Curug Ciburial Bogor, Curug Mempesona Dengan Keindahan Alam Tiada Tara

Aurelia Liana
Written By Aurelia Liana
Ahli Strategi Digital yang berpengalaman dengan sejarah yang ditunjukkan dalam bekerja di layanan digital dan industri kreatif. Terampil dalam Strategi Digital Kreatif, Copywriting, Periklanan, dan E-commerce. Profesional pemasaran yang kuat dengan gelar Sarjana yang berfokus pada Komunikasi Massa / Studi Media dari The London School of Public Relation.

Curug Ciburial – Sebentar lagi memasuki waktu liburan panjang jadi perlu mencari tempat wisata yang paling cocok untuk liburan panjang di tahun ini. Kalau untuk tahun ini sebaiknya mencoba untuk berlibur di Ciburial Bogor yang saat ini sedang viral di dunia maya. Tempat wisata ini merupakan air terjun yang lokasinya berada di kawasan Sentul Bogor dan menjadi salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk wisatawan yang suka suasana keheningan alam.

Daya Tarik Curug Ciburial

Tempat wisata ini sebenarnya bukan tempat wisata baru tapi baru-baru ini populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kepopuleran tempat ini dikarenakan mempunyai banyak sekali daya tarik yang tidak dapat ditemukan di curug-curug lainnya sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat langsung bagaimana keindahan Curug Ciburial Bogor ini. Untuk tahu apa saja daya tarik tempat ini bisa lihat ulasan berikut.

Pemandangan Alam Yang Sangat Indah

Ciburial Puncak Bogor menawarkan keindahan alam yang tiada tara, meskipun tempat ini berada di tengah kota Bogor tetapi pemandangan alam yang disuguhkan tempat ini sungguh indah sekali. Meskipun banyak yang meragukan tempat ini tidak seindah yang dikatakan banyak orang tapi setelah melihat pasti akan merasa tercengang sebab air terjun yang tingginya hanya 5 meter ini tidak kalah indah dari air terjun yang tingginya sampai puluhan meter.

Air terjun mengalir sangat deras yang kemudian membelah batuan besar pada kedua sisi air terjun, batu-batu tersebut seolah memberikan jalan untuk air terjun agar bisa mengalir terus sampai ke kolam di bawahnya. Air kolam tampak sangat jernih bahkan sering berwarna hijau kebiruan yang berpadu dengan warna coklat bebatuan di sekitarnya. Pemandangan seperti ini sangat jarang sekali dilihat di tempat lain.

Udara Sejuk dan Segar

Pengunjung selain bisa menikmati pemandangan juga dapat menghirup udara yang sangat sejuk di tempat ini. Udara sejuk dan juga segar sudah pasti tidak dapat diperoleh lagi di daerah kota-kota besar maka tidak aneh kalau banyak wisatawan yang berasal dari kota besar Indonesia mendatangi tempat ini hanya untuk merasakan bagaimana udara segar di daerah Ciburial Bogor.

Udara di sekitar tempat ini masih sangat segar dikarenakan masih banyak semak dan juga pohon yang tumbuh dengan subur di area curug. Adanya pepohonan tersebut yang tumbuh di sekitar curug membuat pemandangan sekitar curug semakin bagus sehingga wisatawan dapat menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan yang sangat langka.

Kolam Air Yang Sangat Jernih

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini tidak hanya duduk dia menatap pemandangan saja tetapi wisatawan juga bisa berenang santai di kolam air yang airnya berasal dari aliran curug. Kolam renang Ciburial Bogor ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan lokal ataupun wisatawan luar kota karena air di kolam ini sangatlah jernih dan warnanya hijau kebiruan kalau terkena sinar matahari.

