Eco Park Tebet, Wisata Terbaru Yang Viral di Jakarta

Avatar of k setiawan
Eco park tebet

Eco Park Tebet merupakan salah satu taman terbuka yang ada di Jakarta Selatan. Menjadi ruang terbuka hijau sekaligus tempat rekreasi warga yang dibuka sejak 23 April 2022.

Bagi para traveller, eco park ini memiliki beberapa zona menarik yang bisa dikunjungi. Fasilitas publik yang disediakan pun cukup lengkap. Lebih lengkapnya, Anda bisa simak ulasannya berikut.

Daya Tarik Tebet Eco Park

  • Thematic Garden

Salah satu daya tarik taman kota ini ada di zona Thematic Garden. Area yang memiliki pemandangan sungai dan difungsikan untuk instalasi seni bagi para seniman lokal. Area ini juga menjadi spot foto favorit pengunjung.

  • Children Playground

Tebet Eco Park dapat dikunjungi oleh semua kalangan termasuk anak-anak. Dijamin tidak bosan karena tempat ini menawarkan berbagai permainan yang didesain menarik dan berwarna-warni. Terdapat area children playground yang begitu colorful dengan wahana perosotan.

Daya tarik lainnya dari Eco Park Tebet yang juga menjadi yang paling ikonik adalah Infinity Link Bridge. Jembatan orange yang dikelilingi pepohonan rindang sebagai atap alaminya.

Jembatan yang menghubungkan Taman Tebet utara dan selatan ini dibangun dengan ketinggian sekitar enam meter. Tempatnya yang instagenic ini banyak diburu oleh traveller yang ingin berfoto-foto.

  • Wetland Broadwalk

Wetland merupakan rawa yang berada di Taman Tebet yang dibangun untuk pengendalian banjir. Aset ekologis di taman ini juga didesain untuk meningkatkan kualitas air. Menggunakan beberapa tanaman yang dapat memurnikan air secara alami sehingga air yang keluar di taman utara adalah air bersih.

  • Community Garden

Area yang didesain untuk lahan bibit ini bisa digunakan oleh para komunitas berkebun. Diharapkan dapat meningkatkan nilai guna lahan untuk masyarakat dengan bercocok tanam di area taman ini.

  • Forrest Buffer

Di dekat Community Garden terdapat zona Forest Buffer untuk pengunjung yang ingin menikmati taman dengan berjalan-jalan. Suasananya sejuk dengan pohon-pohon yang rindang.

  • Plaza

Di salah satu zona yang ada di Eco Park Tebet yaitu Plaza, terdapat beberapa fasilitas umum seperti kios makanan, toilet, meja informasi, ampiteater, dan musala.

  • Community Lawn
Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Untuk Wisata Keluarga

Daya tarik lainnya adalah adanya Community Lawn yang menyajikan pemandangan segar dengan gundukan rumput hijau. Area ini juga asri dengan dikelilingi banyak pohon bunga kupu-kupu.

Alamat dan Rute Menuju Tebet Eco Park

Taman seluas 7,3 hektar ini berada di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Tebet Timur Raya No 10. Lokasinya mudah untuk diakses, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Eco park tebet alamat
Eco Park Tebet Alamat

Jika berencana mengunjungi Eco Park Tebet dengan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi seperti bus, ojek, bajaj, atau MRT. Beberapa pemberhentian kendaraan umum terdekat dapat digunakan untuk Anda turun dan menuju ke Taman Tebet.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Tebet Eco Park

Tebet Eco Park hadir sebagai salah satu ruang publik yang nyaman dan aman. Berada di tengah kota yang bisa dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya untuk refreshing atau sekadar bersantai. Taman ini dapat dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya, mulai pukul 06.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Namun waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pagi hari atau sore agar tidak terlalu panas. Anda tidak perlu memikirkan Eco Park Tebet Tiket Masuk karena semua orang bisa masuk tanpa dipungut biaya alias gratis.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Tebet Eco Park

  1. Bermain di Children Playground

Menghabiskan waktu dengan si kecil tentu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain di zona Children Playground.

Salah satu permainan yang bisa dicoba adalah perosotan anak-anak. Selain itu, pengunjung juga bisa main panjat tebing di area bermain ini.

  1. Piknik di zona Community Lawn

Bagi Anda yang mencari tempat piknik di Jakarta yang nyaman dan gratis, Community Lawn di Taman Tebet ini bisa menjadi pilihannya. Pengunjung bisa menikmati taman sambil piknik bersama orang-orang tersayang.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Untuk Wisata Keluarga

Tempatnya asri dengan pepohonan rindang dan gundukan tanah yang bisa menjadi sekat. Jadi ada sedikit pembatas untuk kenyamanan Anda menikmati waktu bersama keluarga atau pasangan.

  1. Jogging di Infinity Link Bridge

Jogging di taman memang sudah menjadi tren tersendiri terutama bagi masyarakat urban. Warga Jakarta yang ingin jogging nyaman dan tidak panas, bisa melakukannya di Taman Tebet.

Infinity Link Bridge yang menghubungkan dua sisi Taman Tebet ini bisa digunakan sebagai jogging track. Jogging pagi di jembatan ini tentu lebih nyaman karena suasananya yang tidak terlalu panas. Pepohonan hijau yang tinggi mengelilingi jembatan sehingga pengunjung pun bisa merasakan suasana yang lebih sejuk.

  1. Bersantai di taman

Hadirnya taman hijau seperti Eco Park Tebet menjadi alternatif untuk tempat masyarakat beraktivitas. Taman yang dulunya bernama Taman Tebet ini merupakan tempat favorit bagi warga sekitar untuk bersantai sambil menikmati pemandangan hijau dan suasana yang tenang.

Cocok untuk tempat healing atau refreshing bagi Anda yang sudah terlalu penat dengan rutinitas. Bisa juga untuk para pasangan muda-mudi yang sudah bosan jalan-jalan ke mall. Taman yang dibangun begitu tertata ini memang nyaman untuk berbagai aktivitas outdoor.

Selain menikmati taman yang hijau, Anda juga bisa menikmati pemandangan berbeda pada malam harinya. Lampu-lampu taman yang indah menjadi pemandangan yang bisa dinikmati pengunjung sebelum taman ditutup.

  1. Jalan-jalan melewati Wetland Broadwalk

Lahan genangan air yang ada di Eco Park Tebet merupakan aset ekologis dari kawasan ini. Selain untuk fungsi pengendalian banjir dan peningkatan kualitas air, area ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi gratis bagi para pengunjung.

Terdapat fasilitas broadwalk yang bisa dilalui masyarakat untuk berjalan-jalan menikmati suasana taman. Menghirup udara segar dan pemandangan hijau dari taman-taman di sekelilingnya. Tidak hanya menyegarkan mata, pemandangan hijau dari area ini juga bisa menjadi background foto yang menarik.

Baca Juga:  Grand Village Jonggol, Tempat Liburan Keluarga Seru di Jawa Barat

Fasilitas

Taman yang dulunya merupakan Taman Honda Tebet ini menyediakan beragam fasilitas publik. Salah satunya adalah fasilitas tempat bermain anak yang sudah disediakan di zona children playground. Fasilitas olahraga berupa jogging track dan jalan setapak yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Fasilitas lain untuk pengunjung meliputi toilet, kios makanan, toilet, dan musala juga tersedia. Semua fasilitas tersebut dapat Anda jumpai di area Plaza. Di sini juga sudah disediakan fasilitas meja informasi untuk membantu para pengunjung.

Di Plaza juga tersedia fasilitas ampiteater yang menghadap pemandangan taman yang hijau. Sedangkan untuk fasilitas tempat parkir tidak ada di dalam area taman. Namun bisa menggunakan beberapa kantong parkir yang ada di sekitar Taman Tebet.

Itulah beberapa informasi mengenai Eco Park Tebet yang hits di Jakarta. Jika Anda membutuhkan tempat untuk healing, jogging, piknik, atau aktivitas outdoor lainnya, taman ini bisa menjadi pilihannya. Tempatnya yang nyaman dan asri cocok dikunjungi untuk refreshing atau sekadar nongkrong santai.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Lembah tepus bogor jawa barat

Nikmati Kesegaran Alam Nan Asri Hanya Di Lembah Tepus

Next Article
Putuk kembar mojokerto

Ide Wisata Romantis Putuk Kembar Mojokerto Terhits Saat Ini!