Kopi Klotok Jogja, Ikonik Kuliner Di Yogyakarta

Avatar of k setiawan
Kopi klotok jogja
Kopi Klotok Jogja

Salah satu kota yang memang menarik dan memiliki cukup banyak destinasi atau spot wisata itu adalah kota Jogja. Dan bila berkunjung ke kota Jogja jangan lupa mampir ke kopi Klotok Jogja yang memang sangat ikonik dan juga sangat menarik. Bagi Anda pecinta kopi, Anda harus mampir ke tempat kuliner ini, karena memang rasanya yang khas itu sangat layak dicoba.

Kopi klotok
Kopi Klotok

Salah satu hal yang mungkin banyak dicari pada saat Anda berlibur itu sudah pasti adalah soal wisata kuliner. Dan salah satu tempat kuliner yang ada di Jogja yang memang cukup menarik dan khas, sehingga pastikan Anda mampir saat Anda ke Jogja. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa informasi mengenai tempat kopi Klotok yang ada di Jogja ini.

Daya Tarik Kopi Klotok

Ada beberapa daya tarik yang dimiliki oleh tempat kuliner ini, salah satunya itu adalah alasan yang membuat kopi ini diberi nama Klotok. Daya tarik inilah yang kemudian membuat banyak orang kemudian merasa tertarik untuk mencoba kuliner di kopi Klotok Jogja ini. Dan berikut ini beberapa daya tariknya yang harus Anda ketahui sebelum Anda mencoba kuliner tersebut.

1.    Proses Pembuatan

Tentunya kopi Klotok ini memiliki rasa yang khas dan juga memiliki metode yang jelas berbeda dengan pembuatan kopi yang lainnya. Dan memang nama Klotok ini memang diambil dari proses pembuatan kopi yang ada di kopi Klotok ini. Jadi cara membuat kopi Klotok ini memang cukup berbeda dengan yang lainnya, karena bubuk kopi akan dimasak bersama dengan airnya.

Baca Juga:  9 Spot Menarik Umbul Sidomukti, Cocok Untuk Healing!

Setelah bubuk kopi sudah agak dimasak sedikit, kemudian barulah ditambahkan air ke dalam ke dalam panci dengan arang. Setelah itu akan kopi dan air tersebut akan di masak sampai mendidih dan kemudian akan bunyi klotok-klotok. Nah dari bunyi itulah yang membuat nama dari kopi ini adalah kopi Klotok dan sangat terkenal saat ini.

2.    Konsep Prasmanan

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh kuliner kopi Klotok Jogja ini adalah soal konsep mengambil makanannya, yakni dengan konsep prasmanan. Jadi berbagai makanan yang ada di tempat kuliner ini akan disajikan pada satu tempat, dan Anda bisa dengan bebas mengambilnya. Anda bisa mengambil sendiri makanannya karena konsep prasmanan, dan kemudian Anda memberikan ke penjaga untuk dihitung harganya.

Ini adalah salah satu konsep yang menarik, sehingga Anda bisa dengan bebas mengambil makanan yang ingin Anda makan. Konsep seperti ini sangat menarik dan juga jadi lebih fleksibel mengenai porsi dan juga jenis makanan yang akan Anda makan.

3.    Mengusung Konsep Bangunan Tradisional

Daya tarik berikutnya adalah dari sisi bangunan tempat kuliner ini yang bisa dibilang sangat menarik dan unik. Karena konsep bangunannya itu menggunakan konsep bangunan tradisional Jogja yang membangun suasana yang asri. Dengan begitu hawa menikmati kuliner dan juga kopi di sini pun jadi lebih tenang dan membawa suasana pedesaan.

Karena konsep bangunan tradisional itulah yang membuat banyak orang ingin mencicipi kuliner kopi Klotok Jogja ini.

Lokasi Dan Rute

Tentunya sebelum Anda menuju ke tempat kuliner tersebut, Anda itu perlu tahu secara pasti lokasi dan juga rute menuju ke sana. Kopi Klotok Jogja jl. Kaliurang ini lokasi tepatnya di No. KM 16 area sawah, Pakembinangun, kecamatan Pakem kabupaten Sleman Yogyakarta. Dan akses untuk bisa mencapai lokasi tempat wisata ini pun terbilang sudah sangat mudah, sehingga bisa Anda gunakan kendaraan motor atau mobil.

