Pantai Marina Semarang, Daya Tarik, Kuliner dan Fasilitasnya

Ade Kurnia Irawan
Written By Ade Kurnia Irawan
Menjadi penulis konten lepas selama kurang lebih 2 tahun memberikan saya kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai topik tulisan. Saya pernah menulis berbagai artikel di media online dan blog.

Pantai Marina Semarang – Pantai Marina Semarang menjadi salah satu wisata pantai favorit dan sering dikunjungi wisatawan ketika musim liburan datang. Dikenal memiliki keindahan pantai yang menawan serta air laut yang tenang, membuat siapa pun betah berlama-lama berada di pantai yang satu ini.

Pantai ini sangat direkomendasikan untuk menjadi destinasi wisata keluarga tercinta karena selain memiliki pemandangan laut yang mempesona, Anda juga bisa melihat daya tarik lainnya dari pantai Marina ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Marina Semarang

Jika Anda penasaran dengan pesona apa yang ada di wisata pantai Marina ini, yuk simak apa saja daya tarik yang dimiliki oleh wisata pantai yang satu ini.

1. Pemandangan sunset dari spot terbaik

Pantai Marina memiliki spot terbaik yang menyajikan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang luar biasa mempesona. Khususnya jika Anda memilih di waktu yang tepat yaitu ketika arus laut lebih tenang dan langit bersih serta cerah. Anda juga bisa menikmati sunset sembari menikmati sajian kuliner khas Semarang yang ada di tepian pantai Marina ini.

2.  Berburu foto kekinian

Pantai Marina ini juga menyediakan beberapa spot berfoto yang menarik dan kekinian untuk memfasilitasi para kawula muda berburu foto yang instagrammable. Salah satu spot yang paling favorit di wisata pantai ini adalah spot berupa jembatan yang menghadap ke arah laut.

Spot berupa jembatan yang terbuat dari bahan material kayu tersebut memang benar-benar mengarah langsung ke laut lepas. Sehingga sangat pas jika dijadikan spot terbaik untuk mengambil momen liburan bersama keluarga atau sahabat tercinta di pantai Marina.

3. Berenang dan bermain pasir

Arus dan ombak di pantai ini memang dikenal tak begitu besar, hal itu membuat banyak pengunjung pantai yang bisa dengan bebas berenang, bermain air atau pasir di tepian pantai dengan aman. Hamparan pasir putihnya yang lembut sangat tepat untuk menjadi area bermain si kecil yang aman dan nyaman.

4.  Naik kapal menyusuri tepian pantai

Anda juga bisa mencoba pengalaman baru dengan naik kapal nelayan yang disewakan untuk berkeliling menyusuri tepian pantai. Hanya dengan biaya sewa kapal sebesar 5 ribu rupiah per orang, Anda sudah bisa menikmati pemandangan laut langsung dari atas laut pantai Marina.

Jangan lupa untuk mengenakan pelampung sebagai perlengkapan pengaman diri dan selalu memperhatikan instruksi dari pengendali kapal ketika naik kapal ya.

Menikmati Sajian Kuliner di Wisata Pantai Marina

Di wisata Pantai Marina Semarang ini, Anda bisa menikmati aneka ragam olahan hasil laut khas Semarang yang lezat tiada tara. Seperti misalnya olahan hewan laut seperti udang, kepiting, ikan, cumi-cumi, kerang, lobster dan aneka jenis makanan serta minuman yang khas dari pantai Marina.

Di sekitar pantai ada banyak sekali rumah makan atau restoran yang menyajikan olahan makanan laut yang dimasak oleh chef yang berpengalaman di bidang memasak seafood tentunya.

Pantai Marina Semarang Photo
Pantai Marina Semarang Photo

Selain itu, pantai Marina juga memiliki beberapa restoran yang favorit di kalangan wisatawan yang mana memiliki sajian utama berupa menu Eropa seperti salad, soup, seafood, pasta dan lain sebagainya dengan harga yang cukup terjangkau semua kalangan.

Ada juga restoran keluarga yang menyajikan menu utama berupa Chinese Seafood dengan menu yang ditawarkan oleh mereka diantaranya adalah capcay, bistik, cah sayuran, bakmi dan lain sebagainya. Selain menyajikan kuliner yang lezat, pemandangan pantai di restoran ini juga sangat menyegarkan pandangan mata.

Fasilitas Umum Wisata Pantai Marina Semarang

Nah untuk mendukung kenyamanan pengunjung pantai ini, pihak pemerintah kabupaten Semarang menyediakan beberapa fasilitas untuk digunakan secara umum pengunjung wisata Pantai Marina Semarang ini. Beberapa fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Toilet umum
  • Area parkir yang cukup luas
  • Mushola
  • Penginapan
  • Pusat belanja oleh-oleh dan cinderamata di wisata pantai Marina
  • Wisata kuliner Semarang
  • Gazebo yang nyaman
  • Keamanan pengunjung pantai
  • Warung makan
  • Sewa kapal nelayan
  • Spot untuk melihat matahari terbenam

Harga Tiket Wisata Pantai Marina Semarang

Untuk masuk ke area wisata Pantai Marina Semarang, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah per-orang yang berlaku untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan tarif sebesar Rp.3.000,-/motor dan tarif sebesar Rp.5.000,-/mobil.

Rute Menuju Wisata Pantai Marina Semarang

Untuk mencapai lokasi wisata pantai, catat alamat lengkap pantai Marina. Yaitu berada di jalan Yos Sudarso, kecamatan Tawangsari, kota Semarang provinsi Jawa Tengah. Lebih mudahnya wisata pantai ini ada di dekat pelabuhan Puri Maerokoco dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Rute terbaik yang bisa Anda pilih untuk menuju wisata pantai Marina ini adalah jika berasal dari arah Tugu Muda Semarang, maka bisa mengambil jalur arah barat hingga sampai di Bundaran Kali Banteng. Kemudian setelah Anda berada di jalan RE. Martadinata, ambil jalur kiri untuk menuju ke arah PRPP atau supermarket Giant. Lokasi wisata pantai Marina memiliki jalur yang sangat dekat dari pantai Maron dan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Jam Buka Wisata Pantai Marina Semarang

Semua pengunjung pantai Marina ini bisa berkunjung kapan saja karena wisata pantai ini buka selama 24 jam penuh setiap harinya. Untuk itu, pengunjung pantai bisa lebih leluasa untuk memilih waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai sembari melihat matahari terbit atau terbenam dari spot terbaik yang ada di wisata Pantai Marina Semarang.

Leave a Comment