Daya Tarik Seribu Batu Songgo Langit Wisata Jogja

Avatar of k setiawan
Songgo langit

Yogyakarta memang memiliki beribu tempat wisata yang tidak ada habisnya untuk dieksplor salah satunya adalah Seribu Batu Songgo Langit. Tempat wisata ini berada di Kabupaten Bantul.

Dibandingkan dengan tempat wisata lainnya, Songgo Langit wisata yang terdengar asing memang, tetapi lokasinya berdekatan dengan beberapa tempat wisata populer seperti hutan pinus dan rumah Hobbit.

Asal Mula Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Kawasan wisata Seribu Batu ini seperti di negeri dongeng, karena hutan pinus di tempat wisata ini berbeda dengan hutan pinus lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Seribu Batu mulai dibuka di tahun 2016 untuk para wisatawan. Namun saat itu hanya terdapat fasilitas jembatan kayu dan gazebo saja sehingga belum begitu menarik perhatian.

Sebenarnya, wisata Seribu Batu ini tidak jauh berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan yang menjadi primadona banyak orang. Atas dasar hal tersebut kemudian pihak pengelola wisata mulai berbenah untuk menjadikan kawasan tersebut sama dengan hutan pinus populer lainnya.

Seribu batu songgo langit
Seribu Batu Songgo Langit

Kemudian di kawasan tersebut dibuat spot-spot foto yang menarik. Selain itu juga terdapat nama rumah negeri dongeng yang akhirnya membuat para wisatawan penasaran dan tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.

Pemberian nama Wisata Seribu Batu Songgo Langit juga memiliki makna tersendiri. Awalnya, tempat ini merupakan kawasan hutan pinus rimba yang memiliki ratusan hingga ribuan batu, sehingga muncullah nama Seribu Batu. Sementara Songgo Langit artinya penyangga langit, karena di lokasi ini ada bukit yang seolah menjadi tiangnya langit.

Pesona Keindahan Seribu Batu Songgo Langit

Ketika berkunjung ke Songgo Langit wisata, di pintu masuk terdapat gapura unik. Gapura tersebut sering dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable. Selain itu, di sisi kanan terdapat pondok-pondok berjajar yang terbuat dari material kayu. Pondok tersebut menjual berbagai kuliner yang sangat lezat.

Baca Juga:  Wisata Kali Pepe Land, Tempat Rekreasi Hits Di Boyolali

Tidak perlu khawatir, karena harga menu makanan di sini cukup terjangkau. Meskipun berada di kawasan wisata tetapi para pedagang tidak memanfaatkan situasi tersebut untuk menaikkan harga. Jadi para pedagang tetap mematok harga sesuai dengan kualitas rasa dan fasilitas yang diberikan.

Berjarak sekitar 100 m dari Songgo Langit wisata, kamu akan menjumpai wahana yang sangat menantang. Namun wahana tersebut hanya diperuntukkan bagi anak-anak, yaitu flying fox.

Untuk mencoba wahana ini perlu membayar sekitar Rp20.000. Karena banyak yang penasaran ingin mencobanya, terkadang harus mengantre untuk bisa merasakan asyiknya flying fox.

Berpindah dari wahana flying fox, kamu akan menjumpai spot menarik lainnya, yakni ayunan. Tidak sedikit pasangan yang mengambil foto dengan adegan romantis di ayunan tersebut, atau keluarga yang ingin mengabadikan momen keharmonisan mereka dengan difoto.

Konon, di tempat wisata tersebut ada batu besar yang asalnya dari Gunung Merapi. Batu tersebut meluncur ketika terjadi letusan gunung yang dahsyat. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, tetapi kenyataannya banyak orang yang percaya.

Jika ingin mengambil foto batu besar tersebut dapat melalui spot dari kayu persegi panjang. Spot itu berasal kurang lebih 200 meter jaraknya dari ayunan besar.

Namun jalan untuk menuju lokasi tersebut agak menurun dengan alas bebatuan. Para pengunjung akan merasakan sensasi berpetualang yang sebenarnya.

Tidak berhenti sampai situ saja, karena tempat wisata ini juga memiliki jembatan yang panjang terbuat dari kayu. Biasanya para pengunjung mengambil foto di atas jembatan tersebut.

Meskipun ini sebuah jembatan, tetapi ternyata di bawahnya bukanlah aliran sungai, melainkan bebatuan kecil. Ada juga pepohonan yang kering berguguran ke tanah sehingga justru membuat view jembatan tersebut semakin menarik.