Baca Juga:  De Potrek Coffee Batu, Tempat Kopi Rasa Di Puncak Bromo!

Untuk rute sendiri Anda bisa menggunakan jalan Kaliurang KM 16 dari pusat kota Jogja, nanti ada gang di sisi kanan yang terdapat plang. Nah Anda tinggal masuk ke gang yang ada plang kopi Klotok untuk mencapai tempat wisata kuliner yang menarik ini.

Anda pun bisa juga memakai transportasi umum ya, Anda bisa naik bus dari terminal Condong Catur dan mencari tujuan Kaliurang. Nanti Anda akan turun di Kilometer 16 Kaliurang, dan itu sudah sangat dekat dengan kopi Klotok Jogja ini. Rutenya terbilang sangat mudah lho, Anda pun bisa memakai aplikasi Maps untuk mencari rute yang terbaik.

Informasi Menu Kopi Klotok

Sebagai langkah persiapan, salah satu hal yang harus Anda ketahui itu adalah soal kopi Klotok Jogja menu makanan dan minuman. Dengan begitu Anda akan bisa membayangkan akan memakan apa atau juga memesan minuman apa saat sampai di sana. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa menu yang terdapat di tempat kuliner ini.

  1. Menu Sayuran

Untuk menu sayuran sendiri ada beberapa, berikut beberapa di antaranya.

  1. Lodeh Terong harganya 6500
  2. Lodeh tempe lombok ijo 6500
  3. Lodeh Kluwih harganya 6500
  4. Sayur Asem harganya 6500
  5. Sambal Dadak 500
  6. Menu Nasi

Untuk nasi ada 2 menu yakni nasi putih 3500 dan juga sego megono 6500

  1. Lauk

Lauk yang tersedia ada beberapa pilihan, berikut pilihannya.

  1. Tempe Garit 1500
  2. Tahu bacem 3500
  3. Telur Krispi 5500
  4. Pindang goreng 2500
  5. Jajanan

Di tempat kuliner ini juga ada jajanan, berikut pilihannya.

  1. Pisang Goreng dengan harga 6500
  2. Jadah Goreng harganya 6500
  3. Minuman

Untuk menu minuman itu ada beberapa, berikut pilihan minuman yang ada di kopi Klotok Jogja.

  1. Teh Tawar harga 1000
  2. Teh manis panas 3000
  3. Es teh manis 4000
  4. Jeruk panas atau es jeruk 5000
  5. Wedang Jahe 6500
  6. Teh tubruk gula batu 6500
  7. Kopi Klotok 5000
Baca Juga:  9 Tempat Wisata Trawas Prigen Yang Hits Dan Menawan

Untuk menunya sendiri ada juga paket nasi dengan sayur lengkap, harganya itu adalah 11500.

Fasilitas

Fasilitas pada tempat kuliner ini pun sangat lengkap, sehingga Anda akan bisa mendapatkan kenyamanan saat berkunjung. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di tempat kuliner kopi Klotok ini.

  1. Terdapat area parkir yang cukup luas, sehingga Anda tidak bingung memarkirkan kendaraan Anda.
  2. Tersedia juga toilet yang cukup banyak, dan juga terdapat mushola untuk Anda yang ingin beribadah sholat.
  3. Ada kursi dan meja yang bisa menampung banyak orang yang ingin kulineran di sini.

Tips Berkunjung

Ini adalah salah satu tempat kuliner yang cukup ramai, karena itu Anda perlu berkunjung dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk Anda berkunjung ke tempat kuliner ini.

  1. Untuk menghindari antre, Anda bisa berkunjung pagi sebelum buka atau mungkin hindari hari libur. Jadi Anda datang di hari kerja.
  2. Jangan datang sendiri, supaya ada yang bertugas mengambil makanan dan ada yang mencari tempat duduk.

Anda bisa lesehan menggunakan tikar di dekat sawah untuk menikmati pemandangan di kopi Klotok Jogja ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Surabaya north quay

10 Tempat Rekreasi di Surabaya Murah dan Unik!

Next Article
Bukik cinangkiak solok

Daya Tarik, Lokasi dan Wahana Wisata Bukik Cinangkiak Solok