Watu Gajah Park, Lokasi Rekreasi Bersama Keluarga

Annisa Kasih Pertiwi
Written By Annisa Kasih Pertiwi
Lulusan linguistik Prancis. Berpengalaman dalam penulisan konten SEO, penulisan kreatif, blogging, dan copywriting. Saat ini menulis untuk blog kesehatan & gaya hidup keluarga theAsianparent Indonesia.

Buat Anda yang bingung ingin menghabiskan masa liburan di kala week-end atau liburan panjang, cobalah berkunjung ke Watu Gajah Park yang ada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi, terutama oleh banyak keluarga untuk berwisata selfie sembari menikmati wahana menarik lainnya.

Objek wisata yang baru dibuka pada pertengahan 2018 ini memang menawarkan daya tarik wisata yang cukup berbeda dibandingkan lokasi wisata lainnya. Terlebih, pembangunannya tidak dilakukan di pusat kota melainkan di daerah pinggiran yang juga memiliki potensi wisata menarik.

Objek Wisata yang Tersedia

Kawasan wisata yang satu ini memang menawarkan berbagai spot yang dapat dijadikan latar belakang foto yang ciamik. Tersedia juga sejumlah taman tematik yang mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Berikut sejumlah objek foto yang bisa menjadi referensi.

1. Spot Selfie

Salah satu lokasi berfoto yang paling menjadi favorit adalah lorong cinta. Bagaimana tidak, di sini Anda akan disuguhkan dengan lorong berbentuk jalan setapak yang sudah didesain sedemikian rupa dengan atap berbentuk hati dan tumbuhan sulur yang menjalar di atasnya sehingga suasana menjadi lebih teduh.

Sementara itu di malam hari, berjejer lampu hias yang akan meramaikan lorong cinta tersebut. Dengan demikian, suasana romantis Watu Gajah Park akan semakin nampak dan jika difoto tentu akan terlihat semakin menarik dan instagramable.

Nikmati juga wisata selfie dari sejumlah objek foto tiga dimensi yang menarik dan terkesan nyata. Ada juga taman-taman kecil berisi beberapa landmark dunia seperti miniature Menara Eiffel dan Gua Gorilla yang bisa Anda jadikan background berfoto.

2. Berbagai jenis hewan terbang

Salah satu hal yang menarik di kawasan wisata Watu Gajah Park adalah adanya sejumlah kandang tempat untuk meletakkan berbagai hewan terbang, baik burung, kupu-kupu, bahkan kunang-kunang. Semuanya tentu bisa menjadi objek wisata foto sekaligus edukasi untuk anggota keluarga.

Kandang burung love bird dibuat dengan ukuran yang cukup besar di mana kita dapat melihat burung-burung berwarna-warni ini beterbangan kesana-kemari. Ada juga kandang kupu-kupu dari berbagai jenis dengan mayoritas berwarna coklat, biru, hitam, kuning, dan warna lainnya.

Wahana Watu Gajah Park
Wahana Watu Gajah Park

Di malam hari, para pengunjung bisa menikmati indahnya lampu terbang dari cahaya kunang-kunang. Tentu hal ini akan mengundang decak kagum mengingat kini kita mungkin sangat jarang menemukan hewan bercahaya yang satu ini.

3. Taman bunga vertikal

Selain kawasan fauna, di sini juga tersedia sejumlah taman bunga dari berbagai jenis. Salah satu yang menarik yakni taman bunga vertikal di mana bunga-bunga ditanam pada pot-pot kemudian disematkan pada jaring-jaring besi dan ditempatkan di tangga vertikal sehingga seolah membentuk dinding.

Menariknya, para pengunjung dapat berfoto di tengah tanaman, sebab terdapat tangga di sela-selanya. Tangga inilah yang dapat dipakai untuk lebih dekat dengan tanaman-tanaman yang dipasang secara vertikal tersebut.

Jangan lewatkan juga untuk berfoto di dekat kolam ikan yang dikelilingi bebatuan yang disusun sedemikian rupa. Kolam yang juga bertuliskan Watu Gajah Park ini dialiri oleh air terjun kecil namun tetap terkesan sejuk dan menarik.

4. Kolam renang

Selain berbagai objek wisata yang tersedia, terdapat juga sejumlah fasilitas memadai yang sangat cocok bagi Anda dan keluarga. Salah satunya kolam renang berstandar internasional yang dapat dipakai anak-anak dan keluarga. Kolam renang ini terdiri dari beberapa bagian yang sudah dilengkapi wahana bermain seperti perosotan, ember tumpah, hingga jembatan tali.

Fasilitas Penunjang

Selain objek-objek foto, ada berbagai fasilitas memadai yang bisa dijumpai. Mulai dari warung-warung kuliner, toilet, mushola, hingga area parkir yang memadai. Tersedia juga area jogging track, jadi ketika berkunjung ke sini dan ingin berolahraga, pastikan Anda membawa perlengkapan seperti sepatu dan baju olahraga yang nyaman.

Jam Buka dan Harga Tiket

Untuk datang ke kawasan ini, Anda dapat datang dari Ungaran dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit saja menggunakan motor, mobil, bahkan bus. Rute yang dilalui dari pusat kota Semarang, yakni melalui Jalan Semarang-Surakarta, kemudian ketika tiba di perempatan Karangjati, belok ke kiri dan papan penunjuk arah akan menunjukkan lokasi taman wisata ini berada.

Kawasan wisata ini buka mulai pukul 08.00 sampai dengan 21.00 WIB setiap hari Senin sampai Minggu. Harga tiketnya pun berbeda antara hari biasa dan libur nasional, yakni:

  • Rp20.000 per orang di weekdays
  • Rp25.000 per orang di akhir pekan dan libur nasional
  • Anak berusia 3 tahun wajib membeli satu tiket

Sementara itu, harga parkir kawasan ini juga relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp15.000 untuk bus. Jadi, kapan mau liburan ke Watu Gajah Park?

Leave a Comment