Kenikmatan Tersembunyi Kopi Bajawa Flores, Indonesia

Avatar of k setiawan
Kopi bajawa flores
Kopi Bajawa Flores

Siapa diantara kamu yang tidak suka kopi? Sebagian besar orang pasti akan menjawab suka dengan minuman yang satu ini. Ya, hal tersebut terlihat dari banyaknya warung-warung kopi bergaya modern dan instragamable berupa kafe aesthetic yang bisa kamu temukan dimanapun.

Meskipun jumlahnya sangat banyak sekali namun di era modern ini tidak ada kafe yang sepi. Hampir semua kafe laris dengan daya tariknya masing-masing. Jadi hal inilah yang membuktikan bahwa banyak sekali yang suka dengan minuman kopi ini.

Sejarah Dan Keunikan yang Dimiliki Kopi Bajawa

Bagi kamu pecinta kopi mungkin kamu wajib mencoba kopi jenis yang satu ini yaitu kopi Bajawa Flores. Seperti yang diketahui, Indonesia termasuk negara yang memiliki varietas kopi yang cukup banyak yang dimiliki di setiap daerahnya. Nah kopi Bajawa Flores termasuk jenis kopi asal Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri.

·        Sejarah kopi Bajawa

Tahukah kamu ternyata kopi Bajawa Flores ini keberadaan berhubungan dari pengaruh Belanda loh. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sejarah dari kopi ini pada awalnya merupakan tanaman hasil coba yang dilakukan oleh Belanda. Pada awalnya kopi jenis ini ditanam di daerah Pasuruan lalu kemudian di tahun 1870an, kopi ini dikirim ke Flores dan dilakukan uji coba ditanam di daerah tersebut hingga akhirnya di masa setelah kemerdekaan budidaya tanaman ini dilakukan oleh pemerintah setempat.

·        Kopi Bajawa termasuk kopi arabika

Dan hingga sekarang ternyata tanaman kopi jenis ini cocok di tanam di daerah tersebut. Kopi ini berjenis kopi arabika. Tahukah kamu apa itu kopi arabika? Kopi jenis ini pada awalnya ditemukan di daerah Ethiopia namun kopi jenis ini dipopulerkan oleh orang Arab sehingga nama kopi ini adalah kopi arabika.

Baca Juga:  9 Spot Menarik Umbul Sidomukti, Cocok Untuk Healing!

Jika kamu merasakannya, kopi jenis ini akan terasa seperti buah-buahan dan kacang-kacangan jadi cenderung memiliki aroma flora. Bentuk yang dimiliki kopi jenis arabika adalah oval dan ukuran bijinya cukup besar-besar. Seperti yang diketahui jenis kopi yang paling populer terdiri dari kopi arabika dan kopi robusta.

Nah untuk jenis kopi arabika ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kopi jenis lainnya. Oleh karena itulah yang menjadi salah satu daya tarik dari kopi Bajawa Flores yang termasuk kopi arabika ini.

·        Arti nama Bajawa

Nama kopi ini berasal dari tempat kopi ini ditanam yaitu di Bajawa, ibukota dari kabupaten Ngada, Flores, NTT. Selain berasal dari nama ibukota daerah setempat, Bajawa juga ternyata memiliki arti lembah kesejahteraan. Arti ini sangat cocok dengan tempat yang ditanami kopi Bajawa karena memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat karena bisa mendapat mata pencaharian dari kopi ini. Kopi ini ditanam di daerah ketinggian 1700 m di atas permukaan laut.

Di atas ketinggian yang sangat cocok ditanami kopi arabika ini, Bajawa juga memiliki suasana alam yang sejuk dan asri. Perkebunan kopi memang memiliki pemandangan yang sangat indah.

·        Keunikan yang dimiliki kopi Bajawa

Nah selain itu keunikan yang dimiliki kopi Bajawa Flores yaitu kopi ini benar-benar ditanam secara alami loh. Sistem tanam yang digunakan merupakan sistem organik yang tidak menggunakan pupuk maupun campuran bahan kimia lain, sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang sangat lezat dan nikmat. Jika kamu belum pernah mencoba kopi ini, kamu wajib sekali mencobanya karena rasa yang ditawarkan sangatlah nikmat luar biasa.

