Pariwisata di Jawa Timur terutama wisata laut saat ini semakin berkembang dengan kehadiran banyaknya lokasi pantai baru. Salah satu pantai di Jawa Timur adalah Pantai Karanggongso yang berlokasi di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Trenggalek dan banyak dikunjungi oleh turis domestik ataupun turis mancanegara. Jarak lokasi pantai ini 38 kilometer dari pusat kota Trenggalek dan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam lebih beberapa menit saja untuk mencapainya.

Pantai ini merupakan pantai dengan pasir berwarna putih yang bersih dan laut yang berwarna biru mengagumkan. Maka pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Pasir Putih. Tak mengherankan karena keindahannya, pengunjung di pantai ini pun terus bertambah di setiap harinya.

Daya Tarik di Pantai Karanggongso

Saat mengunjungi pantai di Trenggalek ini, Anda bisa melakukan berbagai hal menarik berikut aktivitas-aktivitas menyenangkan dalam mengisi momen liburan Anda. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi wisata pantai ini.

  • Menikmati Pemandangan Pantai

Saat mengunjungi Pantai Karanggongso, Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai sambil bermain pasir putih yang terdapat di pantai ini. Anda pun bisa menyusuri tepi pantai sambil menikmati angin yang berhembus sepoi-sepoi serta diiringi suara deburan ombak.

Suasana ini tentu bisa membuat momen liburan Anda menjadi nyaman. Di tepi pantai ada banyak perahu nelayan yang beberapa diantaranya disewakan bagi para pengunjung.

  • Lokasi Berenang

Ombak di pantai ini cukup bersahabat sehingga tak diberlakukan larangan berenang bagi siapapun. Anda diperbolehkan untuk berenang dengan tetap menjaga keselamatan Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Pantai Karanggongso Photo
Pantai Karanggongso Photo

Jika Anda tak bisa berenang namun ingin tetap bermain air, maka Anda bisa menyewa ban yang tersedia dengan harga cukup terjangkau.

  • Naik Perahu

Objek wisata yang tersedia di pantai ini adalah penyewaan perahu dengan tarif yang cukup terjangkau. Perahu ini bisa disewa dengan tarif per orang atau bisa juga disewa dengan tarif per satu perahu, tentunya dengan tarif yang berbeda.

Nantinya Anda diajak berkeliling di sekitar lokasi pantai dengan perahu serta ditemani oleh orang-orang tersayang yang ikut serta.

  • Naik Banana Boat

Di pantai ini telah tersedia penyewaan banana boat yang bisa dinaiki beramai-ramai. Dengan mencoba wahana air ini, bisa menambah sensasi seru saat berkunjung ke wisata Pantai Karanggongso.

Kuliner di Pantai Karanggongso

Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Prigi yang dikenal sebagai pantai nelayan dan ikan. Mengingat masih satu kawasan, di Karanggongso tersedia beragam olahan ikan terutama ikan asap yang menggugah selera. Tak hanya itu, beragam makanan dan minuman ringan juga disediakan oleh para pedagang yang berjualan di sekitar lokasi pantai.

Fasilitas di Pantai Karanggongso

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sama halnya dengan pantai secara umum, yaitu kamar mandi dan beragam pilihan kuliner. Tak hanya itu, di lokasi pantai ini juga tersedia banyak kios pedagang yang menjual beragam makanan dan minuman untuk semua pengunjung.

Kamar mandi yang tersedia di pantai ini buka 24 jam penuh sebab lokasi ini juga kerap menjadi lokasi berkemah. Acara ngecamp atau berkemah kerap dilakukan oleh beberapa komunitas dan memang diizinkan untuk mengadakan acara kemah di lokasi ini.

Pantai Karanggongso Sore Hari
Pantai Karanggongso Sore Hari

Petugas menyatakan bahwa Anda bebas untuk berkunjung kapanpun jika ingin berkemah, mulai dari siang hari ataupun malam hari. Lokasi yang nyaman dengan pemandangan yang mengagumkan memang menjadi daya tarik Pantai Karanggongso.

Harga Tiket Pantai Karanggongso

Pantai yang punya nama lain Pantai Pasir Putih ini sangat populer di kalangan masyarakat Trenggalek, Jawa Timur. Nama Pantai Pasir Putih bisa Anda sebutkan jika masyarakat sekitar tak mengenal nama pantai ini. Harga tiket masuk yang ditetapkan adalah Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak.

Selain itu, biaya parkir ditetapkan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tarif yang ditetapkan nantinya berubah jika memasuki momen liburan seperti liburan sekolah atau hari-hari besar lainnya. Jika Anda berkunjung dalam rombongan, bus bisa tetap masuk dengan tarif parkir antara Rp 25.000 – Rp 35.000.

Rute ke Pantai Karanggongso

Anda tak perlu khawatir mengenai akses jalan sebab kondisi jalan menuju pantai ini sangat baik. Bahkan bus berukuran besar juga bisa melewatinya sampai area parkir di kawasan pantai ini.

Jika jalanan kondisinya sepi mungkin waktu tempuh bisa dipersingkat dalam 45 menit perjalanan. Rutenya dari Jalan Nasional III hingga Jalan Raya Bandung – Prigi ke arah Jalan Raya Pantai Tasikmadu.

Demikian pembahasan tentang Pantai Karanggongso dengan keindahan mengagumkan. Bila Anda berkunjung ke Trenggalek, jangan lupa untuk datang ke lokasi pantai ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *