Makam Sunan Gunung Jati, Jejak Wisata Religi di Cirebon

Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Written By Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Copywriter at Wunderman Thompson. Hobi Travelling

Tahukah Anda siapa Wali Songo itu? Wali Songo merupakan pemuka agama Islam yang telah menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Para tokoh terdahulu ini sangat populer bagi umat Islam dan sangat dihormati.

Salah satu dari Wali Songo tersebut adalah Sunan Gunung Jati, beliau memiliki nama asli Syarif Hidayatullah yang dahulu juga pernah memimpin Kesultanan Cirebon. Nah di Cirebon ini terdapat situs makam yang dianggap sangat sakral karena di sini terdapat makam dari Sunan Gunung Jati. Banyak para peziarah yang datang ke makam ini untuk memanjatkan doa.

Sejarah Singkat Makam Sunan Gunung Jati

Sama seperti kompleks permakaman anggota Wali Songo lainnya, makam dari Sunan Gunung Jati juga tidak sepi oleh para peziarah. Sunan Gunung Jati merupakan pemimpin dari Kesultanan Cirebon yang terkenal karena dapat membuat daerah Cirebon menjadi daerah yang sangat makmur. Beliau juga terkenal akan kepemimpinannya yang adil dan bijaksana.

Makam Sunan Gunung Jati Photo
Makam Sunan Gunung Jati Photo

Makam ini sebelumnya merupakan sebuah Astana hingga akhirnya Sunan Gunung Jati wafat dan dimakamkan di tempat yang hingga kini terkenal dengan nama makam sunan gunung jati.

Informasi Biaya Tiket Masuk dan Lokasinya

Tempat ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Jadi Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini namun jika Anda bersedia untuk infaq di tempat ini juga menyediakan tempat khusus infaq yang akan dikelola oleh pihak makam sunan gunung jati.

Selain infaq jika Anda berniat untuk bersedekah, Anda juga bisa menyiapkan uang kecil untuk diberikan kepada peminta-minta yang biasanya ada di pintu masuk.

Lokasi dari makam itu sendiri terletak di Jalan Alun-Alun Ciledug No. 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Tempat ini cukup mudah untuk dijangkau, jika Anda pergi dari kota Cirebon maka Anda bisa melalui Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo kemudian ke Jalan Lohbener-Cirebon. Rute alternatif selanjutnya, Anda juga bisa melewati Jalan Raya Cirebon-Indramayu lalu ke Jalan Sunan Gunung Jati.

Daya Tarik yang Dimiliki Makam Sunan Gunung Jati

  • Desain arsitektur yang dimiliki

Bangunan dari tempat ini dibangun dengan desain arsitektur yang sangat menarik, bangunan kuno ini memiliki desain perpaduan antara Cina, Arab dan Jawa.

Hal tersebut terlihat pada bagian dinding interiornya yang sangat bergaya Cina dengan hiasan keramik dan juga porselen. Tidak hanya dindingnya saja yang dihiasi dengan keramik, lantai yang ada di bangunan ini sampai area pusara juga didesain dengan keramik antik yang sudah berusia ratusan tahun.

Selain keramik, adanya ukiran kaligrafi juga menghiasi bagian dinding yang sangat identik dengan gaya arsitektur Arab seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Lalu sedangkan arsitektur Jawanya terlihat pada atap bangunan ini berbentuk limas yang sangat khas dengan budaya Jawa.

  • Terdapat 9 pintu

Tahukah Anda ternyata di bangunan ini terdapat beberapa pintu berjumlah 9 yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut karena setiap pintu ini memiliki nama yang berbeda-beda, itulah yang menjadikan tempat ini memiliki daya tarik yang cukup unik. Nama pintu-pintu tersebut diantaranya Gapura, Krapyak, Pasujudan, Ratnakomala, Jinem, Rararoga, Kaca, Bacem, Kesembilan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jika Anda mengunjungi tempat ini Anda hanya diperbolehkan masuk sampai ke pintu 5 saja sedangkan untuk pintu 6 sampai 9 hanya diperbolehkan untuk para keturunan dari Sunan Gunung Jati saja.

  • Fasilitas yang disediakan

Berbagai fasilitas di tempat umum telah lengkap di sediakan di tempat ini. Anda bisa menikmati area parkir yang cukup luas yang bisa diisi oleh berbagai kendaraan mulai dari motor, mobil, hingga bus pariwisata juga bisa terparkir di tempat ini.

Selanjutnya fasilitas seperti toilet dan kamar mandi juga bisa Anda dapatkan, toilet yang ada selalu bersih karena dijaga kebersihannya. Selain itu Anda juga tidak hanya menemukan satu unit, namun terdapat beberapa kamar mandi ada di sana.

Tidak lupa pastinya di sini terdapat mushola yang bisa digunakan para peziarah yang dilengkapi dengan peralatan sholat yang ada di sana. Jika Anda lapar Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat ini tersedia beberapa tempat makan yang menyediakan makanan khas Cirebon yang sangat terkenal. Jadi jika Anda baru pernah mengunjungi tempat ini, Anda wajib sekali mencicipi kuliner khas dari Cirebon.

Lalu jika Anda ingin membeli oleh-oleh Anda juga akan menemukan beberapa toko souvenir di sekitar makam sunan gunung jati ini. Kemudian di sekitar tempat religi, Anda juga akan menemukan beberapa penginapan yang ditawarkan untuk para peziarah yang berasal dari luar kota.

Itulah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui, sebelum mengunjungi tempat wisata religi ini ada baiknya Anda mengetahui segala informasi yang ada.

Leave a Comment