Wisata Sumber Gempong Yang Lagi Hits Di Sosial Media

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Sumber Gempong – Bila Anda sedang membuat daftar wisata untuk liburan di Jawa Timur, kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk mengisi waktu liburan Anda bersama keluarga, teman, sahabat maupun pacar. Kami akan memberikan secara detail tentang wisata Sumber Gempong mulai dari alamat, apa saja yang ada di tempat tersebut, jam operasional, harga tiket masuk hingga fasilitas yang ada.

Lokasi ini merupakan wisata alam baru yang ada di daerah Mojokerto yang dilengkapi dengan suasana persawahan. Wisata ini dirilis tahun 2018 dengan banyaknya influencer yang merekomendasikan lewat sosial medianya maka tempat ini menjadi ramai hingga saat ini. Tempat wisata ini menonjolkan persawahan sehingga banyak yang bilang bahwa wisata ini seperti berada di Ubud Bali.

Wisata sawah yang memiliki mata air jernih dari pegunungan membuat daya tarik wisatawan. Menurut warga meskipun musim kemarau namun air tidak pernah kering untuk mengairi sawah. Dengan berwisata ke tempat tersebut Anda bisa mengedukasi anak-anak sambil liburan. Tidak hanya itu, Anda bisa menikmati pemandangan sawah yang jauh dari polusi kota karena begitu asrinya.

Beragam Wahana di Sumber Gempong

Bila Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa melihat Gunung Penanggungan yang diiringi dengan udara yang sejuk serta banyak kicauan burung-burung yang membuat nyaman. Tidak hanya menikmati persawahan dan pemandangan alam lainnya. Namun Anda bisa menikmati wahana yang ada di tempat ini seperti sepeda gantung, kereta mini, kolam pemandian, ATV, dan perkemahan. Berikut akan kami beberapa wahana yang bisa Anda nikmati.

Camping Ground

Wisata ini menyediakan paket kemah untuk Anda yang berlibur ke tempat ini. Anda bisa menikmati alam dengan bercamping. Harga yang ditawarkan berbeda-beda, bila Anda ingin menikmati hanya seorang diri hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000 sedangkan bila Anda ingin bercamping bersama keluarga bisa memilih paket keluarga yang mengeluarkan uang sebesar Rp. 135.000.

Fasilitas yang didapat berupa tiket masuk tempat wisata, kasur serta bantal, tenda dome untuk dua orang, toilet, penerangan dan sarapan dengan menu tradisional. Bila Anda menggunakan paket VIP sebesar Rp. 225.000. Bila Anda memilih paket VIP akan mendapatkan fasilitas berupa tenda dome untuk 3 sampai 4 orang, lampu tumbir, kasur dan bantal, charger listrik, toilet dan sarapan dengan menu tradisional. Bila Anda ingin memesan makanan untuk makan siang atau malam Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.20.000 per porsi.

Kolam Pemandian

Sudah dijelaskan pada tulisan di atas bahwa tempat ini memiliki aliran air yang jernih karena dari sumber air langsung. Anda bisa berendam ataupun berenang di tempat ini sambil menikmati keindahan sekitar. Tidak perlu khawatir bila Anda berlibur bersama keluarga sebab di samping kolam terdapat gazebo yang digunakan untuk mengunjung istirahat atau bersantai.

Wahana Permainan

Bila Anda mengunjungi tempat ini bersama keluarga Anda bisa menikmati wahana ini bersama anak-anak Anda. Di wahana ini Anda banyak menemukan banyak permainan seperti bebek air, sepeda layang, becak terbang hingga menunggangi kuda. Untuk menikmati wahana ini Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 per orang sekali permainan.

Wisata kuliner

Setelah menikmati keindahan dan wahana yang tersedia di wisata Sumber Gempong Anda bisa menikmati kuliner juga di mana Anda makan dengan suasana pematangan sawah yang indah sehingga selera makan menjadi nikmat. Di wisata tersebut terdapat tempat makan bernama Warung Tetedan yang menyediakan berbagai macam menu khas Nusantara seperti tahu campur, sop daging dan menu lainnya yang pastinya enak. Harga makanan dan minumannya pun tidak membuat dompet Anda menjadi ludes karena harga mulai dari Rp. 10.000 per porsi.

Menginap di homestay

Bila Anda berasal dari luar kota tidak perlu khawatir sebab tempat ini menyediakan tempat penginapan atau homestay yang fasilitasnya sudah lengkap sehingga tidak perlu repot untuk membawa peralatan. Tarif untuk homestay dikenakan biaya sebesar Rp. 400.000 untuk dua hari satu malam. Dengan begitu Anda bisa menikmati pemandangan Daerah Mojokerto selama dua hari.

Untuk harga tiket masuk Sumber Gempong sangat murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 saja maka sudah bisa menikmati wisata tersebut. Sehingga wisata ini cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar wisata saat berlibur Anda bersama keluarga ataupun teman.

Harga tiket wahana permainan lainnya yang bisa Anda coba :

  • Kereta Sawah 10k per orang
  • Jantra 10k per orang
  • Becak Terbang 20k per orang
  • Sepeda Layang 15k per orang
  • ATV 25k per orang
  • Bebek Air 20k per orang
  • Kuda Tunggang 30k per orang

Masalah fasilitas di wisata ini tidak perlu ditanyakan, karena sudah termasuk lengkap. Fasilitas terdiri dari toilet, mushola, area parkir, warung makan, camping ground, gazebo, kolam pemandian, wahana permainan dan homestay.

Lokasi Sumber Gempong berada di Sukorame Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Jam operasional wisata ini yaitu buka pada hari Senin hingga Jumat mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Dengan berkunjung ke wisata Sumber Gempong Anda bisa menikmati destinasi wisata alam dengan tema persawahan. Apalagi banyak spot yang bagus untuk didokumentasikan dan di upload ke sosial media pribadi Anda. Banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati untuk mengisi waktu liburan Anda. Kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sawah dan udara yang sejuk. Anda bisa juga melakukan fotografi di area persawahan tersebut karena banyak spot yang menarik untuk difoto.

Tips saat mengunjungi wisata ini

  • Waktu yang tepat untuk menikmati aktivitas liburan di wisata ini enak untuk dinikmati bila di pagi hari.
  • Bawa uang lebih untuk menikmati wahana permainan dari wisata ini. Apalagi bila Anda berkunjung ke tempat ini bersama keluarga.
  • Siapkan kamera bila Anda menyukai dunia fotografi. Namun bila tidak memiliki kamera siapkan saja memori handphone untuk memotret keindahan dan kegiatan liburan Anda selama berwisata ke tempat ini.
  • Berkunjunglah ke wisata Sumber Gempong bersama keluarga, teman-teman ataupun sahabat.

Wisata ini Anda bisa masukkan ke dalam daftar rencana liburan Anda. Wisata ini hanya perlu mengeluarkan sebesar Rp 5000 per orang. Namun untuk menikmati wahana yang lain Anda harus menyiapkan uang mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per orang. Tidak hanya wahana permainan namun wisata ini memiliki tempat untuk camping, kolam pemandian, wisata kuliner dan homestay.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Sumber Gempong. Wisata ini berada di Sukorame Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Jam operasional wisata ini yaitu buka pada hari Senin hingga Jumat mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Leave a Comment