Pantai Ngrenehan – Ketika Anda berlibur ke Jogja rasanya tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke pantainya. Jogja memang memiliki pesona pantai yang sangat indah yang bisa memanjakan diri Anda bersama keluarga saat liburan tiba. Berbagai destinasi pantai di Jogja menyajikan panorama alam dan suasana yang sangat menenangkan.

Salah satu destinasi pantai yang ada di Jogja adalah pantai yang bernama Ngrenehan. Pantai indah khas pantai Gunung Kidul ini sangat wajib Anda kunjungi karena pasti Anda tidak akan kecewa dengan suguhan panorama yang sangat menawan. Jadi jika berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk mampir ke pantainya.

Sejarah Singkat Pantai Ngrenehan

Sebuah nama tentunya memiliki arti begitu juga dengan pantai di gunung kidul ini. Tradisi Jawa juga menyebutkan bahwa pemberian nama dari suatu tempat juga biasanya berkaitan erat dengan adanya kisah atau legenda yang sudah dipercaya turun temurun. Ngrenehan berasal dari bahasa Jawa, dahulu nama ini ternyata diberikan oleh Raja dari Kerajaan Demak yang pertama yaitu Raden Patah.

Pada masa itu nama tersebut diberikan ketika sang raja pergi ke pantai tersebut untuk mencari ayahnya yang hilang dan pergi dari istana. Alasan kepergian sang ayah karena beliau menolak untuk menjadi seorang muslim. Seperti yang diketahui pada masa kerajaan yang ada di Indonesia dahulu masih terjadi banyak sekali penyebaran-penyebaran berbagai agama.

Ngrenehan ini berasal dari kata rene yang artinya sini kemudian diserap juga menjadi kata pangrena yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ajakan. Istilah ini disebutkan sang raja untuk mengajak ayahnya sehingga oleh masyarakat sekitar, pantai ini diberi nama Ngrenehan yang artinya marilah ke sini.

Lokasi Beserta Rutenya

Pantai Ngrenehan ini terletak di Desa Kanigoto, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini juga terkenal sebagai tempat untuk pelelangan ikan dan tempat jual beli ikan hasil tangkapan nelayan sekitar. Jika Anda berangkat dari pusat kota Jogja maka Anda bisa menuju ke daerah Piyungan kemudian Anda bisa ke daerah Pathuk, selanjutnya Anda ke Sambipitu dan nantinya Anda akan menemukan lapangan terbang dengan tulisan Gading.

Setelah sampai di daerah ini nanti Anda akan menemukan persimpangan, nah di persimpangan ini Anda bisa memilih daerah ke Playen lalu ke pasar Trowono. Jika sudah sampai di pasar Trowono Anda bisa mengambil perjalanan ke Desa Kanigoro. Nah jika sudah di Desa Kanigoro Anda akan bertemu petugas penjaga kawasan, di sini Anda bisa membeli tiketnya secara langsung.

Perlu Anda ketahui juga bahwa akses untuk menuju ke pantai ini sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi Anda baik motor atau mobil.

Informasi Harga Tiket Dan Jam Operasional yang Berlaku

Harga tiket pantai ini yaitu sebesar 5000 saja, selain itu Anda juga perlu membayar parkir sebesar 3000 untuk motor dan 5000 untuk mobil sedangkan untuk bus terdiri dari dua, bus sedang sebesar 15000 dan bus besar sebesar 20000. Pantai ini juga buka selama 24 jam jadi Anda bisa bebas mengunjungi pantai ini kapan pun Anda mau.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrenehan

  • Adanya keindahan teluk dan bukit karang

Keindahan dari pantai ini yaitu dikelilingi oleh perbukitan karang dan berkapur. Jadi di pantai ini terdapat sebuah bukit berupa bukit karang yang dipenuhi oleh adanya fosil cangkang dan kerang yang unik.

Dari bukit ini Anda bisa melihat pemandangan pantai yang sangat indah. Tidak hanya pantai saja namun dari atas bukit Anda juga bisa menyaksikan teluk yang sangat indah di pantai tersebut.

  • Berenang di pantai

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di pantai ini salah satunya adalah berenang. Pantai Ngrenehan berbentuk teluk sehingga memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan sangat cocok untuk berenang.

  • Melihat upacara adat

Berbagai upacara adat masih dilaksanakan di pantai ini, sebagai bentuk warisan budaya Nusantara, tidak hanya warisan budaya saja namun upacara ini juga berkaitan erat dengan tradisi agama Hindu. Anda bisa menyaksikan upacara ini di saat malam bulan purnama atau saat hari raya Nyepi.

  • Spot foto

Pantai berpasir putih memiliki keindahan yang sangat luar biasa dan selalu dikagumi para wisatawan yang datang. Berbagai spot foto menarik bisa Anda dapatkan dengan latar bukit berkapur dan langit biru yang sangat cerah dan indah.

  • Mencicipi wisata kuliner

Terkenal sebagai kampung nelayan, di pantai Ngrenehan Anda bisa mencicipi berbagai menu lezat khas tangkapan dari laut seperti ikan goreng lengkap dengan sambalnya yang menggiurkan.

  • Fasilitas

Berbagai fasilitas lengkap bisa Anda dapatkan di pantai ini mulai dari tempat parkir, mushola, warung makan, toilet dan berbagai gazebo.

Lokasi Pantai Ngrenehan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *