Rekomendasi Tempat Wisata Pamekasan

Avatar of k setiawan
Wisata pamekasan madura jawa timur
Wisata Pamekasan Madura Jawa Timur

Beberapa mungkin sudah mendengar, dan beberapa bahkan belum pernah mendengar nama Pamekasan. Pamekasan adalah suatu daerah di bagian utara pulau Madura yang berbatasan langsung dengan laut Jawa di bagian utara, selat Madura di bagian selatan, kabupaten sampang kabupaten Sumenep di bagian barat dan timur. Pamekasan sebagai wilayah kabupaten di pulau Madura memiliki daya tarik wisata yang terbilang potensial.

Wisata Pamekasan memiliki destinasi yang lengkap mulai dari wisata alam pegunungan, curug atau air terjun, wisata pantai, hingga wisata kuliner bisa Anda temukan di sini, di Pamekasan, Madura. Beberapa destinasi wisata tersebut sangat menarik bagi Anda yang ingin menikmati suasana baru dari destinasi wisata yang ada di Indonesia. Wisata Pamekasan Madura cocok untuk Anda yang ingin berwisata bersama anggota keluarga, teman – teman, atau bahkan seorang diri.

Rekomendasi Tempat Wisata Pamekasan

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Pamekasan yang bisa Anda jadikan referensi saat ingin berlibur ke Pamekasan.

  1. Pantai Jumiang

Wilayah Pamekasan banyak diisi dengan deretan pantai yang indah. Salah satunya yaitu pantai Jumiang. Pantai ini terletak di jalan pantai Jumiang, tanjung, kecamatan Pademawu, kabupaten Pamekasan. Destinasi wisata pantai Jumiang ini merupakan salah satu destinasi yang tidak pernah sepi pengunjung.

Disini, Anda bisa menikmati pemandangan panorama sunset yang sangat indah dengan hamparan pasir pantai yang luas dengan perairan laut yang bersih dan keelokan alam yang berasal dari deretan tebing terjal karena pantai Jumiang ini terletak di dataran tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas hiburan lain seperti banana boat hingga snorkeling.

  1. Pantai Talang Siring

Rekomendasi tempat wisata di Pamekasan berikutnya yaitu pantai Talang Siring. Pantai ini berjarak kurang lebih 14 kilometer dari pusat kota Pamekasan. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menuju ke pantai Talang Siring ini karena terdapat angkutan umum yang melewati wilayah ini. Pantai Talang Siring ini berada di desa montok, kecamatan larangan, kabupaten Pamekasan. Sama seperti pantai Jumiang, pantai Talang Siring ini juga salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Baca Juga:  Pesona Tersembunyi Heha Gunung Kidul, Yogyakarta Yang Jarang Orang Tahu

Alasan yang menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yaitu karena banyaknya fasilitas yang disediakan disini, diantaranya, taman bermain, gazebo, jembatan di area pantai, hingga spot foto di sekitar hutan mangrove yang terdapat di area pantai Talang Siring ini. Selain fasilitas yang disediakan, di area ini juga banyak terdapat warung – warung makanan yang menyajikan kuliner khas Pamekasan.

  1. Pantai Batu Kerbuy

Pantai yang satu ini dikenal dengan hamparan batu karang yang luasnya mencapai kurang lebih 5 hektar dan pantainya dengan pasir putih yang halus serta air pantai yang berwarna kebiruan dan sangat jernih. Terletak di desa Batu Kerbuy, kecamatan Pasean, kabupaten Pamekasan, pantai ini sangat menarik untuk Anda yang menginginkan aktivitas yang tenang jauh dari keramaian karena lokasi pantai ini cukup jauh, sekitar 45 kilometer dari pusat kota Pamekasan. Disini, Anda bisa menikmati aktivitas memancing, snorkeling, skuba diving, hingga berkeliling menggunakan speed boat sewaan.

  1. Bukit brukoh pakong

Rekomendasi tempat wisata Pamekasan berikutnya yaitu bukit brukoh pakong. Bukit yang termasuk tempat wisata baru ini berlokasi di desa bajang, kecamatan pakong, kabupaten Pamekasan. Daya tarik utama dari bukit brukoh pakong ini adalah panorama alam perbukitan yang diisi dengan pepohonan dan udaranya yang sejuk. Tersedia juga spot – spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengambil foto dan berbagai fasilitas seperti hammock, ayunan, dan sebagainya.

