Wisata Tanjung Balai Karimun, 3 Rekomendasi Wisata Terbaik dan Tips Wisata

Avatar of k setiawan
Wisata tanjung balai karimun
Wisata Tanjung Balai Karimun

Wisata Tanjung Balai Karimun, merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak di wilayah kepulauan Riau Sumatera. Tepatnya berada di area tenggara Singapura, wisata ini menjadi salah satu lalu lintas perdagangan yang cukup padat Selat Malaka dengan cakupan wilayah mencapai 198 pulau. Banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke daerah wisata tanjung balai karimun ini karena memiliki pemandangan alam yang indah dan mempesona.

Rekomendasi Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun

Menjadi salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali lokasi wisata yang beragam jenisnya. Tanjung Balai merupakan satu kota yang paling sibuk sekaligus sebagai ibukota dari kabupaten Karimun yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Kota yang memiliki penduduk mayoritas dari kalangan etnis China ini memang memiliki banyak sekali kelebihan untuk Anda kunjungi sebagai daerah tujuan wisata dalam liburan Anda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di area wisata tanjung balai karimun.

1. Coastal Area

Anda akan menemukan satu resort mewah karimun dimana memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya yang memiliki sistem pengelolaan yang cukup baik sehingga memanjakan setiap pengunjung wisata. Pemandangan pantai Gloria yang mempesona pun bisa Anda nikmati sembari menyantap hidangan istimewa yang disajikan diresort ekslusif ini.

Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung kesana, maka akan menemukan satu kota kecil yang menjadi pusat aktivitas dari penduduk yang tinggal di kota tersebut. Merupakan kota yang sibuk, namun memiliki tata kota yang rapi dan mempesona sehingga membuat siapa pun yang berkunjung kesana betah berlama-lama.

Baca Juga:  Pantai Sebalang, Surga Tersembunyi Di Pulau Sumatra

Pemandangan alam di malam hari Coastal Area ini juga sangat mempesona dengan deretan kerlip lampu yang bisa Anda nikmati ketika langit cerah. Kawasan yang ada di sekitar tepian pantai ini juga memiliki pemandangan alam di malam hari yang sangat mempesona sehingga pastinya Anda ingin menghabiskan malam hari bersama orang tercinta disana.

Di tempat wisata ini Anda juga akan mendapatkan banyak sekali fasilitas publik seperti wisata kuliner, area belanja souvenir dan oleh-oleh sampai dengan fasilitas untuk wahana bermain anak-anak. Tak heran jika wisata ini selalu ramai khususnya oleh kunjungan anak muda yang datang untuk sekedar menghabiskan waktu bersama.

2. Gunung Jantan

Untuk Anda yang hobi melakukan pendakian gunung, bisa berwisata ke Gunung Jantan yang menjadi puncak tertinggi di kabupaten Karimun. Disana Anda akan mendapatkan tempat wisata di tanjung balai terbaik dengan menyaksikan pemandangan kapal feri yang melakukan perjalanan dengan penumpang dari maupun menuju ke Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Gunung ini berlokasi tepatnya di area yang sama dengan pantai dan air terjun Pongkar sehingga Anda bisa berkunjung ke wisata tanjung balai karimun tersebut ketika berwisata ke gunung Jantan.

Pemandangan yang akan Anda temui di atas gunung Jantan adalah melihat aktivitas kapal feri yang datang dan pergi dari pelabuhan. Merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki spot foto yang menarik dan terlihat indah sehingga layak untuk Anda abadikan. Selain itu, Anda juga bisa menyusuri air terjun sembari melakukan aktivitas pendakian yang panjang yang tentunya akan sangat memicu adrenalin Anda.

Anda bisa secara aktif menggunakan kedua tangan dan kaki untuk menikmati petualangan sambil berolahraga alami yang dilakukan di alam yang terbuka serta mempesona. Nikmati pengalaman seru tersebut sambil menghirup udara pegunungan yang segar dan sejuk sehingga membuat tubuh Anda pun jauh lebih sehat.

