada di Bali, namun pesonanya luar biasa. Nah, ada beberapa daya tarik yang dimiliki di danau ini, seperti :

  • Keindahan Danau

Danau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan masih asri sebab penduduk di sekitarnya selalu menjaga lingkungan tetap apa adanya. Itulah yang membuat danau satu ini terlihat sangat indah dan eksotis karena masih alami tidak ada banyak bangunan di sekitar danaunya.

Di sekitar danau ada banyak rumput hijau dan bunga-bunga rumput yang indah sehingga menambah keindahan panorama danaunya. Keindahan danau ini semakin terlihat pada saat sunrise dan sunset dimana saat cahaya matahari menyelimuti kabut tipis di sekitarnya.

  • Memiliki Spot Foto Menarik

Bagi Anda pencinta fotografi akan dimanjakan dengan sejumlah spot foto yang menarik. Keindahan Danau Tamblingan tidak pernah habis sehingga bisa Anda abadikan melalui jepretan kamera, baik menggunakan hp atau kamera.

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar karena bagus. Di sekitarnya juga ada pura yang terkenal, yaitu Pura Ulun Dani Tamblingan jadi dekat dengan danau dan terlihat seperti mengambang di atas air danau.

  • Tersedia Perahu Tradisional

Di kawasan danau juga tersedia perahu tradisional yang dapat Anda gunakan untuk menikmati keindahannya. Anda bisa menuju ke tengah danau menggunakan pedau atau sampan tradisional yang tersedia.

Jumlah penumpang yang bisa menaiki perahu ini sekitar 4 hingga orang sekaligus.

Anda akan mendapatkan pengalaman baru menjelajah danau di atas perahu tradisional sambil melihat keindahan pemandangan danau satu ini.

  • Camping Ground

Bagi Anda yang suka camping juga tersedia camping ground di sana. Banyak juga pengunjung yang camping di area danau sambil menikmati keindahan sunset dan sunrise. Pengunjung bisa memanfaatkan padang rumput yang luas untuk memasang tenda bersama teman atau keluarga.

Anda juga bisa coba trekking, melihat burung dan juga bersantai di sekitar danau sambil melihat pemandangan yang indah dari danau.

Itulah contoh daya tarik yang terdapat di Danau Tamblingan sehingga bisa Anda nikmati dengan baik.

Kuliner di Danau Tamblingan

Anda tidak usah khawatir karena ada sejumlah tempat makan yang tersedia di sekitar danau. Anda bisa menyantap makanan sambil melihat pemandangan danau dari ketinggian. Ada beberapa tempat makan yang tidak jauh dari lokasi danau ini dan berada di tempat yang lebih tinggi dari danau.

Beberapa sajian makanan tersedia di tempat makan dan khususnya adalah makanan-makanan khas Bali yang wajib Anda cicipi. Harganya juga bervariasi tergantung dengan tempatnya dan makanannya jadi Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera dan budget.

Fasilitas di Danau Tamblingan

Di danau ini tidak tersedia banyak fasilitas umum demi menjaga kealamian dan pelestarian danau ini. Fasilitas yang bisa Anda manfaatkan adalah camping dan menaiki perahu tradisional untuk melihat danau lebih dekat. Saat menaiki perahu sudah tersedia pemandu yang siap mengajak dan menemani Anda mengelilingi sekitar danau ini.

Harga Tiket Danau Tamblingan

Harga tiket masuk ke Danau Tamblingan tidak jauh berbeda dengan Danau Buyan yang berada di sebelahnya. Harganya cukup terjangkau sebab hanya dengan beberapa ribu rupiah Anda bisa menikmati keindahan danau sambil melihat sunset dan sunrise yang eksotis. Nah, daftar tiket ke danau satu ini adalah:

  • Tiket masuk Rp. 10.000,-
  • Parkir motor Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil Rp. 5.000,-

Rute Perjalanan ke Danau Tamblingan

Rute perjalanan menuju ke danau ini adalah menuju Jalan Raya Bedugul menuju ke Singaraja dan selanjutnya ke arah perbukitan. Selanjutnya Anda akan menemukan papan informasi titik lokasi danaunya. Jarak dari Denpasar ke danau ini sekitar 66 km dan waktu yang ditempuh sampai 2 jam perjalanan.

Jam Buka Danau Tamblingan

Jam operasionalnya 24 jam dari hari Senin sampai Minggu jadi Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan danaunya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai daya tarik, fasilitas, harga tiket, rute perjalanan dan jam operasional Danau Tamblingan.

Leave a Comment