Kali ini Kita akan mengulas tentang sebuah destinasi wisata alam yang berada di kota Malang yaitu waduk Selorejo. Waduk ini memang bukan sembarang waduk, karena memiliki pemandangan alam yang indah dan mempesona bagi siapa pun yang memandangnya.

Waduk ini berlokasi di wilayah Ngantang Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1963 dan menyelesaikan pembangunannya sekitar tahun 1970 serta diresmikan secara langsung oleh Presiden Soeharto di akhir tahun tersebut.

Daya Tarik Wisata Waduk Selorejo Malang

Waduk ini mempunyai nama lain yakni bendungan Selorejo yang memiliki tujuan pendirian adalah untuk menampung aliran air sungai Konto yaitu anak sungai Kwayangan dan sungai Brantas yang menjadi lahan pencegah terjadinya banjir.

Waduk yang juga mempunyai fungsi sebagai wisata Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA juga berfungsi sebagai sarana irigasi dan untuk budidaya perikanan.

Daya Tarik Wisata Waduk Selorejo

Waduk yang saat ini mendapatkan pengelolaan secara langsung dari BUMN wilayah Malang yaitu Perum Jasa Tirta, juga mempunyai daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata alam yang ada di Malang. Berikut daya tarik yang dimiliki oleh waduk atau bendungan Selorejo di Malang.

  1. Pemandangan area waduk yang tenang

Anda akan disuguhi pemandangan waduk Selorejo yang terlihat begitu menawan dengan areal waduk yang luas, air yang terlihat jernih dan arus air dalam waduk yang begitu tenang. Semilir angin yang berhembus di area sekitar waduk menjadi satu penyegar alami yang akan membuat rasa stres Anda hilang seketika.

  1. Aktivitas di sabana atau padang rumput

Di daerah sekitar waduk akan terdapat sebuah sabana atau padang rumput yang sangat luas. Biasanya lokasi padang rumput ini dipakai untuk berkumpul keluarga, area piknik hingga menyelenggarakan acara barbeque yang seru bersama keluarga tercinta.

  1. Spot berfoto pre-wedding yang estetik

Padang rumput atau sabana yang ada di sekitar waduk juga kerap menjadi lokasi berfoto pre-wedding dengan konsep estetik kekinian. Pemandangan sekitar waduk yang memiliki nuansa khas sinematik sangat mendukung kegiatan foto pre-wedding untuk persiapan acara yang spesial dalam hidup Anda.

  1. Wisata edukasi untuk anak

Waduk ini juga memiliki daya tarik untuk menjadi destinasi wisata edukasi untuk anak. Tersedia kebun durian dan jambu biji merah yang berlokasi tepat di seberang waduk. Pengunjung bisa melihat langsung budidaya tanaman durian dan jambu biji merah yang dikelola oleh penduduk sekitar waduk.

  1. Uji adrenalin dengan lewat jembatan gantung

Daya tarik yang terakhir dari wisata waduk ini adalah jembatan gantung yang ada di sebelah waduk persis. Jembatan yang terbuat dari perpaduan kayu dan kabel baja ini mempunyai panjang sekitar 90 meter yang memberikan sensasi mendebarkan setiap melangkah melewatinya. Pemandangan yang tersaji terlihat begitu mempesona sehingga menghipnotis setiap mata yang memandang.

Kuliner Khas Waduk Selorejo Malang

Setiap pengunjung berkesempatan untuk menikmati kuliner di waduk ini sambil menikmati pemandangan alam yang bernuansa khas pedesaan. Di beberapa warung yang ada di sekitar bendungan akan ditemui sajian kuliner dengan menu utama adalah tangkapan ikan dari waduk tersebut. Semua ikan diolah dalam kondisi segar yang semakin menambah cita rasanya menjadi lebih nikmat.

Fasilitas Lengkap di Wisata Waduk Selorejo Malang

Pemerintah Malang sudah melengkapi area wisata waduk Selorejo yang ada di Ngantang Malang ini dengan fasilitas lengkap untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang. Adapun fasilitas umum tersebut terdiri dari :

  • Toilet
  • Tempat parkir yang memadai
  • Mushola
  • Taman bermain
  • Spot untuk berfoto
  • Lapangan tenis dan golf
  • Area berkemah (peralatan kemah bawa sendiri)
  • Tempat pemancingan yang nyaman
  • Sewa perahu ke pulau Jambu yang berlokasi di tengah waduk

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Waduk Selorejo

Wisata waduk Selorejo ini buka setiap hari dari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 wib. Untuk harga tiket masuk yang dikenakan untuk setiap pengunjung adalah sekitar Rp. 20.000,-. Harga tiket dan biaya parkir bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari pengelola waduk.

Berikut daftar harga tiket dan tarif parkir yang berlaku di wisata waduk Selorejo Malang.

  • Tiket masuk area wisata Rp.20.000,-
  • Tiket masuk kolam renang dewasa Rp.7.000,-
  • Tiket masuk kolam renang anak Rp.5.000,-
  • Tiket masuk kebun Jambu Rp.1.000,- /orang
  • Harga jambu hasil petik Rp.3.000,- /kg
  • Sewa kapal Rp.10.000,- /orang
  • Sewa alat pancing Rp.5.000,-
  • Izin untuk kemping Rp.15.000,-
  • Parkir kendaraan Rp.3.000,-

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Selorejo

Untuk menuju wisata waduk Selorejo ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu dimana lokasi tepatnya wisata waduk ini berada. Wisata waduk yang berlokasi di area paling barat dari kabupaten Malang ini terletak di wilayah Sedawun, Pandansari kecamatan Ngantang kabupaten Malang.

Adapun rute untuk menuju ke area wisata ini pun terbilang cukup mudah yaitu dengan mengambil rute menggunakan Google Maps dengan tujuan waduk Selorejo yang berjarak sekitar 17 km dari daerah Pujon dan hanya membutuhkan estimasi waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *