Kebun Teh Kemuning: Lokasi, Harga Tiket & Daya Tarik yang Dimiliki

Tiara Fitriyani
Written By Tiara Fitriyani
Penulis Konten Berpengalaman dengan riwayat kerja di industri media online. Terampil dalam Penulisan Konten, Produksi Video, dan Hubungan Masyarakat. Profesional di bidang media dan komunikasi yang kuat dengan gelar yang berfokus pada Komunikasi dari Universitas Indonesia dan Universitas Bakrie.

Kebun Teh Kemuning – Area perkebunan teh banyak sekali yang dijadikan sebagai tempat wisata. Perkebunan teh yang berada di Puncak Bogor mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda dan jika menyebutkan kata Puncak mungkin yang akan terlintas di benak Anda adalah perkebunan teh. Ya, perkebunan yang satu ini memang selalu menunjukkan kepopulerannya di mata para wisatawan.

Tahukah Anda ternyata Jawa Tengah juga memiliki keindahan perkebunan teh yang tidak kalah dengan yang ada di Puncak loh. Perkebunan ini bernama kebun teh kemuning, jika Anda berkunjung ke Karanganyar tempat wisata yang satu ini sangat wajib Anda kunjungi karena perkebunan ini menawarkan pengalaman yang unik untuk berwisata kebun teh.

Sejarah Asal Muasal, Rute Lokasi, dan Daya Tarik yang Dimiliki Perkebunan Teh Kemuning

Berlokasi tidak jauh dari kota Solo, kebun teh kemuning beralamat lengkap di daerah Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Jika Anda berangkat dari Solo tempat ini berjarak kurang lebih 42 km dari sana, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lebih tepatnya perkebunan ini berada di lereng Gunung Lawu yang berada di ketinggian 800 sampai 1540 mdpl.

Tahukah Anda kebun teh kemuning ternyata sudah ada sejak tahun 1925 loh, dahulu perkebunan ini masih di bawah kepemilikan Belanda yaitu perusahaan NV. Cultuur Maatschappij Kemuning. Hingga akhirnya kini dari tahun 2004 perkebunan yang memiliki luas mencapai 1501 hektar ini sudah di bawah pengelolaan PT. Sumber Abadi Tirta Sentosa.

  • Keindahan Alam

Ketika Anda memasuki tempat ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, sejuk dan asri. Pepohonan hijau mengisi area perkebunan dengan sangat indah dilengkapi dengan angin semilir yang sejuk, Anda akan merasakan ketenangan dan kesejukan jika berada di tempat ini.

Menariknya Anda sudah bisa mengunjungi tempat ini dari pukul 04.30 pagi untuk menyaksikan matahari terbit yang sangat indah sekaligus menyaksikan para pemetik teh yang sangat jarang Anda lihat. Anda juga akan merasakan pengalaman menarik yang belum pernah Anda rasakan, aroma teh yang wangi dan segar akan mengisi perkebunan ini di pagi hari.

  • Spot foto menarik

Kebun teh kemuning memiliki daya tarik yang luar biasa, tidak hanya pemandangan alam yang bisa Anda nikmati namun di sini Anda juga tidak boleh melewatkan untuk mengabadikannya dengan kamera Anda. Perkebunan ini menyediakan berbagai spot foto menarik yang wajib Anda coba, di setiap sisinya perkebunan ini memiliki area yang sangat indah dan sangat apik untuk difoto.

Tidak hanya area perkebunannya saja yang menawarkan spot foto indah namun di sini juga telah disediakan fasilitas untuk Anda bisa berfoto dengan adanya jembatan bintang dan spot foto lainnya yang bisa Anda coba. Anda juga bisa mengunjungi taman bintang dan lembah katresnan dengan biaya masuk masing-masing Rp 5000.

  • Eksplorasi perkebunan

Perkebunan teh memang selalu bisa mencuri perhatian para wisatawan. Anda akan selalu dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah, untuk menjelajahi tempat ini tersedia berbagai fasilitas yang bisa Anda coba seperti adanya jip, paralayang maupun ATV. Memiliki area yang sangat luas sehingga untuk bisa menjelajahi setiap sudut perkebunan, Anda dapat memakai fasilitas sewa yang disediakan.

Paralayang menjadi salah satu aktivitas eksplor paling favorit dan menantang karena dengan aktivitas ini Anda bisa mencoba pengalaman seru menjelajahi perkebunan dari ketinggian. Jika Anda ingin mencoba Anda perlu mengeluarkan biaya sewa jip sebesar 350 ribu, flying fox 10 ribu atau paralayang sebesar 350 ribu.

  • Wahana outbond dan camping

Tidak hanya kendaraan unik yang digunakan untuk menjelajahi seluruh area perkebunan saja namun di sini Anda juga bisa menikmati wahana outbound yang tidak kalah menantang dengan biaya 50 sampai 150 ribu dan juga mencoba pengalaman berkemah di area perkebunan.

  • Kuliner khas di perkebunan teh

Berlibur ke perkebunan teh tentu Anda tidak boleh ketinggalan mencicipi kenikmatan kesegaran minum teh secara langsung di area ini. Anda bisa mencicipinya ditemani dengan kuliner khas Solo yang sangat lezat.

Harga Tiket dan Jam Buka Kebun Teh Kemuning

Banyak sekali alasan penting mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini, salah satunya harga tiket yang perlu Anda bayarkan adalah gratis. Tanpa biaya apapun Anda sudah bisa masuk ke tempat ini dengan biaya parkir motor sebesar 2 ribu dan 5 ribu untuk mobil. Tempat ini dibuka selama 24 jam namun jika Anda ingin berlibur di tempat ini Anda bisa mengunjunginya dari pukul 4.30 sampai 17.00.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata menarik yang satu ini.

Leave a Comment