Karakter rasa yang bisa kamu rasakan jika mencicipi kopi ini adalah rasa nutty, orange dan karamel. Bisa kamu bayangkan betapa nikmatnya rasa yang dimiliki bukan. Nah bagi kamu yang berada di Depok dan ingin mencoba kopi Bajawa Flores kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Flores karena kamu bisa mencobanya di kopi Bajawa Flores Depok kota Depok Jawa Barat.

Baca Juga:  Ide Wisata Romantis Putuk Kembar Mojokerto Terhits Saat Ini!

Wajib Mampir Ke Kopi Bajawa Flores Depok

Bagi kamu pecinta kopi dan kafe-kafe hits, kamu wajib sekali mencoba kafe yang satu ini. Kafe yang berlokasi di Jln. Pemuda no.24, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat ini berada di pusat kota sehingga kamu akan mudah menemukan letak kafe yang satu ini. Sesuai dengan intisari dari sejarah kopi yang satu ini, kafe ini memiliki bangunan yang merupakan peninggalan Belanda yang disulap sangat modern dan aesthetic.

Dengan ada tulisan di depannya kopi Bajawa Flores NTT Depok ini terdapat simbol komodo di sana yang menunjukkan bahwa kopi ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Kafe ini sendiri juga memiliki sejarah yaitu pada awalnya merupakan bioskop yang kemudian dialih fungsi menjadi gereja dan saat ini menjadi kafe hits populer yang terdiri dari 2 lantai. Kafe ini memiliki desain dan konsep yang sangat instragamable yang bisa menarik kalangan muda untuk nongkrong di kafe yang satu ini.

Kopi Bajawa Flores Depok harga menu memiliki range harga sekitar 50ribuan tidak lebih dari 100 ribu. Menu yang bisa kamu pilih di sini yaitu terdiri dari menu snack, menu makanan dan menu minuman. Untuk menu snack itu sendiri terdiri dari berbagai olahan kentang seperti sweet potato fries, french fries, potato wedges dan makanan ringan lainnya yang bisa kamu peroleh dengan harga 25 ribu sampai 48 ribu.

Sedangkan untuk menu makanan, kafe ini menawarkan cukup banyak variasi mulai dari makanan khas kafe Bajawa Depok hingga makanan western yang dipadukan dengan jenis makanan lokal. Mulai dari burger, spageti, ricebowl, beef rice dan menu lainnya dengan rentang harga dari 22 ribu sampai 58 ribu. Selanjutnya menu minuman juga bervariasi dengan menu minuman utama yang paling populer yaitu kopi Bajawa.

Baca Juga:  Kamojang Vilage, Wisata Dengan Panorama Menakjubkan

Jenis kopi ini juga dikreasi ke berbagai jenis mulai dari Bajawa blended avocado Coffee, Bajawa blended caramel Coffee dan Bajawa blended vanilla Coffee yang dibanderol dengan harga sebesar 35 ribu saja. Selain itu juga masih ada varian menu lainnya yang dibanderol dengan harga 20 ribu sampai 42.

Harga umum yang biasa kamu temukan di kafe bukan? Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi kafe ini untuk menikmati cita rasa kopi Bajawa yang sangat lezat.

Itulah beberapa informasi mengenai salah satu kopi yang berasal dari Indonesia. Kopi Bajawa Flores dinilai memiliki kelebihan dibanding jenis kopi lain karena sistem tanam yang dipakai untuk menanam kopi ini seperti yang disebutkan yaitu menggunakan sistem tanam organik. Selain itu kelebihan dari kopi ini adalah memiliki aroma yang sangat kuat, siapa saja yang menghirup aroma kopi ini akan tergoda untuk mencicipinya.

Rasa yang dimiliki juga bervariasi, tingkat keasaman dan rasa pahit yang dimiliki juga seimbang. Jadi bagi kamu yang menyukai kopi yang terasa ringan, kopi ini wajib sekali untuk kamu coba.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kalasenja family camping

Liburan Seru di Kalasenja Family Camping Yang Wajib Kamu Coba

Next Article
Gunung kelud kediri

7 Rekomendasi Wisata Hits di Kota Kediri Yang Jarang Orang Ketahui