Baca Juga:  9 Objek Wisata Di Medan Yang Mempesona Dan Paling Populer

3. Masjid Agung Karimun

Selama berada di kawasan Karimun, Anda juga bisa melakukan wisata religi dengan berkunjung ke sebuah bangunan yang megah dan mempesona yaitu Masjid Agung Karimun. Masjid ini berlokasi tepatnya di area Meral yang dibangun dengan desain arsitektur khas pribumi yang terlihat menarik sekaligus unik. Masjid yang memiliki nilai sejarah tersendiri ini sudah berdiri lama dan selalu menjadi destinasi wisata religi utama jika berkunjung ke wisata tanjung balai karimun.

Tempat wisata di tanjung balai karimun
Tempat Wisata Di tanjung balai karimun

Masjid ini memiliki tempat yang sangat luas hingga bisa menampung ratusan jamaah untuk beribadah di dalamnya. Setiap tahunnya, masjid ini selalu digunakan sebagai tempat untuk sholat hari Raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha untuk masyarakat sekitar Karimun.

4. Pantai Telunas

Adalah sebuah wisata pantai yang bisa Anda capai dari Tanjung Balai dalam waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan kapal speed boat. Banyak wisatawan mancanegara yang menganggap pantai ini sebagai surga tersembunyi karena pemandangan alam pantainya yang luar biasa indah dan tak kalah dengan pemandangan pantai terkenal lainnya.

Di wisata tanjung balai karimun ini Anda bisa melihat deretan cottage yang terbuat dari bahan kayu yang berdiri kokoh di atas hamparan air berwarna biru yang terlihat sangat indah jika dipandang dari kejauhan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen terbaik Anda bersama keluarga tercinta saat berwisata ke pantai Telunas ini.

Tips Berwisata yang Menyenangkan di Tanjung Balai Karimun

Setelah menyimak beberapa rekomendasi dari tempat wisata tanjung balai karimun, berikutnya adalah untuk mengetahui tips untuk berwisata yang menyenangkan di kawasan Tanjung Balai Karimun.

  • Ketahui rute terbaik menuju kawasan wisata

Tips yang pertama adalah dengan mengetahui mana saja rute terbaik yang bisa Anda tempuh untuk mencapai kawasan Tanjung Balai Karimun dengan cepat dan aman. Anda bisa menggunakan speed boat atau kapal biasa untuk menuju kawasan wisata yang ada di sekitar Tanjung Balai sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyewa alat transportasi seperti kendaraan motor atau mobil sesuai kebutuhan Anda untuk mobilitas selama berada di kawasan wisata Tanjung Balai.

  • Bawa perlengkapan yang memadai
Baca Juga:  Daya Tarik 9 Tempat Wisata Di Binjai Yang Lagi Hits Plus Info Tiket Masuk

Kemudian tips yang kedua adalah untuk membawa perlengkapan wisata yang memadai khususnya jika Anda membawa anak-anak dalam perjalanan wisata tanjung balai karimun Anda. Sebelum berwisata sebaiknya buat list terlebih dahulu untuk barang bawaan wajib yang harus Anda bawa selama perjalanan wisata.

  • Bawa bekal makanan

Meski beberapa tempat wisata memiliki fasilitas yang menjual makanan, namun dianjurkan untuk membawa sendiri bekal makanan untuk mengantisipasi jika ternyata Anda tak menemukan warung makanan yang buka disana. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, terutama jenis makanan serta minuman yang menjadi favorit anak-anak Anda.

  • Pilih waktu wisata yang terbaik

Kemudian tips yang ke empat adalah untuk memilih waktu untuk melakukan perjalanan wisata yang terbaik. Yaitu dengan melihat perkiraan cuaca di beberapa waktu tersebut apakah mendukung untuk melakukan perjalanan wisata khususnya untuk jenis wisata alam, pantai dan lainnya yang dilakukan dengan melakukan wisata di luar ruangan. Memilih waktu wisata yang terbaik akan membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman wisata tanjung balai karimun yang terbaik, memuaskan dan tak terlupakan karena sangat berkualitas untuk Anda serta keluarga. Selamat berwisata.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Puncak lawang park maninjau

Daya Tarik Puncak Lawang Park, View Danau Maninjau dari Ketinggian

Next Article
Wisata rembang

Informasi Berbagai Pilihan Wisata Rembang