Taman Bungkul, Taman Ikonik Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Taman Bungkul – Surabaya merupakan kota metropolitan sehingga banyak yang mengidentikkan dengan sesuatu yang mahal termasuk berbagai tempat wisatanya. Akan tetapi tidak semuanya mahal salah satunya yaitu taman bungkul.

Tempat ini bisa kalian nikmati secara gratis dan tentunya merupakan spot favorit untuk berlibur bersama dengan keluarga. Taman ini adalah satu-satunya area hijau yang ada di jantung kota.

Saat malam tiba berbagi lokasi vegetasi tadi akan menjadi kawasan yang terlihat hangat karena lampu tamannya.

Sekilas Mengenai Wisatanya

Taman ini merupakan lahan revitalisasi dan dana yang dibutuhkan sebanyak 1.3 miliar rupiah dengan waktu pengerjaan 2 tahun.

Setelah proses revitalisasi selesai maka diresmikan pada 21 Maret 2007. Lalu dilakukan revitalisasi kembali di tahun 2014.

Revitalisasi pada tahun 2014 terjadi akibat taman yang rusak saat proses pembagian es krim gratis. Namun saat ini kondisinya sudah baik dengan penambahan berupa lubang biopori untuk drainase.

Daya Tarik

Daya tarik yang ditawarkan tentu saja taman itu sendiri serta fasilitas lain yang tersedia menjadi sebuah daya tarik lainnya.

Taman Bungkul Malam Hari
Taman Bungkul Malam Hari

Taman ini memang mengusung sebuah konsep dari Ruang terbuka Hijau. Kalian bisa menemukan ribuan spesies tanaman yang tumbuh dengan subur disana. Tanaman tadi disusun dan dirawat dengan baik sehingga dapat tumbuh subur.

Kuliner

Salah satu kuliner di taman bungkul yang tidak boleh dilewatkan yaitu pecel semanggi. Kuliner ini di jalan dengan berkeliling dengan kerupuk puli sebagai pelengkapnya.

Bahan utamanya yaitu daun semanggi muda kukus serta daun pendukung lain berupa kangkung dan kecambah. Nantinya sayuran tersebut disiram menggunakan bumbu pecel.

Bumbu pecelnya dari olahan kacang tanah goreng dan diolah bersama bumbu lain seperti petis, garam, gula merah, bawang putih, bawang merah, cabai, serta ubi. Harganya cukup terjangkau sekitar 10 ribu saja dan itu termasuk dengan 2 buah kerupuk puli.

Fasilitas

Untuk kalian yang pernah mengunjungi taman bungkul nantinya akan melihat berbagai fasilitas yang tidak ditemukan pada taman lainnya.

  • Amphitheater

Ini merupakan fasilitas unggulan yang bisa kalian manfaatkan untuk tempat pertunjukan musik maupun berbagai jenis lainnya. Bangunan ini terletak di tengah taman berbentuk lingkaran berdiameter 33 meter.

  • BMX & Skate Track

Tersedia track khusus untuk bermain sepeda BMX serta skateboard. Jadi tidak mengherankan jika tangan ini selalu ramai hingga malam hari karena dipenuhi oleh anak muda yang bermain BMX maupun skateboard.

  • Hotspot gratis

Tersedia hotspot gratis bagi pengunjung yang mana ini adalah upaya pemerintah guna memberikan fasilitas kepada warganya pada kebutuhan internet.

  • Jogging track

Untuk kalian yang ingin berjogging juga disediakan track yang sangat memadai. Pepohonan rimbun membuat track lari ini terasa nyaman untuk lari di sore hari.

  • Kran air

Menariknya lagi tersedia fasilitas keran air yang mampu mengeluarkan air bersih dan siap minum. Sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot mencari air bersih. Bahkan kalian juga bisa mengisi ulang bekal air minum yang habis.

  • Playground

Tersedia berbagai wahana permainan seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya untuk dimainkan oleh anak-anak. Semua wahana tadi bisa dinikmati secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun.

  • Sentra kuliner

Terdapat sentra kuliner dan lokasinya tidak terlalu jauh dari taman bungkul. Nantinya kalian bisa menemukan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ringan serta makanan khas Jawa Timur seperti rujak cingur dan lainnya.

  • Area parkir

Area parkirnya memadai pada beberapa titik. Untuk keamanannya tidak perlu diragukan lagi karena ada juru parkir yang siap menjaganya.

Namun memang pada saat musim liburan tempat parkir yang tersedia akan penuh sesak sehingga kalian akan sedikit kesulitan dalam menemukan tempat parkirnya.

Harga Tiket

Tentunya saat berkunjung ke taman ini kalian harus mengetahui besaran biaya yang dikeluarkan, maka berikut ini adalah rinciannya.

  • HTM Gratis
  • Parkir Mobil Rp5.000 per 1 jam pertama
  • Parkir Motor Rp3.000 per 1 jam pertama

Biaya parkirnya ini akan bertambah setelah 1 jam pertama karena diterapkannya sistem parkir progresif di tahun 2021 lalu. Penambahan biaya parkir sebesar Rp1.000-Rp2.000 setelah 1 jam pertama dan penambahan tadi dihitung per jam.

Rute

Lokasi taman yang ada di pusat kota yaitu Jalan Raya Darmo, Kota Surabaya. Lokasinya strategis sehingga dapat diakses oleh kendaraan umum.

Jika menaiki bis maka dari Jalan Waru – Jalan Jenderal Ahmad Yani – Jalan Raya Wonokromo – Jalan Darmo lalu tibalah ke lokasi taman.

Jam Buka

Kalian bisa datang berkunjung ke taman ini kapan pun entah pagi ataupun malam hari dan tentunya suasana yang berbeda akan kalian dapatkan.

Taman bungkul bisa dijadikan alternatif tempat wisata ramah anak dan murah. Sehingga bagi kalian yang memiliki budget tipis namun ingin berlibur maka bisa datang ke taman ini.

Leave a Comment