Berenang di kolam ini tidak perlu merasa takut karena kolam tidak terlalu dalam sehingga anak kecil pun tetap aman kalau berenang. Kalau merasa takut bisa juga gunakan pelampung yang bisa disewa di tempat penyewaan sekitar lokasi wisata ini. Jika ingin berenang dan juga merasakan sejuknya air kolam sebaiknya datang ke tempat ini saat musim kemarau karena di musim tersebut debit air tidak terlalu banyak dan aliran air di kolam tidak terlalu deras.

Spot Foto Unik

Anda yang tidak ingin basah-basahan bermain air bisa juga menikmati hiburan lain yang ada di tempat ini yaitu mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang sangat indah. Foto yang diambil di Ciburial Bogor sudah pasti bagus karena air terjun sangatlah jernih dan juga ada bebatuan yang berada di sekitar air terjun tersebut membuat tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai background foto.

Biasanya wisatawan akan memanfaatkan batuan besar yang berada di depan air terjun untuk jadi spot foto, wisatawan bisa duduk di batuan besar tersebut dan berpose. Kalau foto sudah diambil nantinya akan terlihat jelas air terjun yang menawan tepat di belakang wisatawan. Agar lebih bagus lagi foto yang diambil bisa juga menggunakan properti berfoto.

Warung Makan Sederhana

Wisatawan yang pergi ke Ciburial Bogor tidak perlu bingung mencari makanan karena di sekitar tempat ini sudah berdiri beberapa warung-warung sederhana dengan bangunan semi permanen. Warung-warung tersebut tidak hanya menjual cemilan dan minuman saja tetapi juga menjual makanan sederhana yang sangat cocok disantap di daerah yang berudara sejuk.

Untuk makanan yang nantinya bisa dipesan di warung sederhana tersebut yaitu mie instan, teh, kopi sampai dengan gorengan yang bisa membuat perut kenyang tersedia semuanya. Semua makanan yang disediakan di warung ini kondisinya masih hangat karena baru dimasak setelah ada yang memesan sehingga kalau dimakan akan terasa sangat nikmat.

Area Camping Luas

Anda kalau suka berkemah juga sangat cocok datang ke tempat ini karena di tempat ini juga tersedia area berkemah yang cukup luas. Berkemah di tempat ini sudah pasti memberikan pengalaman yang berbeda karena selain bisa bercengkerama dengan teman saat menginap di air terjun juga dapat menikmati suara air terjun yang jatuh ke permukaan yang begitu indah.

Berkemah di tempat ini tidak perlu takut karena tempat ini sangat aman untuk dijadikan tempat berkemah sebab ada banyak petugas keamanan yang sering berpatroli untuk menjaga keamanan lokasi wisata ini. Kalau memang tidak memiliki perlengkapan untuk berkemah bisa juga menyewa perlengkapan tersebut di tempat-tempat penyewaan kemah sekitar Ciburial Bogor ini.

Fasilitas Umum di Curug Ciburial

Tempat wisata ini bisa dikatakan tempat wisata terbaik yang ada di daerah Bogor karena fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup memadai. Fasilitas yang nantinya bisa dipakai wisatawan di tempat ini diantaranya adalah mushola, area parkir, saung, toilet umum dan juga kamar bilas. Fasilitas-fasilitas yang disebutkan tadi ada yang berbayar dan juga ada yang bisa digunakan secara gratis.

Lokasi Curug Ciburial

Ciburial Bogor lokasi berada di Jalan Gunung Wangun di Kampung Cibereum, Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Untuk bisa sampai ke Curug ini tidak terlalu sulit karena jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Bogor. Kalau berangkat dari kota Bogor hanya membutuhkan waktu perjalanan 30 menit saja atau menempuh jarak 13,3 Km.

Kalau berangkatnya dari kota Jakarta akan membutuhkan waktu 1 jam 45 menit melalui tol Jagorawi atau harus menempuh jarak 72,6 Km. Kondisi jalan yang menuju ke tempat ini sudah sangat bagus sehingga wisatawan yang mengendarai mobil pribadi bisa langsung menuju ke Ciburial Bogor ini tanpa mengalami hambatan yang berarti.

Leave a Comment