  1. Puncak ratu

Berikutnya, yaitu wisata Pamekasan puncak ratu yang terletak di desa Tebul Barat, kacamatan Pengantenan, kabupaten Pamekasan. Di perjalanan menuju bukit ini, Anda juga bisa sembari menikmati durian khas Pamekasan yang banyak ditemui disana. Wisatawan akan disajikan pemandangan suasana hutan dengan pepohonan yang dikelilingi bunga – bunga indah serta nuansa alam yang masih sangat asri.

  1. Rawa Mangunan
Baca Juga:  Destinasi Wisata Super Lengkap Paket Pulau Seribu

Rawa mangunan ini lokasinya tidak jauh dari pantai Jumiang, tepatnya di desa tanjung, kecamatan Pademawu, kabupaten Pamekasan. Daya tarik utama dari Rawa Mangunan ini yaitu hutan bakau dan spot memancing. Sebenarnya, tempat ini masih memiliki kondisi alam yang sangat asri dan indah, namun karena kurangnya perhatian dari pemerintah, sayangnya tempat ini masih belum dikelola dengan baik, sehingga masih sangat kurang dari segi fasilitas dan jalan akses menuju kesini.

  1. Edu wisata selamat pagi Madura

Rekomendasi wisata Pamekasan selanjutnya yaitu edu wisata selamat pagi Madura. Objek wisata yang sangat cocok untuk Anda yang pergi berlibur bersama anggota keluarga Anda ini mulai beroperasi sejak tahun 2016 dan merupakan objek wisata di Pamekasan yang paling populer. Disini Anda bisa membawa semua anggota keluarga karena objek wisata ini cocok untuk semua kalangan usia.

Terdapat play ground dan kolam renang khusus anak – anak, dan area berkuda. Sedangkan fasilitas lain seperti kolam pemancingan, tempat belajar memanah dan lainnya, cocok untuk orang dewasa pada umumnya. Tidak hanya itu, di sekitaran area lokasi edu wisata selamat pagi Madura ini, terdapat pesulap yang berkeliling sambil menunjukkan atraksi sulap mereka. tersedia juga area food court yang membuat edu wisata selamat pagi Madura ini semakin lengkap.

  1. Objek wisata api abadi

Di Pamekasan, terdapat satu objek wisata yang sangat unik berupa api yang kabarnya tidak pernah padam bahkan saat hujan turun sekalipun. Objek tersebut berlokasi di desa larangan, kecamatan Tokol, kabupaten Pamekasan. Belum ada penelitian sampai saat ini kenapa api tersebut tidak pernah padam walaupun hujan sekalipun.

Keunikan itulah yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Di sekitar area ini pun banyak tersedia warung makanan yang menjual berbagai macam kuliner, mulai dari jajanan sampai makanan khas desa Pamekasan.

  1. Tebing waru Pamekasan
Baca Juga:  Rekomendasi Destinasi Wisata Outbound Malang

Selanjutnya, wisata Pamekasan yang bisa dijadikan pilihan terutama bagi Anda yang menyukai panjat tebing, destinasi wisata tebing waru Pamekasan ini bisa Anda coba. Daya tarik utama dari tebing waru Pamekasan ini adalah keindahan tebing waru yang masih natural, spot foto yang menakjubkan, gua angin, dan satu yang unik yaitu kerajaan monyet yang terletak di bagian atas bukit waru.

Disebut kerajaan monyet karena di tempat itu banyak koloni kawanan monyet yang sering melakukan peperangan untuk merebut area kekuasaan. Sedangkan gua angin, disebut begitu karena di dalam gua tersebut, terdapat angin yang sangat kencang sampai membuat Anda bisa mendengar suaranya dengan sangat jelas.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Pamekasan yang bisa Anda jadikan pilihan saat Anda bersama anggota keluarga ingin menikmati liburan di Pamekasan, Madura.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kali pepe land

Wisata Kali Pepe Land, Tempat Rekreasi Hits Di Boyolali

Next Article
Pantai pasir putih wates rembang

Menikmati Keindahan Pantai Wates di Rembang