Baca Juga:  Rekomendasi & Ide Pilihan Tempat Wisata Ciwidey

Meskipun demikian, harus tetap berhati-hati saat melintasi jembatan tersebut supaya tidak tergelincir atau terperosok jatuh ke bawah. Apalagi jika pengunjung ramai, maka jembatan tersebut menjadi arus lalu lintas para pengunjung yang berlalu lalang.

Spot Foto Menarik Di Seribu Batu

Bisa dikatakan bahwa Songgo Langit wisata ini memiliki banyak sekali spot foto. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang sengaja datang ke sini untuk hunting foto.

·         Rumah Hobbit

Selain jembatan kayu yang melintasi bebatuan, ada berbagai spot foto menarik lainnya di sini. Bahkan bisa dikatakan bahwa setiap sudut tempat ini sangat ciamik.

Salah satu spot foto yang menjadi daya tarik pengunjung di tempat ini yaitu karena terdapat spot foto anti mainstream. Apakah itu? Di sini terdapat Rumah Hobbit yang sempat populer karena plot pada film Lord of The Ring. Bahkan Rumah Hobbit menjadi salah satu spot incaran para wisatawan untuk berswafoto.

·         Pemandangan Perbukitan

Pariwisatawan juga bisa mengambil foto dengan background pemandangan perbukitan yang sangat asri. Pasalnya, perbukitan tersebut sangat luas dan indah sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama.

Namun, untuk menjangkau lokasi untuk menikmati view perbukitan, wisatawan harus menempuh jarak 1 km dengan berjalan kaki. Perjalanannya juga cukup melelahkan karena banyak jalan tanjakan. Namun ketika sampai lokasi, rasa lelah akan terbayarkan dengan spot pemandangan yang sangat indah.

·         Gubuk dan Taman Kecil

Spot foto gubuk dan taman kecil juga bisa dijumpai ketika perjalanan menuju area untuk melihat pemandangan perbukitan. Selama perjalanan, wisatawan akan menyaksikan indahnya pepohonan yang tinggi menjulang.

Saat perjalanan di kawasan Songgo Langit wisata, para wisatawan akan menjumpai spot gubuk unik dan taman kecil yang menggemaskan. Spot tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Gubuk tersebut menyediakan berbagai menu kuliner yang nikmat.

Baca Juga:  Suka Rafting? Rafting Bogor Adalah Salah Satu Yang Wajib Anda Kunjungi

·         Sawah Sukorame

Adapun spot lainnya yang tidak kalah menarik adalah sawah Sukorame. Pasalnya, sawah ini menjadi hits dan populer di kalangan para wisatawan dan dijadikan sebagai salah satu spot foto menarik karena pemandangannya yang mempesona.

Apalagi suasana di sawah tersebut sangat meneduhkan hati dan pikiran. Bahkan biasanya para wisatawan akan menghabiskan waktu yang lama di area sawah Sukorame tersebut.

·         Kincir Angin

Selain itu, para pengunjung Songgo Langit wisata juga bisa menjumpai spot foto kincir angin yang menggemaskan. Kincir angin tersebut ada di sebuah taman kecil yang dilengkapi dengan tiga buah ayunan. Saat berada di sini, rasanya benar-benar ingin berlama-lama. Selain mengambil foto, area ini juga cukup pas untuk menikmati kesejukan.

·         Rumah Dongeng

Seakan tidak ada habisnya, para pengunjung juga akan mendapati rumah dongeng yang sangat unik. Jadi, Kota Jogja ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja tetapi juga menyuguhkan arsitektur bangunan yang sangat menarik.

Rumah dongeng ini didesain dengan sangat unik sehingga membuat decak kagum para wisatawan. Saat menjumpai rumah dongeng, para wisatawan tidak henti-hentinya untuk memotret spot tersebut dari berbagai angle.

·         Panggung Hiburan

Lokasinya tidak jauh dari rumah dongeng, terdapat panggung hiburan. Ternyata tempat wisata ini juga menyediakan tempat hiburan yang sangat asyik.

Di area panggung hiburan terdapat tempat duduk yang terbuat dari kayu dan disusun rapi berjajar dan bertingkat. Panggung tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

Songgo Langit wisata ini mulai populer dan menarik perhatian para wisatawan. Apalagi saat ini Bantul memiliki banyak surga tersembunyi yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Glamping lake side ranca bali, ciwidey, bandung

Rekomendasi & Ide Pilihan Tempat Wisata Ciwidey

Next Article
Taman bunga begonia bandung

Wahana Dan Harga Tiket Taman Bunga Begonia